7 Tips Membuat Gaji Freelancer Sebagai Penghasilan Utama

·
3 menit
7 Tips Membuat Gaji Freelancer Sebagai Penghasilan Utama-kegagalan bisnis - asuransi properti-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Berinvestasi- meneliti investasi-Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan-5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini! - tips investasi untuk anak muda - kegagalan bisnis - cara mengatur keuangan-menabung- 5 Cara Cerdas Mengatur Finansial untuk Freelancer- cara-mudah-milenial-cepat-kaya-percaya-diri-sendiri-investasi sbr005 - 3 Keuntungan Membeli SBR005, Alternatif Investasi Pilihan Anak Muda-cara-milenial-kaya-menabung-Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan - 10 Hal Yang Harus Dilakukan Milenial untuk Keuangan Mereka Tahun Ini-Kiat Mencapai Kebebasan Finansial untuk Generasi Milenial - punya pengasilan tanpa kerja- 4 Cara Pintar Mengelola Keuangan untuk Pemula

7 Tips Membuat Gaji Freelancer Sebagai Penghasilan Utama – Alih-alih ingin mempunyai waktu kerja yang lebih fleksibel, kini banyak orang yang lebih memilih untuk menjadi freelancer.

Menjadikan diri sendiri sebagai bos adalah salah satu alasan mengapa profesi freelancer saat ini semakin marak terutama pada milenial.

Baca Juga: 7 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi yang Bisa Anda Kerjakan dari Rumah

Namun tentu saja tidak sedikit juga milenial yang takut untuk menggeluti profesi ini karena beberapa alasan, seperti job offering atau project yang tidak menentu, atau naik turunnya pendapatan yang dihasilkan.

Padahal, sebagai seorang freelancer Anda juga bisa membuat gaji dari profesi freelancer ini jadi pemasukan utama, lho!


7 Tips Membuat Gaji Freelancer Sebagai Penghasilan Utama

Pilih Tempat Kerja Lebih dari Satu

7 Tips Membuat Gaji Freelancer Sebagai Penghasilan Utama

Jangan terpaku dengan satu tempat kerja saja, pilih beberapa pekerjaan yang cocok dengan keterampilan Anda.

Anda bisa mulai mencarinya lewat situs-situs yang menyediakan banyak pekerjaan bagi para freelancer.

Semakin banyak tempat kerja, maka akan semakin banyak pula pendapatan yang bisa Anda hasilkan hanya dengan menjadi seorang freelancer.


Tawarkan Banyak Jasa

7 Tips Membuat Gaji Freelancer Sebagai Penghasilan Utama

Cobalah menawarkan jasa di luar yang biasa Anda kerjakan, jangan hanya terpatok pada satu jasa saja.

Selain mampu menghasilkan penghasilan tambahan, Anda juga bisa sekaligus mempelajari banyak ilmu serta pengalaman baru yang nantinya bisa menjadi nilai plus bagi Anda.


Selalu Pilih Proyek Berjangka Panjang

7 Tips Membuat Gaji Freelancer Sebagai Penghasilan Utama

Proyek dengan jangka yang panjang akan membuat Anda berada di situasi yang stabil secara finansial.

Dengan begitu, Anda bisa mulai menabung dari hasil pendapatan Anda selama menjadi seorang freelancer.


Promosikan Diri ke Teman-Teman Anda

7 Tips Membuat Gaji Freelancer Sebagai Penghasilan Utama

Jangan ragu untuk mempromosikan diri Anda ke teman-teman melalui segala media, baik itu media sosial atau pun langsung dari mulut ke mulut.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Memanfaatkan Media Sosial

Bantuan dari teman adalah salah satu yang paling efektif, mereka bisa menyebarkan kembali ke relasinya tentang keterampilan yang Anda miliki, atau bahkan teman Anda sendirilah yang nantinya akan menjadi langganan tetap Anda.


Pikirkan untuk Investasi

7 Tips Membuat Gaji Freelancer Sebagai Penghasilan Utama

Di saat Anda sudah mulai mengumpulkan penghasilan Anda dari hasil freelance, maka sudah saatnya Anda memikirkan untuk mengalihkan penghasilan tersebut untuk investasi.

Anda bisa mulai bekerja sama dengan rekan bisnis Anda atau bisa juga memulai pendanaan pada peer-to-peer lending seperti KoinWorks.

Cukup menyediakan dana mulai dari Rp 100.000 saja, Anda sudah berpotensi untuk mendapatkan hasil imbal lebih dari 18% per tahun yang sudah berada di atas laju inflasi tahunan Indonesia.

Baca Juga: 6 Tips Investasi untuk Freelancer

Hasil investasi ini nantinya bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda di masa depan, misalnya dana pendidikan, dana membeli rumah, atau dana untuk membangun kantor bisnis freelancer Anda.


Bergabung dengan Komunitas Freelancer

7 Tips Membuat Gaji Freelancer Sebagai Penghasilan Utama

Mencari komunitas freelancer dan bergabung di dalamnya dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak tawaran pekerjaan.

Selain banyaknya link yang bisa Anda dapatkan, Anda juga bisa mendapatkan banyak teman diskusi saat bekerja dan pastinya memperoleh pengalaman yang jauh lebih banyak daripada bekerja sendiri.

Setelah melakukan beberapa 7 tips tadi, semoga pendapatan Anda nantinya akan terus bertambah dan lebih bisa menikmati pekerjaan sebagai seorang freelancer.

Kerja lebih tenang, penghasilan tetap menyenangkan.

Ferry Irawan
I believe that humans can not only be hypnotized through actions, but also through words.
0 0 vote
Article Rating

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​