5 Tips Keuangan untuk Keluarga yang Memiliki Satu Sumber Penghasilan – Tidak semua orang memiliki lebih dari satu sumber penghasilan di dalam rumah tangga, sebab ada juga yang memiliki satu sumber penghasilan saja.

Dengan satu sumber penghasilan, Anda harus bisa memenuhi kebutuhan pasangan, anak-anak, bahkan bisa saja orang tua yang ikut tinggal bersama.

Tidak perlu khawatir dengan masalah di atas, kabar baiknya adalah Anda tetap bisa hidup dengan nyaman meskipun hanya memiliki satu sumber penghasilan saja.

Bagaimana bisa? Simak pembahasannya di bawah ini.

5 Tips Keuangan untuk Keluarga yang Memiliki Satu Sumber Penghasilan

1Berpegang Teguh pada Rencana

7 Alasan Anda Tak Perlu Ragu Meneruskan Bisnis Keluarga - membangun bisnis keluarga

Dengan memiliki perencanaan keuangan yang baik, Anda bisa hidup nyaman dengan semua pendapatan yang dimiliki. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat anggaran dan menerapkannya.

Anggarkan setiap pengeluaran bulanan Anda ke dalam beberapa kategori. Dengan cara seperti ini, Anda bisa mengevaluasi mana saja pengeluaran yang bisa dipotong dan dialihkan untuk keperluan yang lain.


2Berbelanja Sesuai dengan Prioritas

Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil - 5 Langkah Efektif yang Akan Membantu Anda Mencapai Tujuan Keuangan - keuangan sehat

Jangan pernah melakukan pembelian suatu barang hanya untuk mengesankan orang lain, tetapi lakukan pembelian berdasarkan kebutuhan dan prioritas Anda.

Baca juga: Lakukan 7 Langkah Mencapai Tujuan yang Diinginkan

Banyak rumah tanggan yang terjebak dalam pola pikir konsumtif, di mana mereka menghabiskan lebih banyak pengeluaran daripada apa yang bisa dihasilkan.


3Fokus Melunasi Utang dan Berhenti Melakukannya

5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’

Jika serius ingin melunasi utang, itu artinya Anda harus berencana untuk tidak masuk lebih jauh ke dalam jeratan hutang. Sebagai langkah awal, Anda bisa melunasi hutang yang dimiliki secepat mungkin.


4Mulai Mempersiapkan Dana Darurat

dana-darurat-emergency-fund-5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup - cara membeli mobil-Dana Pensiun - 4 Tujuan Keuangan yang Wajib Anak Jaman Sekarang Punya! - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!-mempersiapkan dana pensiun-Makan Siang di Kantor, Lebih Hemat Masak Sendiri atau Beli?-5 Tips Hemat Memanfaatkan Layanan Transportasi Online-5 Cara untuk Menghibur Tamu Pesta dengan Anggaran yang Terbatas-Cara Pintar Mengatur Keuangan Rumah Tangga untuk Pasangan Baru

Dana darurat akan sangat bermanfaat jika Anda mengalami kejadian yang tidak terduga, misalnya saat ada keluarga yang sakit atau Anda dipecat dari tempat bekerja.

Mulailah menyisihkan sebagian penghasilan yang didapatkan untuk mempersiapkan dana darurat.

Jumlah dana darurat yang ideal adalah mampu memenuhi biaya hidup Anda selama 3-6 bulan ke depan.

Untuk dana darurat, Anda bisa menyimpannya di dalam rekening tabungan saja agar bisa mudah dicairkan.


5Mulai Mempersiapkan Masa Depan

4 Cara Menjalani Gaya Hidup Minimalis Untuk Berhemat Banyak Uang - 4 Cara Efektif Mencapai Resolusi Keuangan yang Telah Ditetapkan - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!

Ada banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi di masa depan, misalnya untuk dana pendidikan anak Anda, dana membeli rumah, dana berlibur, dana membeli mobil, dan lain sebagainya.

Jika Anda tidak mempersiapkannya dari awal, maka berbagai kebutuhan tersebut akan sangat sulit dipenuhi.

Baca juga: 5 Sumber Daya yang Berharga Untuk Wanita Karier

Dengan begitu, saat tidak mampu memenuhi, Anda harus berhutang yang pada akhirnya akan menambah beban keuangan saja.

Jangan memenuhi kebutuhan di masa depan dengan hutang!

Mulailah mempersiapkan dana untuk kebutuhan di masa depan dengan investasi. Investasi yang dilakukan memungkinkan dana yang dimiliki bisa berkembang dan tumbuh di masa depan.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memenuhi berbagai kebutuhan dengan mudah saat berinvestasi.

Jika belum memiliki pengalaman dalam berinvestasi dan memiliki dana yang terbatas untuk mulai berinvestasi, maka kami sangat menyarankan Anda untuk berinvestasi di KoinWorks saja.

Baca juga: 5 Tips Dasar untuk Para Pemula yang Ingin Belajar Berinvestasi

Melalui KoinWorks, Anda bisa mulai berinvestasi dengan dana Rp100.000 saja. Hal yang paling menarik adalah tingkat imbal hasil yang akan didapatkan mencapai 21.32% per tahunnya.

Tingkat imbal hasil yang didapatkan hampir mendekati investasi di pasar saham. Anda juga bisa memilih produk investasi yang sesuai dengan tingkat resiko yang bersedia diterima.

Semakin tinggi resiko yang Anda terima, maka akan semakin besar juga potensi imbal hasil yang bisa didapatkan.

Mengenai resiko yang akan didapatkan, Anda akan mendapatkan fasilitas dana proteksi sampai dengan 100%. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan hasil investasi saat tidak berjalan sesuai dengan harapan.


6Jangan Khawatir dengan Kondisi Keuangan

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah 4 - aturan penting soal uang - 4 Diskusi tentang Keuangan yang Wajib Dilakukan Setiap Pasangan - 5 Alasan Penting Pendidikan Keuangan Adalah Investasi Terbaik

Dengan menerapkan 5 langkah dan tips yang ada di atas, maka Anda tidak perlu lagi khawatir dengan kondisi keuangan, meskipun saat ini hanya memiliki satu sumber penghasilan saja.

Baca juga: Uang Tidak Bisa Membeli Kebahagiaan? 4 Hal Ini Membuat Anda Perlu Memikirkannya Lagi

Dengan pengelolaan dan perencanaan yang tepat, semua orang bisa hidup dengan nyaman apapun penghasilan yang didapatkan.

Semoga pembahasan yang disampaikan di atas bisa memberikan inspirasi untuk Anda semua yang telah membacanya.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.