7 Tips Membuat CV yang Menarik di Mata HRD- Tidak dapat dipungkiri bahwa langkah awal untuk bisa bekerja di perusahaan impian adalah dengan menyertakan curriculum vitae ke HRD (Human Resources Development) Perusahaan yang Anda tuju.

Melalui CV inilah, para HRD akan menyeleksi Anda terlebih dahulu untuk memudahkan dalam mengevaluasi dan mengetahui kompetensi para pelamar.

Profil serta garis besar kehidupan dan pengalaman bekerja Anda juga tergambarkan di dalamnya, yang mana hal tersebut dijadikan sebagai referensi bagi pihak perusahaan yang akan mewawancarai Anda.

Baca juga: 8 Cara Menjadi Calon Karyawan yang Menarik 

Namun, tahukah Anda, bahwa seringkali surat lamaran tidak dibaca dengan saksama oleh perusahaan bahkan ada yang tidak diminati oleh pihak HRD karena kualitas CV yang kurang menarik.

Oleh karena itu, bagaimana cara yang tepat untuk membuat CV yang menarik di mata HRD? Agar peluang untuk bisa bekerja di perusahaan impian Anda pun semakin besar.


7 Tips Membuat CV yang Menarik di Mata HRD

1Pahami Isi Dari CV Terlebih Dahulu

Tips Membuat CV yang Menarik di Mata HRD

Bagi Anda para Fresh Graduate yang belum mengetahui bagaimana membuat CV yang menarik, ada baiknya untuk memahami dahulu apa saja yang wajib dicantumkan pada CV Anda.

Pada umumnya, Ketika Anda membuat CV, konten yang di dalamnya adalah sebagai berikut:

  • Identitas Diri (nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email)
  • Pendidikan (pendidikan terakhir, jurusan dan IPK)
  • Personalitas (gambaran singkat karakter diri Anda)
  • Keterampilan (keterampilan yang Anda miliki)
  • Proyek dan Pengalaman Kerja (hal yang sudah Anda selesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah Anda dapatkan)
  • Training/Pelatihan Terbaru  (pelatihan yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir)
  • Informasi lain tentang Diri Anda  (hobi, referensi atau hal lain tentang diri Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar)

Usahakan untuk menuliskannya dengan singkat dan jelas. Karena dengan begitu CV Anda pun akan lebih nyaman dibaca.


2Buat Design Sederhana Namun Tetap Menarik

Tips Membuat CV yang Menarik di Mata HRD

Salah satu yang menjadi daya tarik suatu CV di mata HRD adalah desain yang simple namun tetap memuat informasi-informasi penting.

Menurut Debra Wheatman dari Careers Done Write, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat CV, yaitu pemakaian italicbold, dan capslock yang digunakan untuk penekanan serta pemilihan jenis huruf yang kamu pakai.

Jangan menggunakan font yang terlalu basic,seperti Times New Roman. Pilihlah font yang modern dan coba tes dengan print di kertas dulu sebelum mengirimkannya

Debra pun menjelaskan kembali bahwa desain resume yang bagus adalah yang eye catching tapi tetap terlihat simple.

Terdapat beberapa aplikasi bisa Anda gunakan, mulai dari coreldraw, photoshop, bahkan aplikasi yang memang khusus untuk mendesain CV.

Namun sebelum memilih desain CV yang menarik, pastikan desainnya tetap simple dan mudah dipahami oleh HRD dari segala umur.

Paling terpenting adalah, CV tersebut mengakomodir seluruh informasi yang akan disampaikan pada perusahaan yang Anda lamar.


3Cantumkan Informasi Pengalaman Bekerja Secara Detail 

Tips Membuat CV yang Menarik di Mata HRD

Pada isi CV tersebut, tulislah pengalaman bekerja Anda secara detail. Tuliskan tanggung jawab serta kompleksitas pekerjaan Anda di perusahaan sebelumnya atau yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Sehingga HRD bisa dengan mudah mengukur kapasitas Anda, apakah Anda memang cocok dengan posisi yang dilamar atau tidak.

Baca juga: 5 Tips untuk Bangkit dari Kegagalan Bisnis

Semakin lengkap informasi yang dicantumkan, semakin besar kemungkinan pula dipanggil untuk interview oleh perusahaan tersebut.


4Sisipkan Kontak Referensi

Tips Membuat CV yang Menarik di Mata HRD

Informasi selanjutnya yang harus disediakan adalah kolom kontak referensi. Adapaun tujuan dari kontak referensi ini adalah memberikan informasi penting dari pihak ketiga terkait kompetensi terhadap pekerjaan yang akan diberikan oleh perusahaan pada Anda.

Tetapi, sebelum  mencantumkan informasi referensi, pastikan Anda telah meminta izin pada orang yang nomornya dicantumkan sebagai referensi, ya!


5Tunjukkan Kemampuan Bahasa Asing Anda

tips membuat cv

Jika Anda menguasai bahasa asing, cobalah untuk menulis CV Anda dengan menggunakan  bahasa inggris.

Sering kali CV yang menggunakan bahasa asing menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap perusahaan. Terlebih lagi jika perusahaan yang Anda lamar adalah perusahaan multinasional.

Namun, perhatikan penggunaan tata bahasa asing yang benar dan formal, hindari penggunaan kata-kata slang, dan tetap tulis dengan simple namun tetap dimengerti oleh pembaca.

Jika saat ini Anda belum lancar berbahasa asing, Anda bisa mengikuti kursus guna mendukung karir Anda ke depannya.

Jangan khawatir jika Anda belum memiliki dana untuk mengikuti kursus tersebut. KoinWorks melalui produknya KoinPintar akan memfasilitasi Anda untuk mendapatkan pinjaman dana pendidikan.

Tingkat bunga pinjaman juga tidaklah memberatkan Anda, sebab bunga hanya sekitar 9% per tahun. Dengan cicilan yang bisa diangsur sampai 12 bulan, maka biaya pendidikan yang harus dibayarkan setiap bulan menjadi lebih ringan

Diharapkan dengan menguasai bahasa asing, dapat memberikan Anda peluang yang besar untuk lolos di perusahaan yang Anda lamar.


6Tambahkan Informasi Sosial Media Anda

media sosial - 6 Cara Upgrade Keuangan Lewat Media Sosial, Pernah Memikirkannya?-digital marketing-tips membuat cv

Cobalah untuk menyisipkan sosial media di CV Anda, seperti akun instagram, facebook ataupun Linkedln.

Usahakan untuk membuat halaman sosial media Anda menjadi lebih menarik. Karena, dengan begitu HRD pun akan lebih bisa menilai pribadi Anda lebih jauh.

Baca juga: 4 Saham Sosial Media yang Menghasilkan Banyak Cuan 

Tetapi, pastikan kembali bahwa Anda tidak pernah memposting hal yang melanggar hukum ataupun SARA. Karena hal tersebut hanya akan membuat kesan Anda menjadi buruk.


7Tambahkan Soft Skill yang Anda Miliki 

Pada dasarnya, hard skill adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan. Hal ini biasanya tertulis di kolom persyaratan di sebuah lowongan pekerjaan dan Anda sertakan di dalam CV.

Sedangkan, soft skill adalah kepribadian, atribut personal, serta kemampuan komunikasi yang dibutuhkan untuk sukses dalam sebuah pekerjaan. Baiknya soft skill yang Anda punya memperlihatkan bagaimana Anda berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Adapun contoh dari beberapa soft skill, adalah berpikir kritis, kepemiminan, teamwork, negosiasi dan lainnya.

Baca juga: Agar Karir Melesat, Ini 7 Soft Skill yang Wajib Dimiliki 

Menyebutkan Hard Skill di CV memang menjadi suatu kewajiban. Namun, tidak ada salahnya juga untuk mencamtumkan soft skill yang Anda punya secara selektif.


Nah, berikut tadi adalah 7 tips yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika akan membuat curriculum vitae.

Semoga CV yang Anda buat bisa membuat Anda lolos bekerja di perusahaan impian Anda ya! Terus semangat dan selamat mencoba.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.