7 Tips Membuat CV yang Menarik di Mata HRD

tips membuat cv

Tidak dapat dipungkiri bahwa langkah awal untuk bisa bekerja di perusahaan impian adalah dengan menyertakan curriculum vitae ke pegawai HRD (Human Resources Development) perusahaan yang Anda tuju.

Melalui CV inilah, para HRD akan menyeleksi kamu terlebih dahulu untuk memudahkan dalam mengevaluasi dan mengetahui kompetensi para pelamar.

Profil serta garis besar kehidupan dan pengalaman bekerja kamu juga tergambarkan di dalamnya, yang mana hal tersebut dijadikan sebagai referensi bagi pihak perusahaan yang akan mewawancarai kamu .

Baca juga: 8 Cara Menjadi Calon Karyawan yang Menarik 

Oleh karena itu, banyak fresh graduate alias lulusan baru perguruan tinggi yang berlomba-lomba membuat CV se-kreatif dan se-panjang mungkin dengan harapan bisa dilirik oleh HRD.

Namun, tahukah Anda, sering kali surat lamaran tidak dibaca dengan seksama oleh perusahaan bahkan ada yang tidak diminati oleh pihak HRD karena kualitas CV yang kurang menarik.

Oleh karena itu, bagaimana cara yang tepat untuk membuat CV yang menarik di mata HRD? agar peluang untuk bisa bekerja di perusahaan impian kamu pun semakin besar.

Cara yang Tepat untuk Membuat CV

Pahami Isi CV Terlebih Dahulu

Tips Membuat CV yang Menarik di Mata HRD

Bagi kamu para Fresh Graduate yang belum mengetahui bagaimana membuat CV yang menarik, ada baiknya untuk memahami dahulu apa saja yang wajib dicantumkan pada CV kamu.

Pada umumnya, Ketika kamu membuat CV, konten yang di dalamnya adalah sebagai berikut:

  • Identitas Diri (nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email)
  • Pendidikan (pendidikan terakhir, jurusan dan IPK)
  • Personalitas (gambaran singkat karakter diri kamu)
  • Keterampilan (keterampilan yang kamu miliki)
  • Proyek dan Pengalaman Kerja (hal yang sudah kamu selesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah kamu dapatkan)
  • Training/Pelatihan Terbaru  (pelatihan yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir)
  • Informasi lain tentang Diri kamu (hobi, referensi atau hal lain tentang diri kamu yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar)

Usahakan untuk menuliskannya dengan singkat dan jelas. Karena dengan begitu CV kamu pun akan lebih nyaman dibaca.


Buat Design Sederhana Namun Tetap Menarik

Tips Membuat CV yang Menarik di Mata HRD

Salah satu yang menjadi daya tarik suatu CV di mata HRD adalah desain yang simple namun tetap memuat informasi-informasi penting.

Menurut Debra Wheatman dari Careers Done Write, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat CV, yaitu pemakaian italicbold, dan capslock yang digunakan untuk penekanan serta pemilihan jenis huruf yang kamu pakai.

Jangan menggunakan font yang terlalu basic seperti Times New Roman. Pilihlah font yang modern dan coba tes dengan print di kertas dulu sebelum mengirimkannya

Debra pun menjelaskan kembali bahwa desain resume yang bagus adalah yang eye catching tapi tetap terlihat simple.

Terdapat beberapa aplikasi bisa kamu gunakan, mulai dari coreldraw, photoshop, bahkan aplikasi yang memang khusus untuk mendesain CV.

Namun sebelum memilih desain CV yang menarik, pastikan desainnya tetap simple dan mudah dipahami oleh HRD dari segala umur.

Paling terpenting adalah, CV tersebut mengakomodir seluruh informasi yang akan disampaikan pada perusahaan yang kamu lamar.


Cantumkan Informasi Pengalaman Bekerja Secara Detail 

Tips Membuat CV yang Menarik di Mata HRD

Pada isi CV tersebut, tulislah pengalaman bekerja Anda secara detail. Tuliskan tanggung jawab serta kompleksitas pekerjaan kamu di perusahaan sebelumnya atau yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Sehingga HRD bisa dengan mudah mengukur kapasitas kamu, apakah kamu memang cocok dengan posisi yang dilamar atau tidak.

Baca juga: 5 Tips untuk Bangkit dari Kegagalan Bisnis

Semakin lengkap informasi yang dicantumkan, semakin besar kemungkinan pula dipanggil untuk interview oleh perusahaan tersebut.


Sisipkan Kontak Referensi

Tips Membuat CV yang Menarik di Mata HRD

Informasi selanjutnya yang harus disediakan adalah kolom kontak referensi. Adapun tujuan dari kontak referensi ini adalah memberikan informasi penting dari pihak ketiga terkait kompetensi terhadap pekerjaan yang akan diberikan oleh perusahaan pada Anda.

Tetapi, sebelum  mencantumkan informasi referensi, pastikan kamu telah meminta izin pada orang yang nomornya dicantumkan sebagai referensi, ya!


Tunjukkan Kemampuan Bahasa Asing Kamu

tips membuat cv

Jika kamu menguasai bahasa asing, cobalah untuk menulis CV kamu dengan menggunakan  bahasa inggris.

Sering kali CV yang menggunakan bahasa asing menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap perusahaan. Terlebih lagi jika perusahaan yang kamu lamar adalah perusahaan multinasional.

Namun, perhatikan penggunaan tata bahasa asing yang benar dan formal, hindari penggunaan kata-kata slang, dan tetap tulis dengan simple namun tetap dimengerti oleh pembaca.


Tambahkan Informasi Sosial Media

media sosial - 6 Cara Upgrade Keuangan Lewat Media Sosial, Pernah Memikirkannya?-digital marketing-tips membuat cv

Cobalah untuk menyisipkan sosial media di CV kamu, seperti akun instagram, facebook ataupun Linkedln.

Usahakan untuk membuat halaman sosial media kamu menjadi lebih menarik. Karena, dengan begitu HRD pun akan lebih bisa menilai pribadi Anda lebih jauh.

Baca juga: 4 Saham Sosial Media yang Menghasilkan Banyak Cuan 

Tetapi, pastikan kembali bahwa kamu tidak pernah memposting hal yang melanggar hukum ataupun SARA. Hal tersebut hanya akan membuat kesan kamu menjadi buruk.


Tambahkan Soft Skill yang Kamu Miliki 

Pada dasarnya, hard skill adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan. Hal ini biasanya tertulis di kolom persyaratan di sebuah lowongan pekerjaan dan Anda sertakan di dalam CV.

Sedangkan, soft skill adalah kepribadian, atribut personal, serta kemampuan komunikasi yang dibutuhkan untuk sukses dalam sebuah pekerjaan.

Baiknya soft skill yang kamu punya memperlihatkan bagaimana kamu berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Adapun contoh dari beberapa soft skill, adalah berpikir kritis, kepemimpinan, teamwork, negosiasi dan lainnya.

Baca juga: Agar Karir Melesat, Ini 7 Soft Skill yang Wajib Dimiliki 

Menyebutkan Hard Skill di CV memang menjadi suatu kewajiban. Namun, tidak ada salahnya juga untuk mencamtumkan soft skill yang kamu punya secara selektif.


Buat CV Online

Kecanggihan teknologi sudah dipastikan memudahkan hampir seluruh pekerjaan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Di era digital seperti sekarang, kamu bisa membuat cv online dengan mudah dan praktis.

Ada banyak portal online yang memungkinkan kamu untuk membuat CV super keren dengan cara yang mudah, baik portal berbayar maupun gratis. D

Canva

Canva merupakan andalan bagi siapapun yang tidak memiliki ilmu design. Di Canva, kamu bisa membuat banyak sekali kebutuhan digital seperti poster, kartu nama, spanduk, CV dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah cara mudah buat CV melalui Canva:

  1. Masuk ke halaman Canva melalui link https://www.canva.com/
  2. Apabila kamu belum memiliki akun di Canva, kamu bisa pilih menu registrasi. Namun, apabila kamu sudah memiliki akun, silahkan pilih menu log-in.

Buat CV Online

3. Untuk mulai mendesain CV, kamu bisa pilih menu Resume

4. Pilih desain yang sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu.

Buat CV Online

5. Setelah itu, isi semua data pribadi yang kamu butuhkan, mulai dari nama, profil pribadi, pendidikan, pengalaman kerja dan lain sebagainya.

CV Menarik

6. Pastikan untuk mengunggah foto terbaik kamu dengan pilih menu upload, kemudian upload media.

CV Menarik

7. Setelah foto berhasil terunggah dan data pribadi sudah lengkap, kamu bisa mengunduh CV kamu dengan tipe file yang kamu inginkan (PDF, JPEG, PNG) di kolom File Type, kemudian klik Download.

CV

8. CV kamu secara otomatis telah tersimpan di komputer.


BikinCV

Kamu juga bisa membuat CV online melalui BikinCV, hanya saja platform ini merupakan platform berbayar yang harganya dibanderol mulai dari 20rb-an.

Salah satu kelebihan dari platform berbayar adalah desain CV yang lebih ekslusif dan tidak pasaran.

Cara membuat CV di BikinCV:

  1. Masuk ke halaman https://www.bikincv.com/, pastikan untuk log-in lalu pilih “Buat CV”

BikinCV

2. Lengkapi data pribadi kamu sesuai dengan kolom yang tersedia. Kamu juga bisa menambah atau menghapus kolom sesuai dengan kebutuhan.

BikinCV

3. Pada kolom data diri, pastikan untuk mengisi bagian “Tentang Saya” dengan kalimat-kalimat yang menarik dan mampu menggambarkan diri dan kemampuan kamu.

CV online

4. Setelah mengisi informasi diri dan pengalaman kerja dengan lengkap, kamu akan diarahkan ke halaman desain CV. Di halaman ini kamu bebas memilih desain yang sesuai dengan selera kamu, dan kamu juga bisa melihat harga dari masing-masing CV. Untuk memilih CV yang kamu inginkan, langsung klik di gambar CV tersebut.

5. Di halaman terakhir, kamu tinggal melakukan pembayaran sesuai dengan harga yang tertera untuk dapat mengunduh CV kamu,


CV Maker

Platform andalan untuk buat CV online yang berikutnya adalah CV Maker.

Berikut caranya:

  1. Masuk ke halaman https://www.cvmaker.co.id/ , klik “Buat CV Anda”

CV Maker

2. Isi data pribadi sesuai dengan kolom yang tersedia. Pastikan untuk mengisi data yang valid dan lengkap.

CV Maker

3. Setelah data diri dasar telah lengkap, kamu bisa klik “informasi tambahan” untuk menambahkan data pendidikan formal. Apabila tidak dibutuhkan, kamu bisa langsung klik “langkah selanjutnya”

CV Maker Online

4. Pada kolom profil, kamu bisa isi kolom deskripsi dengan penjelasan singkat tentang siapa diri kamu, dan apa yang menjadi kelebihan kamu, termasuk pengalaman kerja ataupun organisasi.

5. Setelah itu, kamu bisa melengkapi seluruh informasi yang kamu butuhkan pada kolom yang tersedia seperti kolom pengalaman kerja, referensi, dan keahlian. Apabila dirasa sudah lengkap, jangan lupa mengecek ulang agar tidak ada informasi yang terlewat. Setelah itu pilih “Langkah Selanjutnya”

6. Di halaman ini, kamu bisa memilih template desain yang sesuai dengan seleran kamu. Klik pada bagian desain yang kamu inginkan.

7. Setelah memilih desain yang kamu inginkan, klik unduh CV. Selamat! CV kamu sudah siap untuk disebar ke HRD.

Buat CV Online


Nah, berikut tadi adalah 7 tips yang bisa kamu jadikan sebagai referensi ketika akan membuat curriculum vitae.

Semoga CV yang Anda buat bisa membuat kamu lolos bekerja di perusahaan impian kamu ya! Terus semangat dan selamat mencoba.

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.