Home » Blog » Investasi & Keuangan Pribadi » Pahami 4 Tips Investasi untuk PNS ini Agar Bisa Cuan!

Pahami 4 Tips Investasi untuk PNS ini Agar Bisa Cuan!

·
3 menit
manfaat kasbon - konten - kolaborasi karyawan - kantor (5) - tips investasi untuk PNS

Pahami 4 Tips Investasi untuk PNS ini Agar Bisa Cuan! – Walaupun memiliki penghasilan yang cenderung stabil dan aman, Pegawai Negeri Sipil atau PNS biasanya tetap memutar keuangan mereka, untuk bisa menghasilkan yang lebih ke depannya.

Berinvestasi menjadi pilihan para PNS, karena mereka tahu bahwa kenyataannya semua keistimewaan yang didapatkan, mulai dari gaji pokok, tunjangan kinerja dan gaji ke-13 tidak bisa menjamin kehidupan mereka di masa depan atau saat pensiun.

Setiap tahunnya, inflasi keuangan di Indonesia mencapai 10%, cukup besar bukan? Uang 100 juta saat ini dianggap banyak, tetapi 10 tahun mendatang tentu bisa turun nilai mata uangnya.

Baca Juga: Biar Tidak Bingung, Apa Sebenarnya Pengaruh Peningkatan Inflasi Terhadap Uang Anda?

Maka dari itu, walaupun dijamin mendapatkan uang pensiun nantinya, banyak PNS mulai melirik berbagai instrumen investasi untuk mengembangkan penghasilannya.

Keuntungan berinvestasi tentu saja tidak hanya untuk hari tua, tapi bisa digunakan untuk kebutuhan konsumtif seperti liburan juga, lho.

Nah, sebelum memutuskan untuk berinvestasi pastikan Anda tahu tips investasi untuk PNS berikut ini!


Pahami 4 Tips Investasi untuk PNS ini Agar Bisa Cuan!

Jangan Terlalu Memonitor

koran - berita - tips investasi untuk PNS

Memang, tips investasi untuk PNS ini kedengaran aneh karena tentu Anda berpikir saat melakukan investasi harus sering memantau perkembangannya.

Tetapi ada maksud di balik tips ini, yaitu agar Anda tidak khawatir dan takut untuk membuat keputusan.

Saat Anda memutuskan untuk berinvestasi tujuan utamanya adalah membangun kekayaan dengan mengembangkan penghasilan.

Baca Juga: Berhenti Mengikuti Berita untuk Mendapatkan Hasil Investasi Lebih Baik

Perlu Anda ketahui kalau hasil yang maksimal tentunya memerlukan waktu yang tak instan, karena itu Anda direkomendasikan untuk melakukan investasi dalam jangka waktu panjang.

Maka dari itu, ketika Anda memantau investasi setiap hari performanya akan kurang relevan. Sebagai gantinya Anda bisa mengeceknya sebulan sekali.


Mulai dengan Modal Kecil

bawa uang secukupnya - modal usaha - Pinjaman Jangka Panjang - tips investasi untuk PNS

Jika Anda baru masuk ke dalam dunia investasi, hal penting yang harus tumbuh dalam diri adalah rasa percaya diri.

Hal tersebut sangat penting adanya, bahkan lebih dari kesediaan dana yang ada.

Mindset seorang investor harus dibentuk terlebih dahulu agar ke depannya, Anda bisa melakukannya dengan maksimal. Nah, berinvestasi dengan jumlah kecil atau sedikit demi sedikit bisa membantu Anda tumbuhkan rasa percaya diri.

Baca Juga: 4 Fakta yang Membuat Anda Berinvestasi dan Tidak Ingin Menundanya

Misalnya seperti investasi Peer-to-Peer Lending (P2P) di KoinWorks, di mana hanya dengan Rp100.000 Anda bisa menjadi seorang investor.

KoinWorks adalah sebuah platfrom penyedia investasi Peer-to-Peer Lending (P2P) terpercaya yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Lalu, apakah P2P?

Peer-to-Peer Lending atau P2P adalah sebuah wadah yang menjembatani antara pendana dan peminjam dana. Mereka akan saling bersinggungan dan mendukung untuk mewujudkan tujuan keuangan masing-masing.

Jika Anda berinvestasi di P2P, Anda berkesempatan untuk mendanai seorang individu yang mau meminjam dana untuk modal usaha atau pun biaya pendidikan. Tertarik? Yuk mulai daftarkan diri Anda menjadi pendana dengan klik di sini.


Buat Pemetaan Karir 

merencanakan masa depan - merancang masa depan - tips investasi untuk PNS

Sebelum masa pensiun menghampiri, biasanya para PNS memiliki jenjang golongan dan jabatan saat masih bekerja.

Saat itulah Anda bisa memetakan kira-kira Anda bisa mencapai golongan karir PNS seperti apa nantinya.

Kenapa demikian? Karena hal ini penting untuk menentukan jangka waktu , tujuan serta produk investasi pilihan Anda.

Misalnya, saat ini Anda berkarir di golongan rendah, pilihlah investasi yang memang memerlukan dana kecil. Nah, saat golongan Anda sudah naik lima tahun mendatang, buatlah diversifikasi produk investasi yang mensyaratkan dana lebih besar.

Bagi Anda yang ingin masa pensiunnya aman dan nyaman, membangun keuntungan investasi dari jauh-jauh hari ini penting dilakukan.

Baca Juga: Tips Investasi Lo Kheng Hong


Disiplin dan Konsisten

tips investasi untuk PNS - Disiplin - Konsisten

Tips investasi untuk PNS yang terakhir ini juga penting agar selalu diterapkan, disiplin dan konsistensi.

2 hal ini adalah godaan terbesar dari orang-orang yang berinvestasi. Biasanya karena merasa aman, banyak PNS yang berpikir untuk menyudahi investasinya di tengah jalan.

Nah, pola pikir ini haruslah dibuang jauh-jauh. Anda harus tetap fokus terhadap tujuan melakukan investasi di awalnya.

Pastikan Anda berinvestasi investasi setiap bulannya sesaat setelah gajian. Jangan menunggu uang sisa, karena percayalah Anda akan kehabisan uang kalau melakukan pola seperti itu.

Itulah beberapa tips investasi untuk PNS yang bisa Anda coba! Pelan-pelan saja dalam melakukan investasi dan jangan bernapsu atau terburu-buru, khususnya untuk Anda investor pemula. Yakinlah bahwa tujuan keuangan Anda di masa depan bisa terwujud dengan unvestasi tersebut. Good luck!

Firda
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​