Home Bisnis 3 Tips Memelihara Loyalitas Konsumen dalam Bisnis

3 Tips Memelihara Loyalitas Konsumen dalam Bisnis

3 Tips Memelihara Loyalitas Konsumen dalam Bisnis – Dalam membangun sebuah bisnis, bukan hanya faktor internal (seperti arus keuangan yang lancar dan jenis produk yang dijual) yang diperhatikan. Namun, faktor eksternal juga demikian.

Justru karena faktor eksternal mampu mempengaruhi keberhasilan sebuah usaha, terkait dengan lokasi dan juga konsumen.

Ada istilah yang mengatakan, konsumen adalah raja dan semua permintaannya harus dipenuhi. Istilah tersebut memang benar adanya.

Konsumenlah yang menentukan keberhasilan usaha yang kamu miliki. Semakin banyak konsumen yang membeli produk kamu, maka semakin banyak pula keuntungan yang akan kamu peroleh.

Sebaliknya, jika konsumen tidak tertarik dan tidak berminat untuk membeli produk yang kamu tawarkan, maka semakin kecil keuntungan yang kamu dapat.

Untuk itu, pentingnya memelihara loyalitas konsumen agar mereka tidak berpindah ke produk yang dimiliki oleh orang lain, sekalipun sifat produknya homogen.

Menjaga kesetiaan pelanggan adalah hal terpenting yang bisa dilakukan, mengingat banyak sekali pesaing dengan produk serupa yang mulai berlomba-lomba mencapai kesuksesan.

Persaingan usaha yang semakin ketat akan membuat para pebisnis berpikir keras, bagaimana caranya agar pelanggan tidak kabur ke produk lain dan justru membawa lebih banyak konsumen lagi kepada mereka.

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga loyalitas konsumen demi kesuksesan bisnis kamu.

Simak ulasannya berikut ini.


3 Tips Memelihara Loyalitas Konsumen dalam Bisnis

1
Memberi Pelayanan yang Memuaskan

Memberi Pelayanan yang Memuaskan

Salah satu kunci untuk tetap menjaga loyalitas konsumen pada produk yang kamu buat adalah dengan memberikan pelayanan atau servis yang memuaskan kepada setiap konsumen.

Selain keberadaan produk yang baik, pelayanan memang menjadi hal yang nomor satu dalam berbisnis. Pelayanan yang sangat berkualitas merupakan kunci sukses dari bisnis yang dijalani.

Tidak hanya kepada pelanggan setia saja, namun juga pelayanan yang sempurna harus diberikan pada pelanggan baru. Dengan tujuan supaya mereka tertarik dan mau menjadi pelanggan setia kamu juga.

Banyak sekali aspek yang harus dijaga dalam hal pelayanan, seperti kebersihan.

Contohnya, jika tempat atau booth bisnis kamu kotor, maka pelanggan pun akan merasa enggan karena jijik. Akhirnya mereka memutuskan untuk tidak kembali lagi ke lokasi bisnis offline kamu.

Mungkin, ini tidak berlaku bagi kamu yang berbisnis dengan sistem online, di mana lokasinya tidak diketahui oleh orang lain.

Selain kebersihan, aspek lain yaitu keramahan pun juga diperlukan. Sehingga pelanggan akan merasa dihargai karena telah menggunakan barang atau jasa yang kamu jual.

Selain itu, faktor lainnya adalah kecepatan dalam melakukan pelayanan, kualitas rasa (jika bergerak di bidang kuliner), kelayakan harga, serta ketepatan pelayanan.


2
Membangun Hubungan Simbiosis Mutualisme

Membangun Hubungan Simbiosis Mutualisme

Ketika pelayanan terbaik bisa kamu berikan kepada pelanggan, maka secara tidak langsung kamu telah membuat mereka bertahan sekaligus menjadi setia dengan bisnis yang kamu dirikan.

Selanjutnya hal yang harus kamu lakukan dalam meningkatkan loyalitas konsumen adalah membentuk hubungan kerja sama yang baik dengan para pelanggan/konsumen.

Sebisa mungkin, buat kerja sama antara kamu (selaku pemilik bisnis) dan para pelanggan berjalan sesuai dengan harapan, serta masing-masing pihak sama-sama merasa diuntungkan.

Dengan demikian, perlahan-lahan, dampak positif dari bisnis kamu akan semakin terlihat nyata dan dekat dengan kesuksesan.

Caranya bagaimana?

Berikan promo-promo menarik kepada para pelanggan kamu. Ini sebagai bentuk apresiasi kesetiaan mereka. Secara otomatis, hal tersebut membawa kamu pada promosi yang paling menguntungkan.

Pernah dengar Word of Mouth? Media Word of Mouth (WoM) merupakan metode yang paling efektif untuk membuat bisnis kamu berkembang, bahkan kamu tidak perlu mengeluarkan sepeserpun untuk melakukannya.

Para pelanggan kamu akan menyebarkan brand kamu dari mulut ke mulut, sehingga nantinya akan banyak pelanggan baru yang datang dengan sendirinya.

Itulah mengapa, betapa pentingnya menjalin kerja sama dengan konsumen.


3
Menangani Keluhan Konsumen dengan Baik

4 Teknik yang Perlu Dikuasai Salesperson Saat Menjadwalkan Ulang Panggilan Telepon dengan Pelanggan

Dalam menjalani sebuah bisnis, kamu akan menghadapi banyak jalan berkelok dan bebatuan kecil. Hambatan berupa bebatuan kecil ini bisa datang dari mana saja, termasuk dari konsumen yang sudah pernah mencoba langsung produk kamu.

Di suatu kondisi, akan ada banyak konsumen yang memberi komplain karena merasa tidak puas atas pelayanan atau produk yang kamu jual.

Beberapa keluhan mungkin ada yang tidak masuk akal dan merupakan hal sepele. Namun, ada pula yang benar-benar menyatakan alasan yang valid dengan bukti yang kuat.

Kamu harus menyiapkan waktu khusus untuk menangani segala keluhan yang ada dengan cepat dan tepat.

Jika banyak komplain yang sama dan merujuk pada satu barang tertentu, maka sebaiknya kamu melakukan pembenahan saat itu juga. Sehingga nantinya tidak ada lagi konsumen yang komplain tentang hal yang sama pula.

Sementara untuk komplain lainnya bisa kamu tangani dengan kepala dingin. Jangan sampai terbawa emosi apalagi memaki-maki pelanggan yang menyampaikan keluhan, karena itu dapat membuat reputasi bisnis kamu jadi menurun.

Jaga kesetiaan pelanggan, jangan kecewakan mereka sedikitpun. Selalu tersenyum dan ramah adalah solusi yang tepat dalam menghadapi komplain mereka. Bahkan saat mereka melontarkan kata-kata kasar di depan kamu.

Apabila kamu mampu melakukannya dengan baik, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk meningkatkan bisnis tersebut ke arah yang lebih baik.


Dengan menerapkan beberapa tips memelihara loyalitas konsumen di atas, diharapkan kamu mampu untuk menghasilkan keuntungan penjualan yang maksimal.

Jika kamu membutuhkan modal tambahan untuk mengembangkan bisnis yang saat ini tengah kamu jalani, segeralah mengajukan pinjaman modal usaha melalui KoinBisnis.

Dengan bunga yang rendah di bawah 2% per bulan, KoinBisnis menjadi solusi keuangan yang tepat untuk melancarkan perjalanan usaha kamu ke depannya.

Ayo pertahankan bisnis kamu dan jaga loyalitas konsumen untuk mencapai kesuksesan yang kamu idam-idamkan!



Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Simulasi Pengalokasian Dana

Hitung Efek Compounding Pengalokasian Dana Anda

Pengalokasian Dana Awal:
Pengalokasian Dana Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Pengalokasian Dana:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.