Home Bisnis Terapkan, 4 Tips Bisnis Kuliner di Saat New Normal

Terapkan, 4 Tips Bisnis Kuliner di Saat New Normal

Terapkan, 4 Tips Bisnis Kuliner di Saat New Normal – Bisnis kuliner adalah salah satu jenis bisnis yang menarik untuk dilakukan. Peluang bisnis ini juga besar dan luas, serta diklaim selalu berkembang dalam apapun keadaannya tak terkecuali saat pandemi atau masa new normal.

Alasannya? karena setiap hari orang akan mencari makanan karena memang hal ini adalah kebutuhan. Maka dari itu, bisnis kuliner sangat memiliki potensi besar.

Tetapi tentu saja, saking banyaknya orang yang menjalani bisnis ini, kamu harus memiliki strategi yang mumpuni supaya bisa bersaing dengan bisnis lain.

Nah, di era new normal seperti sekarang, saatnya kamu, para pemilik bisnis kuliner, untuk bisa beradaptasi mengikuti perubahan perilaku masyarakat supaya bisnismu tetap bertahan.

Supaya lebih jelas, kamu bisa coba terapkan 4 tips bisnis kuliner di era new normal berikut ini!

1
Mempunyai Ciri Khas Unik

tips bisnis kuliner - bisnis katering makanan sehat

Bisnis kuliner memang memiliki potensi pasar yang besar, tapi sudah menjadi rahasia umum kalau persaingannya dalam menjalankannya juga sangat ketat.

Memiliki pesaing di bisnis kuliner adalah hal wajar. Nah, supaya bisa terlihat menarik di antara para kompetitor ciri khas adalah tips bisnis kuliner yang bisa kamu terapkan supaya sukses.

Mulailah, untuk coba pikirkan dengan baik produk-produk unik yang belum ada di pasaran.

Baca Juga: Mau Coba Bisnis Katering Sehat? Simak Dulu Perhitungan Modal dan Keuntungannya

Jika kamu kesulitan, kamu bisa memodifikasi produk yang sudah ada menjadi hal menarik. Misalnya, kamu berjualan sambal atau abon. Supaya terlihat berbeda dan unik, kamu bisa mengambil konsep go-green di mana kamu memakai bahan-bahan ramah lingkungan saat mengemas produk.

Tidak hanya itu, di dalam setiap produk yang dipesan, kamu bisa memberikan edukasi terkait daur ulang dari wadah yang telah digunakan.

Hal ini tentu menjadikan bisnis kuliner kamu lebih unik dan berbeda. Tak hanya itu, bisnis kamu juga memiliki value yang baik di mata konsumen.

2
Perhatikan Kualitas Rasa, Harga dan Value Produk

tips bisnis kuliner - work from home - kerja di rumah - kerja dari rumah - remote working - 4

Sebelum membahas tips bisnis kuliner selanjutnya, tentu kamu sudah tahu bahwa dalam bisnis kuliner, kualitas rasa dan harga menjadi modal penentu keuntungan yang kamu peroleh ke depannya.

Banyak lho di luar sana yang membuat bisnis kuliner dengan menggunakan bahan-bahan biasa yang mudah ditemukan di pasaran, tapi bisa dijual dengan harga yang lumayan.

Alasannya? karena sebenarnya orang bisa akan tetap membeli makanan/minuman meskipun harganya tidak murah.

Baca Juga: Pebisnis Pemula Wajib Tahu! Ini 9 Tahap Memulai Bisnis Kuliner

Bisanya faktor yang mempengaruhi adalah rasa yang enak, kemasan menarik hingga nilai yang didapatkan oleh konsumen saat membeli produk tersebut.

Memakai contoh di poin sebelumnya, misalnya kamu menjual sambal yang memang sangat mudah ditemukan di pasaran.

Tapi, karena kamu menggunakan konsep ramah lingkungan, tentu saja walaupun kamu memberikan harga yang lebih mahal, para pecinta lingkungan kemungkinan besar akan tetap membelinya karena value yang kamu tawarkan kepada mereka.

3
Terus Berinovasi

tips bisnis kuliner - nasihat keuangan - masak

Kehidupan terus berkembang, begitu juga dengan dunia kuliner dan selera masyarakat dalam mengonsumsi makanan/minuman.

Nah, kamu harus pastikan bisnis kuliner kamu terus beradaptasi dengan tidak berhenti untuk melakukan inovasi. Ya, inovasi adalah tips bisnis kuliner yang harus kamu terapkan.

Harus kamu ingat selalu, bahwa adanya inovasi dalam berbisnis akan membuat pelanggan kamu tak bosan karena produk kamu selalu menggairahkan.

Baca Juga: 3 Pengusaha Muda Indonesia ini Sukses dengan Menjual Masakan Rumahan

Tak hanya itu, dengan berinovasi kamu pun memiliki peluang untuk mendapatkan konsumen baru.

Asah kemampuan inovasi ini, karena ke depannya akan sangat membantu kamu untuk tetap bertahan dan mencapai kesukesan yang diinginkan.

Jika dalam melakukan inovasi kamu memerlukan modal tambahan, kamu bisa mengajukan pinjaman non-bank melalui KoinBisnis dari KoinWorks.

Di sini kamu bisa mendapatkan pinjaman bisnis hingga Rp2 Milyar dengan bunga rendah hanya mulai dari 0,75% per bulan.

Jadikan KoinBisnis sebagai solusi finansial untuk membuat bisnis kamu lebih berkembang!

4
Memaksimalkan Penjualan Melalui Online

tips bisnis kuliner - 3 Aplikasi Smartphone yang Bikin Kamu Gagal Hemat-1

New Normal adalah era di mana internet memegang peranan yang sangat penting. Tentu saja kamu sudah merasakan, bagaimana koneksi internet bisa membuat kamu tetap bisa “hidup” dan menjalin hubungan dengan teman, kolega atau konsumen walaupun tidak bertemu secara tatap muka.

Nah, rupanya di era ini, cara online masih dinilai ampuh untuk diterapkan pada bisnis, dan menjadi tips bisnis kuliner yang efektif.

Adanya protokol kesehatan ketat yang dilakukan pemerintah, membuat banyak orang masih mengandalkan membeli makanan secara online untuk sehari-hari, entah itu melalui aplikasi atau media sosial.

Kamu sebagai pemilik bisnis kuliner, tentu bisa memanfaatkan momen ini. Alih-alih membuka gerai khusus, kamu cukup memanfaatkan dengan baik sistem pembelian online melalui internet.

Tenti saja cara ini sangat menguntungkan karena kamu tak perlu keluar uang untuk sewa tempat.

Pelajari cara kerja e-commerce yang tersedia seperti Shopee, Tokopedia dan lainnya. Bisa juga kamu bekerja sama dengan aplikasi pesan makanan online yang ada.


Setelah mengetahui tips bisnis kuliner di era new normal ini, semoga kamu bisa lebih siap dalam menghadapi situasi baru ini dan bisnis kamu dapat terus bertahan serta berkembang. Tetap semangat, ya!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Apa itu KoinWorks?

Baca
X