3 Tipe Pemimpin Dunia, Anda Termasuk yang Mana? – Banyak orang yang berpikir bahwa agar bisa sukses Anda perlu menjadi seorang ekstrovert.

Padahal kenyataannya, seorang Bill Gates yang introvert mampu membuktikan dirinya bisa sukses dan memimpin perusahaan besar di bidang teknologi dan perangkat lunak.

Pada pembahasan kali ini, kami akan mencoba menjelaskan bahwa apapun kepribadian yang dimiliki, setiap orang memiliki potensi untuk menjadi seorang pemimpin yang hebat dan luar biasa.

Berikut ini adalah 3 tipe pemimpin dunia. Nah, Anda termasuk yang mana, sih?

3 Tipe Pemimpin Dunia, Anda Termasuk yang Mana?

1Pemimpin Introvert

Wajib Dihindari! 3 Kesalahan Pebisnis Ini Bisa Bikin Bisnis Stagnan

Jika Anda lebih suka berada dalam kelompok kecil dan interaksi satu lawan satu atau lebih suka menyendiri, maka bisa jadi Anda merupakan seorang introvert. Tipe kepribadian yang lebih bersemangat untuk diri mereka sendiri dan cenderung diam dan berpikir.

Pemimpin dunidengan tipe kepribadian seperti ini lebih suka mendengarkan berbagai perspektif sebelum mereka berbicara. Mereka juga memiliki kemampuan untuk melihat situasi dengan objektif dan tidak mudah goyah saat mereka menarik kesimpulan.

Dikarenakan mereka lebih suka menghabiskan waktu untuk mempertimbangkan masalah dari berbagai sudut pandang, maka mereka bisa mengantisipasi perubahan. Contohnya saja Warren Buffet yang merupakan investor hebat karena kemampuannya meramalkan perkembangan di pasar.

Kepemimpinan introvert memiliki beberapa kelemahan, di mana karena mereka lebih suka waktu sendirian, maka bekerja dalam kelompok besar dan terlibat dengan orang lain dapat terasa sangat melelahkan.

Banyak orang melihat pemimpin dengan tipe seperti ini termasuk orang yang tidak menarik, tidak bisa didekati, dan lebih suka menyendiri.


2Pemimpin Ekstrovert

kesuksesan bisnis katy perry (2) - 5 Skill yang Perlu Diasah Sebelum Memasuki Dunia Kerja - 6 Kualitas Pemimpin yang Luar Biasa, Andakah Salah Satunya? - 5 Cara Menjadi Pemimpin yang Dihormati, Bukan Ditakuti - 5 Cara yang Bisa Dilakukan agar Lebih Menonjol dalam Pekerjaan dan Bisnis

Di sisi yang lain, jika Anda berkembang pada interaksi sosial dan tidak suka kesendirian, maka bisa jadi Anda termasuk orang yang ekstrovert.

Pemimpin ekstrovert cenderung bisa menjadi pembicara publik yang hebat dan tidak memiliki masalah dengan jaringan.

Mereka berusaha untuk mengenal orang lain, mereka juga tidak takut untuk menjangkau klien baru, dan suka berada dalam sebuah kelompok.


3Pemimpin Ambivert

6 Kualitas Pemimpin yang Luar Biasa, Andakah Salah Satunya?

Pendekatan yang lebih seimbang untuk kepemimpinan dan mereka lebih mudah beradaptasi dengan situasi yang baru. Mereka adalah tipe orang yang memiliki kepribadian yang seimbang antara introvert dan ekstrovert.

Pemimpin terbaik adalah mereka yang mengetahui cara memberi ruang kepada anggota tim untuk berkontribusi, mampu memotivasi dan melibatkan pengikut mereka untuk mencapai sebuah tujuan.


Menjadi Diri Sendiri dan Otentik!

Keterampilan komunikasi tips - Apakah Pemimpin Hanya Identik dengan Kekuasaan dan Kekuatan?

Jika Anda telah mengetahui tiga tipe pemimpin dunia yang dimiliki, maka yakinlah bahwa yang terpenting adalah menjadi diri sendiri dan tidak dibuat-buat. Mencoba menyesuaikan diri dengan tipe kepribadian tertentu akan sangat melelahkan dan membuat diri Anda tidak otentik.

Anda boleh meniru kepribadian yang baik untuk diterapkan, tapi jangan pernah melupakan diri sendiri. Jadilah sosok pemimpin yang tahu cara mengerahkan kekuatan dan mencapai tujuan bersama dengan anggota tim yang lain.

Anda bisa meningkatkan keterampilan leadership atau kepemimpinan dengan mengikuti sebuah pelatihan atau pendidikan yang berkaitan. Pelatihan yang diikuti memungkinkan Anda menjadi seorang pemimpin yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Bagaimana dengan biaya pendidikan yang akan diikuti? Bukankah pelatihan dan pendidikan tersebut mahal?

Tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut, jangan sampai biaya pendidikan menjadi kendala Anda untuk menempuh pendidikan yang berkualitas. Saat ini telah ada pinjaman dana yang ditawarkan oleh KoinPintar untuk Anda gunakan menempuh pendidikan formal atau non-formal.

Pinjaman tersebut bisa Anda angsur sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayarkan biaya pendidikan secara langsung di muka.

Tidak hanya itu saja, suku bunga pinjaman yang ditawarkan oleh KoinPintar sangatlah rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Berbagai kemudahan di atas bisa terjadi karena tujuan utama dari KoinPintar adalah membantu seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal dan memberatkan.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.