5 Tips Investasi Emas untuk Pemula Biar Kamu Makin Pro!

emas-investasi-untung

5 Tips Investasi Emas untuk Pemula Biar kamu Makin Pro! – Saat ini sudah saatnya kamu melek akan investasi. Berinvestasi bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder, melainkan hal wajib yang harus dilakukan sedini mungkin. 

Investasi sangat berkaitan dengan masa depan kamu. Apa yang kamu investasikan hari ini, akan menentukan bagaimana keuangan kamu nantinya. 

Kamu bisa melakukan investasi apa saja, salah satunya Investasi emas. Ya, emas bukan saja bisa digunakan sebagai perhiasan semata, melainkan juga investasi. Bahkan, investasi emas udah terkenal banget dari berbagai generasi, karena dinilai lebih aman dan stabil.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini: Selasa, 19 Maret 2024

Nah, kalau kamu sudah betul-betul yakin untuk melakukan hal ini, berikut adalah 5 tips investasi emas yang bisa dicoba!


5 Tips Investasi Emas untuk Pemula

Buat Tujuan Utama Kamu Berinvestasi

keuntungan berinvestasi emas - investasi emas

Saat melakukan investasi, setiap orang pasti memiliki tujuannya masing-masing. Hal tersebut berlaku juga untuk investasi emas. 

Sebelum kamu memulai untuk berinvestasi, cobalah bertanya kepada dulu diri kamu, sebenarnya apa yang ingin kamu tuju dengan hasil dari investasi ini?

Baca Juga: 3 Langkah Agar kamu Menjadi Orang Kaya, kamu Pun Bisa Melakukannya!

Sebagai contoh, kamu  bisa menetapkan tujuan bahwa 10 tahun dari sekarang akan membeli rumah secara cash, pensiun dini, atau bebas secara finansial.

Nah, setelah tahu apa tujuannya tentunya kamu harus lebih konsisten dalam membeli emas dengan besaran tertentu sesuai kemampuan. Itulah tips investasi emas untuk pemula yang pertama.


Pantau dan Cek Harga Emas Secara Berkala

membeli emas batangan atau emas perhiasan

Setelah memiliki tujuan yang pasti untuk berinvestasi, kamu harus sabar dan jangan bernafsu untuk langsung membeli emas. Tips investasi emas yang harus kamu ikuti selanjutnya adalah mengecek harga emas batangan di pasaran. 

Saat ini, mudah sekali mencari informasi ini tentang investasi emas. kamu bisa menemukannya di internet karena banyaknya situs yang menampilkannya. 

Tak hanya itu, sekarang pun banyak toko emas secara digital yang bisa kamu cek berkala melalui smartphone

Baca Juga: 6 Cara Cepat Jadi Miliarder

Belilah emas saat harga dipasaran sedang turun, karena tentunya di masa depan besar kemungkinan untuk kamu mendapatkan hasil yang lebih besar. 

Setelah itu, kamu bisa pantau terus pergerakan harga emas. Walaupun, pergerakan emas bisa dibilang konstan tapi bukan berarti kamu mendiamkannya, ya.


Pastikan Membeli di Tempat yang Tepat

5 Tips Investasi Emas untuk Pemula Biar kamu Makin Pro!

Berinvestasi emas akan bisa terlaksana saat kamu membelinya di tempat terpercaya. Cek dahulu rekam jejak tempat kamu ingin membeli emas. Pastikan tempat tersebut memiliki status. 

Sama halnya dengan investasi lain, saat ini juga banyak penipuan yang menyerang para pembeli emas. kamu harus lebih hati-hati ketika ada pihak yang menawarkan pembelian emas dengan proses cepat. 

Baca Juga: 5 Cara Mudah untuk Membuat Milenial Cepat Kaya

Berinvestasi emang bisa dibilang cukup mahal. Tentunya kamu tidak mau kan, kalau uang yang sudah diinvestasikan hilang begitu saja.


Tentukan Jumlah Investasi 

5 Tips Investasi Emas untuk Pemula Biar kamu Makin Pro!

Tips investasi emas selanjutnya adalah menentukan jumlah uang yang harus dikeluarkan. Setelah mengetahui apa tujuan kamu berinvestasi, tentunya kamu sudah memperhitungkan berapa yang harus dikumpulkan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Contohnya, ketika kamu ingin berinvestasi emas untuk membeli rumah secara tunai 10 tahun lagi, kamu bisa mengestimasinya berapa inflasi setiap tahun dari industri properti. Dengan demikian, kamu akan mengetahui nilai yang harus dicapai 10 tahun mendatang.

Baca Juga: 4 Langkah Cerdas Dalam Menggunakan Uang

Setelah bisa mengestimasi nilainya, kamu bisa menentukan periode kapan dan berapa banyak emas yang harus dibeli.

Misalnya, setiap bulannya kamu menentukan pembelian emas sebanyak 5 gram dengan harga Rp500.000, berarti kamu harus mengeluarkan uang Rp2,5 juta setiap bulan. 

Masih dirasa terlalu banyak? Tenang karena KoinWorks akan segera memberikan solusinya.

KoinWorks akan menghadirkan sebuah produk investasi yang membantu kamu melakukan jual-beli emas digital dengan sistem online secara mudah, hanya mulai dari Rp1000.

Melalui produk ini, kamu bisa melakukan transaksi jual-beli emas dengan harga yang menarik sesuai keinginan, tanpa ribet dan cepat melalui aplikasi online. Setelahnya portofolio kamu akan langsung ter-update secara realtime.

KoinWorks sendiri adalah sebuah aplikasi yang memberikan solusi finansial mulai dari pengembangan aset melalui pendanaan, hingga pinjaman bisnis atau individu.

Di KoinP2P dari KoinWorks ini kamu bisa mendanai beragam pinjaman dan membantu UKM Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya, lalu mendapatkan imbal hasil efektif hingga 18% per tahun.

Ingin dapet imbal hasil terprediksi hingga 13% p.a? Kamu bisa coba mendanai di KoinRobo.


Fokus dengan Masa Depan

5 Tips Investasi Emas untuk Pemula Biar kamu Makin Pro!

Saat melakukan investasi, akan ada masanya kamu menjadi goyah karena hasil yang belum terlihat. Kalau sudah begini, kamu harus ingat kembali apa tujuan kamu. Ingatlah, bahwa investasi emas ini harus dilakukan secara jangka panjang, selama 5 – 10 tahun untuk mendapatkan hasilnya. 

Semakin lama, kebutuhan sehari-hari memang makin besar. Tetapi, kamu harus terus menemukan cara bagaimana agar tetap konsisten. 

Dari berbagai tips investasi emas di atas, tentunya kamu juga sudah tahu kalau harga emas terbilang cukup mahal. Bagi kamu yang baru saja terjun ke dunia investasi, atau seorang dengan penghasilan tidak banyak, mungkin saja merasakan terlalu berat. 

Baca Juga: Belajar dan Mengasah Diri Lebih Cepat dengan Menerapkan 4 Kiat Berikut

Itulah 5 tips investasi emas yang bisa kamu lakukan. Walaupun seorang pemula, kamu harus tetap percaya diri kalau kamu akan berhasil. Mungkin saat ini, kamu akan kesulitan sedikit, tetapi dengan berjalannya waktu pasti bisa menjadi seorang yang pro.

Selamat berinvestasi!

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Firda Nur Asmita

Firda Nur Asmita

As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.