7 Tips Memilih Supplier untuk Bisnis Anda – Untuk Anda yang saat ini sedang giat berbisnis, baik bisnis online maupun offline, pernahkan merasakan hambatan di saat proses produksi berlangsung?

Misalnya di saat Anda sedang butuh banyak bahan baku atau barang jadi namun barang tersebut kebetulan sedang kosong sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Ya, di sinilah pentingnya peran supplier. Walaupun terlihat sepele, tapi supplier dapat mempengaruhi kekuatan produksi dan omzet bisnis Anda secara langsung.

Baca juga: 7 Kesalahan Dalam Memilih Ruko Tempat Usaha

Maka dari itu, wajib hukumnya mencari supplier yang tepat demi mempertahankan atau bahkan mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalani saat ini.

Melihat pentingnya peran supplier tersebut, maka sudah seharusnya Anda berhati-hati dan jangan sampai salah dalam memilihnya. Jangan sampai si supplier bersikap tidak baik hingga dapat merugikan bisnis Anda.

Untuk itu, yuk simak 7 tips di bawah ini tentang bagaimana cara mencari supplier yang tepat untuk bisnis Anda!


7 Tips Memilih Supplier untuk Bisnis Anda

1Perhatikan Kualitas

tips-memilih-supplier-perhatikan-kualitas

Jangan pernah berkompromi dengan kualitas. Apabila kualitas produk tidak buruk, maka sudah dipastikan produk yang akan Anda hasilkan atau jual kembali pun akan sama buruknya.

Jangan mudah tergiur dengan harga atau biaya yang murah dalam menentukan supplier bisnis Anda.

Baca juga: Kualitas di Atas Kuantitas, Mana yang Lebih Penting?

Jika bisnis yang Anda jalankan saat ini ingin bertahan dalam jangka waktu yang panjang, kualitas bahan yang akan dijual kepada pelanggan Anda akan menjadi taruhan utamanya.

Jika barang yang Anda hasilkan atau jual bagus, otomatis rasa kepercayaan dan puas pun akan timbul dari pelanggan sehingga mereka akan selalu tertarik untuk membeli barangnya dari tempat Anda.


2Analisis Track Record

trik-toko-ramai-pengunjung-kompetitor

Salah satu cara termudah untuk mengetahui bibit dan bobot supplier adalah dengan melihat track record mereka terhadap para pembeli sebelumnya.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk mencari tahu lewat sumber-sumber informasi yang ada, seperti pada media sosial, forum, komunitas, dan lain sebagainya.

Pastikan bahwa supplier tersebut tidak pernah bermasalah dengan para pembelinya.


3Pertimbangkan Konsistensi

tips-memilih-supplier-bisnis-anda

Selain analisis track record, konsistensi supplier juga menjadi satu hal penting yang perlu diperhatikan.

Terkadang, ada saja supplier yang sering mengalami kendala dalam pengiriman barangnya sehingga membuat bisnis Anda jadi terhambat.

Perhitungkan faktor-faktor kemungkinan adanya kendala seperti jarak pengiriman, waktu tempuh, jarak kerja, hingga peralatan kerjanya.


4Cari Produsen Langsung

tips-memilih-supplier-bisnis-anda

Usahakan mendapatkan supplier yang memang benar-benar sebagai produsen langsung.

Hal ini tentu akan membuat margin keuntungan yang Anda dapatkan jauh lebih besar dibandingkan bekerja sama dengan supplier yang sudah berstatus tangan kedua, ketiga, dan seterusnya.


5Mintalah Produk Sampel

tips-memilih-supplier-bisnis-anda

Jika Anda masih ragu terhadap kualitas yang dijanjikan oleh calon supplier, mintalah sampel terlebih dahulu untuk masing-masing produk yang Anda butuhkan.

Hal ini dapat membantu untuk meyakinkan Anda dalam membuat keputusan lebih lanjut. Namun Anda tetap harus ingat ya walaupun produk sampel tersebut berkualitas baik, Anda harus selalu waspada dan mengecek kualitas produk pada setiap pesanan berikutnya.


6Pahami Masalah Garansi dan Sistem Retur

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan - keuangan sehat

Anda harus mempelajari aturan dan kebijakan dalam hal garansi dan kebijakan pengembalian barang secara detail.

Memang biasanya tidak semua supplier berani menawarkan garansi apalagi berupa penggantian uang. Jadi, carilah supplier yang mampu memberikan garansi jika barang yang Anda terima sudah dalam keadaan rusak atau tidak layak.


7Miliki Lebih dari Satu Supplier

tips-memilih-supplier-bisnis-anda - membangun bisnis keluarga

Memiliki satu supplier saja adalah kesalahan Anda dalam berbisnis. Bayangkan jika saat Anda sedang membutuhkan barang dari supplier Anda namun stok mereka sedang tidak ada, bisnis Anda akan otomatis terhambat.

Bukan hanya itu saja, memiliki lebih dari satu supplier juga dapat membuat Anda lebih mudah membandingkan harga antara supplier satu dengan yang lainnya.

Baca juga: Wajib Dihindari! 3 Kesalahan Pebisnis Ini Bisa Bikin Bisnis Stagnan

Nah itu dia tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih supplier yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

Jika Anda bekerja sama dengan supplier yang tepat, maka ke depannya bisnis Anda pun bisa saja berkembang dengan pesat.

Namun jika Anda terkendala dengan masalah biaya, Anda tidak perlu khawatir. Segera ajukan pinjaman modal usaha melalui platform P2P Lending seperti KoinWorksyang telah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh OJK.

Anda bisa memperoleh modal usaha tambahan mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 2 miliar, dengan bunga 0,75% hingga 1,67% flat per bulannya.

Ayo segara kembangkan bisnis Anda sekarang juga! Dimulai dari pemilihan supplier yang tepat hingga ke pinjaman modal usaha yang cermat.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.