Jangan Boros, Terapkan 5 Tips Investasi untuk Anak Muda Ini! – Masa muda, masa-masa menyenangkan yang penuh warna dengan beragam cerita. Banyak pengalaman dan hal-hal seru yang bisa dilakukan saat masih muda.

Tapi dibalik kebebasan itu, anak muda juga identik dengan kebiasan suka menghambur-hamburkan uang untuk hal tak penting.

Apalagi saat sudah gajian, banyak di antara Anda yang mungkin terjebak dengan fenomena gaji 10 koma, tanggal 10 sudah koma.

Nah, kebiasaan ini harus segera diperbaiki, kalau tidak akan menyusahkan Anda di masa depan nanti.

Melakukan investasi, bisa jadi cara cerdas untuk mulai mengelola keuangan dengan lebih baik dan menghindari Anda dari keborosan.

Berbeda dengan menabung yang hanya menyimpan uang, dengan berinvestasi, uang Anda nantinya akan lebih berkembang di masa depan.

Mau mulai investasi tapi bingung caranya? Tenang.. simak dulu tips investasi untuk anak muda berikut ini!


Jangan Boros, Terapkan 5 Tips Investasi untuk Anak Muda Ini!

1Ketahui Alasan Anda Berinvestasi

merencanakan masa depan - merancang masa depan - tips investasi untuk PNS - tips investasi untuk anak muda

Sebagai anak muda, gaya hidup Anda tentu berbeda dengan mereka yang sudah mature. Pemikiran mereka tentang uang dan bagaimana harus menginvestasikannya, pastinya lebih matang daripada Anda yang memang baru ingin lakukan investasi.

Perlu diingat, jangan sampai Anda keliru dalam melakukan investasi. Maka dari itu,  sebelum memulai ketahui dengan pasti apa alasan Anda berinvestasi.

Baca Juga: 3 Investasi dengan Modal Kecil Namun Menguntungkan untuk Anda

Apakah Anda ingin investasi untuk jangka pendek, atau panjang? Misalnya, Anda berinvestasi untuk tabungan menikah dan punya rumah. Maka dari itu, pilih investasi jangka panjang.

Setelah tahu alasannya, barulah Anda bisa memilih investasi yang sesuai.

Dalam berinvestasi sendiri, ada beberapa alasan yang harus dipertimbangkan yaitu: untuk mendapatkan keamanan finansial, menciptakan kemandirian keuangan, dan kebebasan finansial di hari tua.

Tips investasi ini cukup mudah dilakukan, kan?


2Cek Kondisi Keuangan

5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini! - tips investasi untuk anak muda - kegagalan bisnis - cara mengatur keuangan-menabung- 5 Cara Cerdas Mengatur Finansial untuk Freelancer

Sebelum berinvestasi, Anda perlu menghitung terlebih dahulu berapa banyak penghasilan tiap bulannya, sekaligus dengan pengeluarannya.

Tips investasi ini perlu dilakukan, karena jangan sampai saat berinvestasi nanti, uang Anda jadi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Baca Juga: Tertarik Investasi, tapi Gaji Pas-Pasan? Intip 5 Strateginya!

Alternatif lain agar Anda masih bisa lakukan investasi adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Anda bisa menjadi seorang freelancer, yang nantinya hasilnya digunakan untuk investasi.

Memang, tidak mudah karena Anda harus mengorbankan banyak waktu tetapi percayalah hal ini akan mengubah hidup Anda di masa depan.


Pilih Investasi yang Cocok

investor-perempuan-bersabar-sabar - belajar self-love - tips investasi untuk anak muda

Setelah menerapkan tips investasi di atas, selanjutnya Anda diharuskan untuk memilih instrumen yang memang sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Jangan mudah tergiur dan ikut-ikutan tren atau orang lain, karena belum tentu Anda memiliki kondisi keuangan yang sama dengannya.

Banyak sekali investasi yang bisa Anda pilih, apalagi di zaman perkembangan teknologi seperti sekarang.

Mulai dari reksa dana, saham, emas hingga Peer-to-Peer Lending (P2P) bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Gaji Pas-Pasan Bukan Alasan untuk Skip Investasi, Ini 4 Investasi Terbaik!

Bagi Anda yang memang tidak memiliki dana banyak untuk memulai investasi, Peer-to-Peer Lending (P2P) layak dipertimbangkan, lho.

Khususnya di KoinWorks, hanya dengan Rp100.000 sebagai modal awal, Anda bisa menjadi seorang investor.

Tapi, apa itu Peer-to-Peer Lending (P2P)? Bisa dibilang P2P adalah sebuah marketplace tempat terhubungnya pendana dan peminjam yang ingin mewujudkan tujuan keuangannya masing-masing. Entah itu untuk modal bisnis atau pun dana pendidikan.

Dengan menjadi investor di P2P, Anda akan berkesempatan untuk mendanai suatu investor atau pelaku bisnis.

Lalu, Anda juga bisa mendapatkan hasil imbal besar hingga 21,32%!


3Cari Sebanyak Mungkin Informasi

Buku Tentang Investasi yang Wajib Dibaca Para Investor - tips investasi untuk anak muda

Di zaman serba teknologi seperti sekarang, tentunya akan lebih mudah untuk menemukan informasi seputar investasi.

Sebelum memilih sebuah instrumen investasi, coba untuk pelajari dulu lebih dalam produk yang Anda pilih tersebut.

Dengan begitu, Anda jadi tahu strategi investasi yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan return yang maksimal.


4Mulai Sejak Dini

mengasah keterampilan mengubah karir - 7 Faktor yang Mempengaruhi Peluang Promosi di Tempat Bekerja - tips investasi untuk anak muda - lebih hemat ngekos, ngontrak atau sewa apartemen - fenomena di tanggal tua

Dari tips investasi sebelumnya, Anda jadi tahu kalau melakukan investasi tidak harus memerlukan banyak uang dan bisa dilakukan untuk anak muda.

Banyak para ahli juga yang menyebutkan bahwa, berinvestasi semakin dini akan semakin baik karena tentunya return yang Anda dapatkan akan semakin besar.

Baca Juga: 5 Investasi untuk Fresh Graduate yang Wajib Dicoba Sedini Mungkin!

Jadi, yuk mulai investasi sekarang!

Perlu diingat, jika Anda masih belum memiliki banyak modal untuk berinvestasi, jangan jadikan hal itu hambatan. Di KoinWorks hanya dengan Rp100.000 dan kelipatan setelahnya, Anda bisa langsung menjadi pendana atau investor dan meraup untung.

Klik di sini untuk memulai.

Masih belum yakin? Coba simak dulu cerita pendana atau lender sukses kami ini!

https://www.youtube.com/watch?v=eodrbBEyE54


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.