6 Tips Memulai Bisnis Untuk Para Penyandang Disabilitas – Memulai sebuah bisnis bukanlah sebuah hal mudah. Ini berlaku bagi siapapun, terutama para penyandang disabilitas yang cenderung memiliki mental breakdown lebih tinggi karena kondisi yang dialami.

Baca juga: Pasti Sukses! Ini 5 Cara Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri

Padahal, tidak terpaku pada keterbatasan fisik, semua orang (mungkin termasuk Anda) memiliki perasaan ‘takut terhadap risiko’ ketika akan memulai sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Oleh karena itu, perhatikan tips memulai bisnis untuk para penyandang disabilitas berikut ini!


6 Tips Memulai Bisnis Untuk Para Penyandang Disabilitas

1Jangan Membatasi Diri

6 Tips Memulai Bisnis Untuk Para Penyandang Disabilitas
Photo by Jan Tinneberg on Unsplash

Cobalah untuk menerima kondisi Anda. Jadikan kekurangan Anda sebagai kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Dengan begitu Anda tidak perlu membatasi diri dari ide-ide gila yang muncul dari pikiran Anda tentang suatu hal yang bisa membuat Anda maju.

Keterpurukan hanya akan membuat diri Anda tertutup dan enggan menerima segala sesuatu yang Anda rasa ‘tidak mungkin untuk dilakukan’.

Jika Anda terus menerus merasa bahwa Anda adalah penyandang disabilitas, maka kecenderungan dan semangat untuk sukses tidak akan ada di pikiran Anda. Jadi cobalah untuk tidak membatasi diri dari ide-ide luar biasa yang Anda miliki!


2Belajar dari Orang Lain

6 Tips Memulai Bisnis Untuk Para Penyandang Disabilitas
Photo by John Schnobrich on Unsplash

Jangan pernah berhenti belajar sampai kapanpun. Pengetahuan bisa didapat dari mana saja, tidak terkecuali dari orang lain yang memiliki kesuksesan lebih tinggi. Biasanya, orang-orang tersebut dikenal sebagai influencer.

Anda bisa menjadikan influencer itu sebagai acuan Anda untuk melangkah lebih maju dan berkembang. Walaupun Anda memiliki disability, bukan berarti Anda tidak boleh mempelajari banyak hal termasuk tentang bagaimana tips memulai bisnis yang tepat.


3Mengikuti Pelatihan

6 Tips Memulai Bisnis Untuk Para Penyandang Disabilitas
Photo by Campaign Creators on Unsplash

Sebelum memutuskan berbisnis, Anda perlu memahami lebih dulu tentang bisnis yang akan Anda jalani. Dibutuhkan perencanaan dan kesiapan yang matang, serta wawasan yang cukup agar bisnis Anda berjalan lancar di kemudian hari.

Salah satu tips memulai bisnis yang baik yaitu dengan mengikuti pelatihan bisnis. Siapapun Anda, baik difabel atau tidak, Anda tetap harus melakukannya.


4Memperluas Relasi

6 Tips Memulai Bisnis Untuk Para Penyandang Disabilitas
Photo by Alexis Brown on Unsplash

Sebelum, saat, dan setelah memulai bisnis, penting bagi Anda untuk memperluas relasi. Selain dapat menguatkan bisnis Anda, banyaknya relasi dapat mempermudah jalannya bisnis Anda.

Jangan lupa untuk menjalin koneksi dan kerja sama dengan orang-orang yang sudah sukses lebih dulu daripada Anda. Tentu saja, itu akan membawa banyak #PengaruhBaik bagi Anda.


5Merancang Tempat Bisnis

6 Tips Memulai Bisnis Untuk Para Penyandang Disabilitas
Photo by Johan Mouchet on Unsplash

Tempat bisnis merupakan satu hal yang seringkali terlewatkan. Banyak calon pebisnis yang sudah membuat konsep produk sedemikian rupa, tapi melupakan lokasi yang akan dijadikan tempat bisnis.

Sebenarnya perihal tentang tempat bisnis bisa dipikirkan di akhir, tapi malah sering terlupakan begitu saja. Padahal jika tempat bisnis belum ditentukan, Anda akan sulit menentukan biaya total yang akan dijadikan modal (meliputi biaya sewa, perawatan, dan lain-lain).


6Mencari Pendanaan

6 Tips Memulai Bisnis Untuk Para Penyandang Disabilitas
Photo by Kat Yukawa on Unsplash

Hal yang satu ini tentu merupakan tonggak utama dalam memulai sebuah bisnis. Walaupun ada beberapa jenis bisnis yang tidak membutuhkan modal atau hanya membutuhkan modal sedikit, tetap saja Anda harus menyiapkan lebih dulu tentang ini.

Buktikan bahwa Anda bukan penyandang disabilitas yang malas mencari dana dan bukan seseorang yang butuh dikasihani. Maksimalkan kelebihan yang Anda miliki untuk mengumpulkan dana sebagai modal awal berbisnis.

Berbagai alternatif bisa Anda pilih untuk mendapatkan dana yang cukup, misalnya mengajukan pinjaman dana di perusahaan fintech seperti KoinWorks.

Di perusahaan Peer-to-Peer Lending ini, Anda bisa meminjam dana mulai dari Rp 10 juta sampai Rp 2 miliar dengan tenor tertentu. Ditambah lagi, Anda akan dikenakan bunga terjangkau 0.75% – 1.67% flat setiap bulan.

Bagaimana? Setelah membaca artikel tentang tips memulai bisnis ini, apakah Anda tertarik untuk berbisnis dengan pinjaman modal dari KoinWorks? Daftar sekarang jadi peminjam dana dan rasakan #PengaruhBaik-nya!


 


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.