Tips Aman Transaksi Saham Melalui Internet

·
3 menit
bermain saham - investasi saham untuk PNS - jenis-jenis reksa dana

Saham merupakan sebuah produk investasi dengan likuiditas yang tinggi. Kini banyak yang beralih untuk menggunakan modalnya dengan cara membeli saham dengan dominan di dalam sebuah perusahaan. Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan keuntungan berupa income passive terutama untuk masa depan yang lebih baik dimana masa pensiun akan dilewati dengan cara yang menyenangkan untuk menikmati apa yang sudah diusakan di masa yang muda. Kebanyakan investasi pun dilakukan untuk mendapatkan keuntungan bukan hanya bagi diri sendiri tetapi juga untuk keluarga. Saham ialah instrumen investasi yang baru namun berkembang dengan pesat di Indonesia apalagi jika dibandingkan dengan instrumen yang lainnya yang sudah ada sejak lama sebelum saham, yaitu perbankan atau asuransi yang ditujukan untuk banyak hal.

Transaksi saham kini bisa dilakukan melalui internet namun tetap saja harus memperhatikan ketentuan dan peraturan supaya transaksi bersifat aman dan tidak merugikan. Sama seperti bertransaksi atau menanam saham secara konvensional maka yang harus dipastikan adalah penguasaan akan strategi trading supaya bisa memprediksi berapa harga saham tersebut. Saham mempunyai nilai masing masing dan tidak semua saham menguntungkan pembelinya. Maka perlu diperhatikan bagaimana cara bermain saham juga melakukan analisa saham yang menguntungkan baik secara konvensional atau menggunakan internet.

Pertama, tidak direkomendasikan hanya membeli saham pada satu jenis saham saja karena artinya tidak ada antisipasi jika kondisi harga saham kemudian turun. Ada baiknya selalu mengalihkan dana pada beberapa jenis saham supaya bisa mengandalkan saham yang lain saat saham yang ada kemudian sedang ada pada tahap drop. Inilah strategi umum yang harus difahami dan dimengerti dengan baik oleh pembeli saham.  Pilih 2 atau 3 jenis saham dan ratakan dana pada masing masing jenis saham. Kemudian lakukan trading pada salah satu jenis saham dengan memperhatikan bagaimana kondisi pasaran sahamnya. Jika kondisi pasar menunjukkan saham dalam keadaan naik maka lakukan trading dengan cepat supaya bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal juga. Selalu perbaharui informasi supaya tidak salah melakukan trading.

Kedua, periksa kembali bagaimana tingkat likuiditas saham yang akan dibeli. Jangan memutuskan terlalu cepat dalam bertransaksi saham tertentu. Lebih baik melakukan pemeriksaan terlebih dahulu bagaimana likuiditas perusahaan supaya aman dan bisa diandalkan. Untuk mengetahui bagaimana kondisi perusahaan dan data lainnya maka bisa dicek di idx.co.id dimana ada banyak ringkasan data kinerja keuangan paling tidak dalam rentang lima tahun terakhir dari perusahaan tersebut. Bacalah dengan teliti supaya keputusan bisa diambil dengan baik. Jangan lupa untuk membandingkan perusahaan satu dengan perusahaan yang lain supaya mendapatkan perusahaan yang layak untuk dimodali dengan membeli sahamnya.

Dua hal penting itu perlu diperhatikan supaya bisa melakukan transaksi dengan baik dan menghasilkan keuntungan yang maksimal. Menggunakan internet pun tidak lagi menjadi sebuah halangan karena teknologi digital malah akan memudahkan pemodal untuk melakukan banyak transaksi dengan sistem multi tasking. Pada hari bursa biasanya akan data keterangan harga dan volume perdagangan yang sama seperti yang ada ketika dalam transaki dalam keadaan konvensional. Adapun keterangan yang ada diistilahkan dengan istilah berikut.

High : Harga tertinggi

Low : Harga terendah

Close : Harga pada saat sesi penutupan

Change : Perubahan harga nilai saham (+) kenaikan (-) penurunan

Volume : Jumlah perdagangan lembar saham

Value : Nilai perdagangan saham

Perhatikan juga bagaimana trend perubahan yang terjadi pada harga pasar juga bagaimana berita berita bisnis dan ekonomi yang terkait dengan perusahaan yang ada di bursa efek Indonesia. Perlu diingat bahwa banyak kebijakan ekonomi makro dan mikro yang dibuat pemerintah tidak secara langsung akan mempengaruhi nilai saham yang ada di pasaran. Memegang saham dan berinvestasi dalam saham memang tidak mudah dan membutuhkan banyak ketelitian, tingkat kecerdasan yang tinggi juga visi yang bisa melakukan prediksi ke depan dengan jitu. Melakukan transaksi melalui internet bisa memberikan kemudahan dimana pemodal akan mengetahui informasi melalui tab tab yang dibuka pada browser sehingga semua seperti ada dalam satu genggaman tangan saja.

0 0 vote
Article Rating

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​