Mungkin kata saham sudah tak asing lagi terdengar di telinga Anda karena dunia perekonomian selalu dikaitkan dengan saham. Namun apakah semua orang telah mengerti makna dan pengertian sebenarnya dari saham? Sebenarnya saham merupakan bagian kepemilikan dari suatu perusahaan atau badan usaha tertentu. Dengan memiliki saham di perusahaan, maka Anda bisa dikatakan sebagai salah satu pemilik dari perusahaan itu sesuai dengan jumlah saham yang Anda letakkan disana. Bila Anda tertarik untuk menggunakan sistem investasi dengan saham, ada beberapa tips bermain saham untuk jangka panjang. Sebagai contohnya, misalkan Anda memiliki saham sebesar 5% dari sebuah perusahaan, maka lima persen aset milik perusahaan itu adalah milik Anda. Semua keuntungan ataupun kerugian yang Anda terima adalah lima persen.

Saham sendiri disebut sebagai investasi jangka panjang yang tidak pernah akan mati sehingga banyak orang yang tertarik untuk menginvestasikan dana atau modal mereka dalam bentuk saham. Walaupun suatu perusahaan mempunyai keuntungan dari hasil penjualan barang atau jasa, tapi biaya operasionalnya seringkali lebih besar. Oleh karena itu, guna menutup biaya operasinya, maka seringkali perusahaan menjual sebagian saham yang dimiliki pada para investor yang berminat untuk menanamkan modalnya. Selain itu, alasan banyak perusahaan yang menjual sahamnya adalah karena mereka ingin mengasuransikan aset bila tiba-tiba mengalami kebangkrutan suatu hari. Meski investor bisa saja tak melakukan apapun dalam kegiatan sahamnya dan menunggu hasil, namun diperlukan beberapa tips sukses menjalankannya seperti mengenali terlebih dahulu saham perusahaan yang akan dibeli.

Kenali terlebih dahulu bisnis apa yang dijalankan oleh perusahaan terkait, sejarah berdirinya, bagaimana prestasinya dan juga semua informasi lengkap mengenai perusahaan yang akan Anda beli sahamnya. Semakin lengkap dan banyak informasi yang Anda miliki, maka Anda akan dengan mudah menentukan dan membuat keputusan apakah ingin membeli aset tersebut atau tidak. Pertimbangan yang dilakukan pun akan semakin lebih baik dan matang karena bagaimanapun juga saham menggunakan modal yang tak sedikit. Selain itu, Anda harus memiliki mindset seorang pengusaha dengan mampu berpikir rasional, realistis dan juga logis. Disini Anda harus mampu mempertimbangkan segala macam bentuk resiko, untung ruginya dari modal yang Anda tanamkan kepada perusahaan terkait.

Jika Anda belum mempunyai mindset pengusaha atau ragu dalam menjalankan bisnis saham, maka sebaiknya Anda tak bermain saham karena nantinya Anda akan rugi sendiri. Ragu-ragu dalam menjalankan bisnis, maka Anda bisa mengalami kebangkrutan. Hal yang sama juga berlaku untuk investasi, apabila ragu, maka investasi tak akan pernah bisa berkembang. Cara lainnya adalah apabila Anda menemukan saham suatu perusahaan dijual murah, seringkali Anda mungkin tergiur dan tertarik untuk membelinya. Namun sebaiknya jangan melakukan cara tersebut karena saham yang dijual dengan murah memiliki indikasi jika perusahaan justru sedang ada dalam masalah dan mungkin berada di ambang kebangkrutan. Janganlah tergesa-gesa dalam menentukan langkah untuk berinvestasi karena semua akan datang pada waktu yang tepat. Saham tidak hanya milik satu perusahaan saja namun juga banyak saham lain yang mungkin lebih baik.

Seandainya Anda telah terjun menuju bisnis ini, maka jangan hanya berdiam diri saja karena saham juga tak akan memberikan sebuah jaminan dimana nilai inveasti Anda akan selalu mengalami peningkatan. Dalam permainan saham ini terdapat sebuah sistem dimana semakin cepat Anda memulainya, maka akan semakin baik atau siapa cepat dia dapat. Kesempatan ini mungkin bisa diperoleh kapan saja namun belum tentu juga jika saham yang dipilih baik untuk Anda. Jangan terlalu juga sering berspekulasi dengan tidak mengorbankan semua uang yang Anda miliki dalam satu perusahaan saja karena hal ini justru akan bahaya untuk Anda. Sebaiknya jika memiliki dana sedikit lebih banyak, maka tanamkan dana pada beberapa perusahaan sehingga Anda menerima pemasukan dari berbagai tempat dan tidak hanya terpaku pada satu perusahaan saja.

Dengan mengetahui tips bermain saham untuk jangka panjang, maka Anda semakin memperoleh pengetahuan untuk memilih jenis investasi jangka panjang terbaik sekaligus memilih jenis perusahaan yang tepat untuk menanamkan modal milik Anda.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.