Tips Investasi Ruko yang Harus DiketahuiRuko atau rumah toko bisa menjadi sebuah investasi yang menarik.

Ruko, selain bisa digunakan sendiri untuk membuka bisnis, bisa juga kemudian disewakan untuk jangka panjang.

Bahkan, tidak mustahil jika dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Hanya saja, jika Anda melihat iklan β€˜Dijual Ruko’, jangan mudah kepincut untuk membeli tanpa melakukan beberapa hal sebelum membeli ruko.

Baca Juga:Β Bangga! 10 Pengusaha Muda Indonesia Masuk Daftar Forbes ’30 Under 30β€² 2018

Pasalnya, tidak semua ruko bisa dijadikan ladang investasi yang akan menguntungkan. Salah-salah, Anda akan rugi turunan jika Anda tidak jeli dan pintar memilih ruko yang tepat. Berikut tipsnya;

Tips Investasi Ruko yang Harus Diketahui

1. Perhatikan pada harga dan cicilan

Banyak yang masih mengandalkan cicilan daripada membeli lunas. Dikarenakan harga satu ruko saja bisa puluhan bahkan ratusan juta.

Baca Juga:Β Apakah Sudah Terlambat untuk Memulai Usaha di Usia Tua?

Baik dengan cicilan atau membeli lunas, yang perlu diperhatikan dengan teliti adalah status kepemilikan ruko. Jangan sampai ruko yang Anda beli statusnya tidak jelas hingga menimbulkan masalah di kemudian hari.

Tidak cukup hanya melihat sertifikat kepemilikan, namun bila perlu cek sertifikat tersebut dengan data di kelurahan. Ini untuk kehati-hatian apalagi jika pemiliknya bukan warga setempat.


2. Perhatikan harga sewa

Selain harga beli ruko seperti dijelaskan sebelumnya, Anda juga harus memperhatikan harga sewa. Anda harus memperhatikan harga sewa dengan potensi keuntungan yang didapat. Jika harga sewa terlalu tinggi sedangkan potensi keuntungan yang didapat rendah, maka Anda akan rugi.

Harga sewa yang masih wajar dimana Anda akan tetap bisa mendapatkan keuntungan setelah penghasilan per tahun atau per bulan dikurangi biaya sewa per tahun atau per bulan.

Jika biaya sewa lebih tinggi dari pendapatan, maka ruko tersebut bukan investasi yang tepat. Mungkin Anda bertanya, bagaimana menentukan keuntungan kalau belum dicoba? Lokasi.


3. Perhatikan Lokasi

Lokasi ruko adalah hal yang paling urgen. Ini sangat penting. Anda tidak boleh memilih lokasi ruko sembarangan. Lokasi ruko yang strategis, mudah diingat pelanggan, mudah dijangkau dan mudah untuk parkir bisa menjadi prioritas utama.

Baca Juga:Β Bisnis MLM, Investasi yang Perlu Diperhitungkan

Salah memilih lokasi berarti salah dalam berinvestasi karena Anda akan rugi secara turun temurun. Untuk mendapatkan ruko dengan lokasi yang strategis dimana Anda akan mendapatkan keuntungan, bisa dicoba tips berikut.

Pertama, ruko yang berada di kawasan perumahan. Investasi untuk ruko yang berada dengan perumahan menjadi layak apabila perumahan tersebut sudah hidup.

Hanya saja, lokasi perumahan juga menjadi pertimbangan tersendiri. Jika lokasinya jauh dari keramaian, maka pasarnya terbatas pada pemilik rumah di komplek perumahan tersebut. Anda tidak bisa menjaring konsumen lebih banyak lagi.

Kedua, ruko yang berada di pinggiran jalan besar. Ketika Anda memilih ruko yang berada di jalan besar, standard tempat itu ramai atau tidak bisa dilihat dari jumlah kantor cabang bank dan ATM.

Jika ada beberapa kantor cabang bank serta ATM, maka bisa dipastikan lokasi tersebut bagus untuk dijadikan investasi ruko.

Kehadiran kantor cabang bank dan ATM menandakan bahwa jumlah transaksi di lokasi tersebut ramai. Selain itu, perhatikan juga jalur atau lalu lintasnya.

Tidak hanya jalan yang dilalui banyak orang atau kendaraan saja yang menjadi penilaian tetapi juga kemudahan untuk dijangkau serta luasnya lahan parkir.

Baca Juga:Β Mudah! Begini Cara Mencairkan Dana di KoinWorks

Terkadang, ruko yang berada di jalan besar yang dilalui banyak orang akan sepi pengunjung jika sudah dijangkau seperti lokasinya tepat disamping traffic light sehingga pelanggan kesusahan untuk berhenti atau memarkir kendaraan karena berhadapan langsung dengan pengguna jalan dan lain sebagainya.

KetigaΒΈ Anda bisa membeli ruko yang berada di kompleks trade center. Ini akan memudahkan transaksi serta mendapatkan keuntungan lebih.

Keempat, ruko yang memang berada di area ruko. Jadi memang tempat itu disediakan untuk beberapa ruko. Keempat aspek ini penting untuk diperhatikan ketika memilih lokasi. Pastikan lokasinya sudah representative.

Jangan memilih ruko yang berada di daerah sepi pengunjung atau ruko di area yang belum berkembang karena ruko di tempat sepi atau belum berkembang bersifat spekulatif, belum tentu bisa menguntungkan.

Jadi, jika Anda ingin memulai investasi ruko, silahkan terapkan beberapa tips investasi ruko di atas agar terhindar dari kerugian. Tentu, Anda ingin ruko yang Anda beli atau sewa akan mendapatkan keuntungan yang maksimal tanpa suatu kendala apapun.

Jangan lupa pula untuk memilih jenis usaha yang cocok sesuai dengan dimana lokasi ruko tersebut.


Coba Juga Investasi Online P2P Lending

Selain investasi ruko, Anda juga bisa mencoba investasi online P2P Lending seperti yang ditawarkan oleh KoinWorks.

Anda bisa memilih sendiri hendak mengalokasikan dana investasi ke peminjam seperti apa dan berpotensi untuk mendapatkan imbal hasil/return hingga 35% bunga efektif per tahun.

Ingin coba investasi online P2P Lending KoinWorks?

Investasi Sekarang


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.