5 Tips Pengalokasian Dana Emas untuk Pemula Biar kamu Makin Pro! – Saat ini sudah saatnya kamu melek akan pengalokasian dana. Berpengalokasian dana bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder, melainkan hal wajib yang harus dilakukan sedini mungkin. 

Pengalokasian Dana sangat berkaitan dengan masa depan kamu. Apa yang kamu pengalokasian danakan hari ini, akan menentukan bagaimana keuangan kamu nantinya. 

kamu bisa melakukan pengalokasian dana apa saja, salah satunya Pengalokasian Dana emas. Ya, emas bukan saja bisa digunakan sebagai perhiasan semata, melainkan juga pengalokasian dana.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini: Sabtu, 23 Mei 2020

Walaupun identik dengan orang berpengalaman, tetapi kamu yang masih pemula juga bisa melakukan pengalokasian dana ini, lho.

Kuncinya adalah niat, kesungguhan serta konsistensi untuk melakukan pengalokasian dana ini. Nah, kalau kamu sudah betul-betul yakin untuk melakukan hal ini, berikut adalah 5 tips pengalokasian dana emas yang bisa dicoba!

5 Tips Pengalokasian Dana Emas untuk Pemula

1Buat Tujuan Utama kamu Berpengalokasian dana

emas-untung-tukar-pengalokasian dana

Saat melakukan pengalokasian dana, setiap orang pasti memiliki tujuannya masing-masing. Hal tersebut berlaku juga untuk pengalokasian dana emas. 

Sebelum kamu memulai untuk berpengalokasian dana, cobalah bertanya kepada dulu diri kamu, sebenarnya apa yang ingin kamu tuju dengan hasil dari pengalokasian dana ini?

Sebagai contoh, kamu  bisa menetapkan tujuan bahwa 10 tahun dari sekarang akan membeli rumah secara cash, pensiun dini, atau bebas secara finansial.

Nah, setelah tahu apa tujuannya tentunya kamu harus lebih konsisten dalam membeli emas dengan besaran tertentu sesuai kemampuan. Itulah tips pengalokasian dana emas untuk pemula yang pertama.

Baca Juga: 3 Langkah Agar kamu Menjadi Orang Kaya, kamu Pun Bisa Melakukannya!


2Pantau dan Cek Harga Emas Secara Berkala

emas-pengalokasian dana-perhiasan-emas-pengalokasian dana-nilai-grafik-naik-tingkat - tips pengalokasian dana untuk gaji pas pasan- Cara Pengalokasian Dana Emas

Setelah memiliki tujuan yang pasti untuk berpengalokasian dana, kamu harus sabar dan jangan bernafsu untuk langsung membeli emas. Tips pengalokasian dana emas yang harus kamu ikuti selanjutnya adalah mengecek harga emas batangan di pasaran. 

Saat ini, mudah sekali mencari informasi ini tentang pengalokasian dana emas. kamu bisa menemukannya di internet karena banyaknya situs yang menampilkannya. 

Tak hanya itu, sekarang pun banyak toko emas secara digital yang bisa kamu cek berkala melalui smartphone

Baca Juga: [INFOGRAFIK] 6 Cara Cepat Jadi Miliarder

Belilah emas saat harga dipasaran sedang turun, karena tentunya di masa depan besar kemungkinan untuk kamu mendapatkan hasil yang lebih besar. 

Setelah itu, kamu bisa pantau terus pergerakan harga emas. Walaupun, pergerakan emas bisa dibilang konstan tapi bukan berarti kamu mendiamkannya, ya.


3Pastikan Membeli di Tempat yang Tepat

pengalokasian dana emas - pengalokasian dana minim risiko

Berpengalokasian dana emas akan bisa terlaksana saat kamu membelinya di tempat terpercaya. Cek dahulu rekam jejak tempat kamu ingin membeli emas. Pastikan tempat tersebut memiliki status. 

Sama halnya dengan pengalokasian dana lain, saat ini juga banyak penipuan yang menyerang para pembeli emas. kamu harus lebih hati-hati ketika ada pihak yang menawarkan pembelian emas dengan proses cepat. 

Berpengalokasian dana emang bisa dibilang cukup mahal. Tentunya kamu tidak mau kan, kalau uang yang sudah dipengalokasian danakan hilang begitu saja. 

Baca Juga: 5 Cara Mudah untuk Membuat Milenial Cepat Kaya


4Tentukan Jumlah Pengalokasian Dana 

pengalokasian dana emas-pengalokasian dana emas - pengalokasian dana berlian-cara tepat menyimpan emas yang mudah dan aman - penghasilan sambil tidur - jenis pengalokasian dana jangka panjang-pinjaman syariah - dana syariah - ekonomi syariah-emas-pengalokasian dana-perhiasan-emas-pengalokasian dana-nilai-grafik-naik-tingkat - tips pengalokasian dana untuk gaji pas pasan- Cara Pengalokasian Dana Emas

Tips pengalokasian dana emas selanjutnya adalah menentukan jumlah uang yang harus dikeluarkan. Setelah mengetahui apa tujuan kamu berpengalokasian dana, tentunya kamu sudah memperhitungkan berapa yang harus dikumpulkan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Contohnya, ketika kamu ingin berpengalokasian dana emas untuk membeli rumah secara tunai 10 tahun lagi. kamu bisa mengestimasinya berapa inflasi setiap tahun dari industri properti. Dengan demikian, kamu akan mengetahui nilai yang harus dicapai 10 tahun mendatang.

Setelah bisa mengestimasi nilainya, kamu bisa menentukan periode kapan dan berapa banyak emas yang harus dibeli.

Misalnya, setiap bulannya kamu menentukan pembelian emas sebanyak 5 gram dengan harga Rp500.000, berarti kamu harus mengeluarkan uang Rp2,5 juta setiap bulan. 

Baca Juga: 4 Langkah Cerdas Dalam Menggunakan Uang


5Fokus dengan Masa Depan

5 Cara Mudah Kenali Emas Palsu - pengalokasian dana untuk freelancer-Pengaruh Pengalokasian Dana Terhadap Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia-ide bisnis online - pelajaran bisnis dari bernard arnault-Apa itu Socially Reponsible Investment (SRI)?-simpan-emas-curi-pencuri-menabung-pengalokasian dana emas-pengalokasian dana emas - pengalokasian dana berlian-cara tepat menyimpan emas yang mudah dan aman - penghasilan sambil tidur - jenis pengalokasian dana jangka panjang-pinjaman syariah - dana syariah - ekonomi syariah-emas-pengalokasian dana-perhiasan-emas-pengalokasian dana-nilai-grafik-naik-tingkat - tips pengalokasian dana untuk gaji pas pasan- Cara Pengalokasian Dana Emas

Saat melakukan pengalokasian dana, akan ada masanya kamu menjadi goyah karena hasil yang belum terlihat. Kalau sudah begini, kamu harus ingat kembali apa tujuan kamu. Ingatlah, bahwa pengalokasian dana emas ini harus dilakukan secara jangka panjang, selama 5 – 10 tahun untuk mendapatkan hasilnya. 

Semakin lama, kebutuhan sehari-hari memang makin besar. Tetapi, kamu harus terus menemukan cara bagaimana agar tetap konsisten. 

Dari berbagai tips pengalokasian dana emas di atas, tentunya kamu juga sudah tahu kalau harga emas terbilang cukup mahal. Bagi kamu yang baru saja terjun ke dunia pengalokasian dana, atau seorang dengan penghasilan tidak banyak, mungkin saja merasakan terlalu berat. 

Baca Juga: Belajar dan Mengasah Diri Lebih Cepat dengan Menerapkan 4 Kiat Berikut

Sebagai alternatif kamu bisa melakukan pengalokasian dana pada instrumen lain seperti reksa dana, saham hingga tabungan berjangka.

Tetapi, jika masih belum pasti, sebagai permulaan kamu bisa mendanai di KoinWorks untuk mempelajari pengalokasian dana secara fundamental, karena pada dasarnya prinsipnya mirip dengan mendanai di KoinWorks.

KoinWorks menyediakan solusi untuk kamu yang ingin mengembangkan dana melalui Peer-to-peer lending dari KoinP2P atau KoinRobo.

Hanya dengan modal awal Rp100.000 kamu bisa mendapatkan imbal hasil 18% per tahun melalui KoinP2P, atau imbal hasil tetap melalui KoinRobo.

Tak hanya itu, di KoinWorks kamu juga dapat melakukan peminjaman dana sekaligus, lho.

Yuk, mulai download, daftar dan mendanai di KoinWorks, Super Financial App! Dapatkan modal awal pendanaan sebesar 350.000 KOIN!

Klaim 350.000 KOIN

Itulah 5 tips pengalokasian dana emas yang bisa kamu lakukan. Walaupun seorang pemula, kamu harus tetap percaya diri kalau kamu akan berhasil. Mungkin saat ini, kamu akan kesulitan sedikit, tetapi dengan berjalannya waktu pasti bisa menjadi seorang yang pro.

Selamat berpengalokasian dana!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.