4 Tips Hidup Hemat di Jakarta – Banyak masyarakat Indonesia dari berbagai kota di luar Jakarta berlomba untuk bermigrasi ke ibu kota. Hal ini terjadi sehubungan dengan anggapan bahwa ibu kota akan selalu memiliki masa depan yang lebih baik.

Sebagai ibu kota dari Indonesia, Jakarta tentunya memang memiliki banyak peluang yang ditawarkan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ternyata hidup di ibu kota Jakarta tidaklah mudah, karena tentunya biaya hidup juga tergolong tinggi.

Baca Juga: Kebiasaan Buang Duit yang Sering Tak Disadari

Maka dari itu, diperlukan pola hidup hemat yang wajib dimulai sejak kini agar penghasilan yang Anda dapat masih dapat ditabung untuk masa depan. Untuk cara berhemat, berikut adalah 4 tips hidup hemat di Jakarta yang bisa Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari:

4 Tips Hidup Hemat di Jakarta

1Menghemat Biaya Transportasi

Transportasi

Tips hidup hemat di Jakarta yang pertama berkaitan dengan transportasi. Banyak pilihan transportasi yang ditawarkan di ibu kota seperti; taksi, transportasi online, mikrolet, busway, kereta, bus umum, dan pilihan transportasi lainnya.

Jika Anda ingin berhemat mulailah untuk mencoba menaiki semua transportasi umum yang murah dan nyaman.

Dalam hal ini, kereta dapat menjadi pilihan pertama sebagai pilihan murah dan nyaman, karena selain cepat kereta juga terbilang cukup aman.

Baca Juga: Begini Trik Mempersiapkan Biaya Pernikahan Dengan Investasi

Contoh: jika bertempat tinggal di Jakarta Barat dan kemudian kantor Anda berada di Jakarta Pusat, maka Anda dapat menaiki kereta dari salah satu stasiun di Jakarta Barat kemudian turun di stasiun Jakarta Pusat.

Anda akan mengeluarkan biaya sekitar Rp5.000,00 untuk perjalanan pulang pergi. Lalu saat tiba di stasiun kemudian Anda dapat menaiki mikrolet untuk menuju ke kantor Anda.

Biasanya tarif mikrolet berkisar Rp2.000,00 – Rp5.000,00 tergantung seberapa jauh jarak yang akan dituju.


2Menghemat Anggaran untuk Makanan

makan-masak-dapur-makanan-masakan

Biasanya makanan adalah salah satu hal yang akan menghabiskan porsi besar dari budget Anda.

Tentunya karena banyak sekali kuliner enak di ibu kota yang terkadang sangat disayangkan jika tidak dicicipi. Namun jika ingin hidup hemat di Jakarta, cobalah untuk menahan nafsu makan Anda kali ini.

Baca Juga: Agar Gaji Bisa Lebih Terarah, Coba 5 Tips Ini

Untuk berhemat, Anda dapat memasak makanan Anda sendiri dari rumah dan membawanya ke kantor.

Hal ini akan membuat budget makan dapat dihemat dengan mudah. Dengan memasak makanan sendiri, Anda mungkin hanya akan mengeluarkan sekitar Rp50.000,00 dalam sehari untuk biaya makan.

Baca Juga: Mempersiapkan Dana Pensiun Dengan Rp 100.000 Setiap Hari

Di samping itu, Anda juga dapat memanfaatkan kemajuan teknologi yang sudah ada. Anda dapat mengunduh beberapa aplikasi yang menyediakan diskon untuk berbagai tempat makan.

Melalui voucher yang ditawarkan maka Anda dapat menikmati makan enak tanpa mengeluarkan budget yang berlebih. Dengan begitu, Anda bisa lebih hidup hemat di Jakarta, deh!


3Tempat Tinggal

strategis-tempat-usaha-bisnis-rumah-kota-perkotaan-perkampungan-kampung

Jika Anda adalah seorang anak ranatu dan membutuhkan tempat tinggal di ibu kota, maka Anda dapat menghemat budget dengan memilih tempat tinggal berupa kost yang banyak tersedia di ibu kota. Pilihlah tempat kost yang cukup bagi Anda.

Baca Juga: Investasi Rp 100.000 Setiap Hari, Bagaimana Keuntungannya Setelah 10 Tahun?

Cukup dalam artian di sini adalah sebuah tempat kost yang menyediakan sebuah ruangan dengan kasur, lemari, dan pendingin ruangan. Untuk fasilitas lain seperti Wi-Fi Anda dapat memanfaatkan fasilitas dari kantor Anda.

Gunakan tempat kost ini hanya sebagai tempat beristirahat pada malam hari, dan isi kegiatan Anda ditempat lain pada saat pagi hingga sore hari.

Di usia muda, jika Anda ingin menggapai sukses maka hal yang harus dilakukan adalah mencari berbagai peluang, koneksi, dan ilmu sebanyak mungkin.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Investasi Itu Perlu Dilakukan Sekarang Juga

Terkait dengan hal ini, maka Anda tidak perlu memiliki sebuah tempat kost dengan banyak fasilitas, karena Anda tentunya tidak akan menghabiskan banyak waktu hanya bersantai-santai di tempat kost bukan?

Memilih tempat kost yang hanya standard akan membantu Anda dalam menghemat budget.


4Shopping

4 Tips Cara Hidup Hemat di Jakarta4

Jakarta memang menawarkan banyak sekali tempat-tempat pusat perbelanjaan yang dapat dikunjungi.

Apapun yang Anda cari, mungkin dalam sekejap akan Anda dapatkan dengan mencarinya di salah satu pusat perbelanjaan yang tersedia.

Namun, jika Anda ingin hidup hemat di Jakarta, tentunya sangat perlu untuk diketahui beberapa tips penting untuk dapat menghemat budget saat berbelanja.

Baca Juga: Agar Keuangan Tetap Terkendali, Coba 5 Aplikasi Pengelola Keuangan Ini

Pertama, ketahuilah musim-musim dimana kebanyakan brand akan memberikan diskon yang besar untuk produknya. Biasanya akan sering sekali diadakan diskon besar-besaran menjelang lebaran maupun akhir tahun.

Musim-musim seperti inilah musim yang tepat jika Anda ingin berbelanja. Anda akan dapat menghemat budget dalam berbelanja dengan adanya diskon yang ditawarkan.

Baca Juga: Punya Duit Rp 100.000? Ini yang Bisa Dilakukan Agar Duit Anda Semakin Produktif

Kedua, mungkin belum Anda ketahui bahwa terkadang berbelanja online sekarang ini biasanya memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan berbelanja di toko offline.

Tips kedua jika Anda ingin menghemat budget dalam berbelanja, maka Anda dapat mulai kebiasaan untuk berbelanja online melalui platform-platform belanja online yang telah ada.

Nah, saat ini Anda sudah tahu bagaimana tips hidup hemat di Jakarta. Setelah menerapkan tips berhemat seperti di atas, maka tentunya akan lebih banyak uang yang dapat Anda tabung.

Baca Juga: Menurut Sebuah Studi, Hal Ini yang Membuat Anda Jauh Lebih Menarik

Namun, akan lebih baik apabila Anda menginvestasikan uang yang sudah Anda sisihkan setiap bulannya agar nilai uang tersebut berangsur-angsur bertambah.

Ada banyak instrumen investasi yang bisa Anda coba dengan uang yang kini Anda miliki, salah satunya melalui investasi yang tepat dan aman seperti KoinWorks.

Melalui KoinWorks, Anda dapat berinvestasi mulai dari Rp100.000 dan mendapatkan bunga hinga 21,32% per tahun. Yuk, mulai hidup hemat! Jangan lupa berinvestasi juga, ya!


5Bacaan Selanjutnya:

apple app store ios

5 Tips Mencapai Financial Freedom


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

google play store android app

1 KOMENTAR

  1. ketika kita masih dianugrahi keterampilan dan peluang, saya lebih suka berusaha mencari lebih banyak pendapatan daripada harus memikirkan cara berhemat. itu kalau menurut saya lho, masing-masing orang kan punya caranya sendiri 😀

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.