Tips Menghemat Biaya Katering agar Pernikahan Makin Murah – Sudah menjadi hal umum bahwa biaya pernikahan bukanlah sesuatu yang bisa disepelekan, banyaknya kebutuhan yang harus dibeli dan dipersiapkan menjadi faktor mengapa suatu pernikahan membutuhkan biaya yang tidak murah.

Di antara banyaknya kebutuhan tersebut, katering adalah salah satu yang paling banyak menyedot biaya. Tapi, bagaimana jika Anda tidak memiliki banyak biaya untuk urusan katering tersebut sementara Anda tetap ingin memuaskan tamu yang datang ke pernikahan Anda?

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Untuk Pasangan yang Ingin Menikah

Sebenarnya, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengakali biaya katering pernikahan agar budget tidak membengkak. Penasaran bagaiamana caranya? Ini dia tips menghemat biaya katering agar pernikahan Anda makin murah!


Tips Menghemat Biaya Katering agar Pernikahan Makin Murah

1Pastikan Jumlah Tamu Undangan

nikah-menikah-undangan-tamu - menikah di gedung atau rumah

Sebelum Anda memesan menu katering dan menyiapkannya, Anda harus memastikan dulu jumlah tamu undangan yang akan datang. Prioritaskan dulu keluarga besar Anda dan pasangan, lalu dilanjutkan oleh teman-teman terdekat Anda dan pasangan. Ini bertujuan agar pernikahan Anda bisa lebih intim dan akrab.

Baca juga: Menikah Dengan Budget Seminim Mungkin? Bisa Kok!

Setelah Anda mendapatkan jumlah pastinya, misalnya 250 orang, maka kalikan dua dari jumlah tersebut dan siapkan porsi lebihannya untuk berjaga-jaga, anggaplah totalnya menjadi 600 porsi.

Selanjutnya, Anda alokasikan porsi tersebut ke dalam hidangan prasmanan (buffet) dan gubukan (stall). Rasio yang umum adalah 60:40 atau 50:50. Jadi, jika Anda memesan 600 porsi, maka contoh alokasi hidangannya menjadi 400 porsi di prasmanan dan 200 porsi di gubukan, atau bisa juga sebaliknya.


2Jangan Mengundang Orang Secara Online

Menikah Dengan Budget minim-2

Maksudnya adalah jangan mengundang orang-orang melalui sebuah group chat atau lewat status di media sosial Anda. Ini akan menyebabkan kesulitan bagi Anda untuk menghitung jumlah tamu yang pasti akan datang.

Dampaknya, makanan yang Anda hidangkan bisa saja kurang karena tamu yang datang di luar perhitungan atau malah bisa jadi sisa karena Anda terlalu banyak porsi untuk jaga-jaga.


3Kurangi yang Tidak Perlu

5 Cara untuk Menghibur Tamu Pesta dengan Anggaran yang Terbatas

Sebenarnya Anda masih bisa mengurangi beberapa hal di pesanan katering Anda nantinya. Misalnya mengurangi jumlah nasi putih. Tamu undangan biasanya lebih menggemari makanan yang disediakan di gubukan (stall) dibandingkan prasmanan (buffet) karena dianggap lebih variatif.

Selain nasi putih, Anda juga mengurangi minuman yang dihidangkan. Menyajikan minuman seperti soft drink atau jus dapat membuat anggaran Anda lebih besar dibanding menyediakan banyak air putih.

Baca juga: Cara Mempersiapkan Biaya Pernikahan Hanya dalam Waktu 1 Tahun

Tapi, bukan berarti Anda dianjurkan untuk tidak menyediakan soft drink atau jus, hanya saja porsi yang disajikan lebih baik dihitung terlebih dahulu dan pastikan jumlahnya tidak lebih banyak dari air putih.


4Batasi Variasi Menu Gubukan

katering-gubukan-makanan-undangan-tamu-pernikahan
Sumber: https://tigadaracatering.id

Perlu diingat, untuk menyewa 1 gubukan saja Anda setidaknya perlu menyiapkan modal minimal 2,5 juta. Coba Anda kalikan jika Anda memutuskan untuk menyewa 10 variasi gubukan, totalnya bisa mencapai 25 juta. Belum termasuk prasmanan dan minumannya.

Anda harus lebih bijak dalam memilih menu gubukan ini, cukup sewa 3 atau 4 gubukan saja dengan makanan yang cukup mengenyangkan, misalnya bakso, siomay, zupa soup, dan es buah. Tujuannya adalah agar tamu sudah merasa cukup kenyang dan tidak membutuhkan makanan di prasmanan (buffet).

Nah, dengan 4 tips di atas, Anda seharusnya bisa menghemat biaya katering yang lumayan besar agar pernikahan Anda bisa makin murah. Daripada Anda menghabiskan budget yang Anda miliki untuk katering, lebih baik alokasikan budget tersebut ke hal-hal lain. Misalnya, tabungan atau investasi.

Baca juga: Lakukan 4 Langkah Keuangan Sebelum Memutuskan Untuk Menikah

Anda bisa berinvestasi di banyak instrumen, misalnya emas, reksadana, atau bahkan alternatif investasi seperti Peer-to-Peer Lending di KoinWorks.

Sistem berkonsep marketplace online yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK ini menyediakan wadah sebagai tempat pertemuan antara Pendana dan Peminjam. Anda sebagai seorang Pendana bisa memberikan pinjaman kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Setiap bulannya, peminjam akan mencicil pinjamannya dan Anda akan mendapatkan pengembalian berupa pokok dan bunga.

Untuk keuntungannya, KoinWorks menawarkan imbal hasil hingga 21,32%. Selain itu, Anda dapat langsung memulai pendanaan hanya dengan Rp100.000 saja. Tertarik untuk mulai mendanai di KoinWorks? Yuk cek video di bawah ini!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.