5 Tips Agar Bisa Berinvestasi Setiap Bulan

investasi online koinworks - alasan kenapa investasi

5 Tips Agar Bisa Berinvestasi Setiap Bulan – Maraknya semangat berinvestasi sekarang ini tentu didorong oleh kesadaran masyarakat mengenai bagaimana pentingnya berinvestasi.

Berinvestasi bukanlah sekedar tren karena efeknya akan sangat terasa dalam jangka panjang.

Berinvestasi bukanlah sesuatu yang populer kini – ditinggalkan esok. Sekarang ini berinvestasi merupakan sebuah kebutuhan. Kita butuh berinvestasi bila kita memiliki rencana keuangan yang matang untuk jangka panjang, dan bisa diwujudkan dengan berinvestasi.

Oleh karena itu, kapan pun jika bisa, cobalah untuk berinvestasi. Sisihkan uang Anda agar senantiasa bisa berinvestasi.

Janganlah berpikir bahwa berinvestasi itu teramat sulit, beresiko, dan Anda terhalang untuk berinvestasi karena belum yakin dengan modal yang Anda miliki untuk memulai.

Nah, untuk mendorong Anda agar bisa berinvestasi setiap bulan, cobalah terapkan 5 tips berikut agar Anda bisa berinvestasi setiap bulan.

5 Tips Agar Bisa Berinvestasi Setiap Bulan

1. Analisa Keuangan Anda Saat Ini

Bila Anda ragu untuk memulai karena merasa terkendala biaya, pertama-tama, janganlah berpikir bahwa untuk memulai investasi, Anda dituntut untuk menggelontorkan dana yang besar jumlahnya. Tidak lagi.

Baca Juga:

https://koinworks.com/blog/tips-keuangan-resolusi-tahun-2017/

Dengan berkembangnya era seperti sekarang ini, ada banyak sekali pilihan investasi yang bisa Anda coba detik ini. Tentu menguntungkan. Meskipun begitu, analisa keuangan Anda saat ini terlebih dahulu.

Bagaimana tingkat pemasukan Anda dan bagaimana arus kas Anda dalam menutupi berbagai kebutuhan bulanan. Adakah yang bisa Anda sisihkan untuk diinvestasikan setiap bulannya?

Baca Juga:

Masalah-Keuangan-Profesional-Muda

2. Pilih Tujuan Investasi yang Tepat Sesuai Kondisi Keuangan Anda

Sekarang ini sudah banyak sekali jenis investasi yang bisa digunakan, seperti yang disebutkan sebelumnya. Dengan kondisi keuangan Anda sekarang, jenis investasi apa yang paling cocok untuk Anda? Apakah saham? Atau emas? Atau deposito, mungkin? Bagaimana dengan reksa dana dan peer to peer lending?

Baca Juga:

https://koinworks.com/blog/investasi-mempengaruhi-kehidupan/

Ada beberapa jenis investasi yang tidak membutuhkan dana besar untuk bisa mulai mendanai. Seperti reksa dana, bisa dimulai dari Rp 500.000 atau Rp 1.000.000 untuk deposito.

Bila Anda ingin memulai dengan nominal yang lebih kecil lagi, cobalah pendanaan online peer to peer lending KoinWorks, di mana Anda bisa mulai mendanai dengan nominal Rp 100.000.

Investasi online peer to peer lending ini terhitung masih baru diadaptasi di Indonesia, tepatnya selama setahun belakangan sudah mulai aktif digunakan. Meski terbilang baru, ternyata ada banyak sekali peminatnya di Indonesia.

Konsep peer to peer lending ini, dalam hal berinvestasi, sebenarnya sangat sederhana. Anda mendanai beragam kebutuhan peminjam mulai dari kebutuhan bisnis, pendidikan, hingga kesehatan. Konsep yang hampir sama dengan crowdfunding membuatnya sangat fleksibel dan mudah diaplikasikan.

Baca Juga:

https://koinworks.com/blog/ketahui-tentang-peer-peer-lending/

Bila Anda tertarik untuk mulai mendanai di jenis pendanaan online peer to peer lending, cobalah mendanai di Fintech Lending KoinWorks dengan nominal awal Rp 100.000.

Dengan modal investasi Rp 1.000.000 Anda sudah bisa berdiversifikasi ke 10 peminjam, yang tentunya membuat portofolio investasi Anda menjadi lebih luas.

3. Pelajari Resiko Masing-Masing Jenis Investasi

Tak bisa dipungkiri bahwa setiap jenis investasi memiliki resiko dengan porsi yang berbeda-beda. Seberapa kecil pun resikonya, resiko tetaplah resiko. Anda harus tetap mempelajari segala hal tentang jenis investasi tersebut termasuk potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dan resiko yang berpotensi merugikan Anda.

Bila Anda sudah menimbang-nimbang resikonya, maka putuskan jenis investasi apa yang menjadi preferensi Anda setiap bulannya. Kemudian siapkan keuangan Anda setiap bulannya untuk bisa berinvestasi setiap bulan sesuai tujuan Anda.

4. Atur Keuangan Anda Agar Bisa Berinvestasi Setiap Bulan

Tugas Anda selanjutnya adalah mengelola keuangan dengan baik agar ada dana yang bisa Anda investasikan setiap bulannya. Dana investasi tentu harus dibedakan dengan dana untuk memenuhi kebutuhan, tabungan, hingga dana darurat.

Baca Juga: Masalah Keuangan yang Sering Dihadapi Profesional Muda dan Solusi untuk Mengatasinya

Dari tahap sebelumnya Anda sudah tahu tujuan investasi Anda setiap bulannya, dan Anda tahu kisaran nominal yang bisa diinvestasikan di jenis investasi tersebut. Setelah itu atur alur kas Anda agar dana investasi bisa tersedia setiap bulannya.

Baca Juga: 5 Tips Mempersiapkan Dana Darurat Agar Keuangan Selamat

Jangan menggunakan tabungan Anda untuk diinvestasikan, apalagi dana darurat. Tabungan dan dana darurat haruslah dibedakan dengan investasi karena investasi bersifat jangka panjang, jadi Anda tidak akan bisa langsung memanfaatkannya bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Baca Juga: 

anak-muda-harus-mulai-berinvestasi

Misalnya, bila Anda butuh biaya berobat untuk hari ini, dana daruratlah yang Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, bukan dana yang telah Anda investasikan.

Baca Juga: 5+ Cara Menghemat Biaya Hidup Agar Keuangan Bisa Selamat

Oleh karena itu, bijaklah dalam mengatur keuangan Anda setiap bulannya agar Anda pun bisa berinvestasi setiap bulannya.

5. Tinjau Kembali Portofolio Investasi Anda dengan Rutin

Rutinlah meninjau kembali portofolio Anda, misalnya dalam periode sebulan sekali atau setiap enam bulan. Hal ini tentu berkaitan dengan kebutuhan investasi Anda sesuai jangka waktu, entah itu jangka panjang atau pendek.

Anda bisa memantau keuntungan mana yang paling maksimal dan mana yang begitu-begitu saja, atau mana yang justru merugikan. Sehingga Anda bisa memperbaharui portofolio investasi Anda seturut waktu.

Baca Juga: 

https://koinworks.com/blog/mendapatkan-keuntungan-maksimal-investasi-fintech-lending/

Anda juga sebaiknya tidak berinvestasi di satu instrumen investasi saja. Bila Anda selama ini hanya berinvestasi di investasi saham, cobalah deposito. Atau bila Anda selama ini hanya berinvestasi di reksa dana  maka coba jugalah pendanaan online peer to peer lending.

Dengan begitu, portofolio investasi Anda bisa semakin berkembang dan Anda kemudian paham bagaimana memaksimalkan keuntungan Anda setiap bulannya.

Penutup

Dengan mempraktikkan tips di atas, Anda kemudian diharapkan bisa berinvestasi setiap bulan. Intinya cobalah atur keuangan Anda setiap bulannya, jangan sampai kebablasan sehingga tidak ada dana yang bisa diinvestasikan.

Atau, bila dalam bulan-bulan tertentu Anda sudah mendapatkan keuntungan dari investasi yang telah Anda lakukan, jangan buru-buru menarik keuntungan tersebut.

Investasikan kembali keuntungan yang telah didapat agar keuntungan yang bisa Anda dapatkan bisa lebih maksimal lagi. Atau Anda bisa menggunakan keuntungan yang telah didapat untuk berinvestasi di instrumen investasi lainnya.

Anda bisa mencoba pendanaan online peer to peer lending KoinWorks dengan nominal minimum sebesar Rp 100.000 dan kelipatannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tertairk untuk mendanai di KoinWorks?


Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi dan Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.