Tips Keuangan: Ikuti Tips Ini Demi Mempersiapkan dan Menghemat Biaya Pernikahan – Pernikahan merupakan salah satu momen terindah dalam kehidupan setiap orang.

Ini juga merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu. Momen bahagia ini tentu menjadi tanda bahwa orang yang menjalaninya memasuki tingkatan baru dalam kehidupan.

Namun, pernikahan juga pasti akan membutuhkan biaya, dan biaya pernikahan pun tidaklah murah. Butuh persiapan panjang dan proses yang tidak sebentar, bukan?

Baca Juga: 

Tips Keuangan Sebagai Bagian dari Resolusi Tahun 2017 Anda

Nah, sebelum benar-benar merencanakan pernikahan, pahami dulu kondisi keuangan Anda saat ini, sudahkah keuangan Anda dan pasangan mampu menutupi kebutuhan biaya pernikahan?

Ada banyak sekali kebutuhan pernikahan yang harus dipenuhi, mulai dari biaya sewa tempat dan semua fasilitasnya, transportasi, makanan dan minuman, musik bila diperlukan, undangan, pakaian mempelai, segala pernak-pernik dan aksesoris hingga merchandise, dan pastinya masih banyak lagi.

Demi mempersiapkan keuangan untuk biaya pernikahan, berikut beberapa hal yang bisa coba diterapkan agar hari bahagia Anda terlaksana dengan lancar dan lengkap.

Tips Keuangan: Tips Mempersiapkan Biaya Pernikahan dan Menghematnya

tips mempersiapkan biaya pernikahan

1. Agar Tidak Ketar-Ketir dalam Mempersiapkannya, Tentukan Jauh Sebelum Hari Pelakasanaan Pernikahan

Menentukan hari pernikahan jauh sebelum hari H tentu saja akan memberi Anda dan pasangan waktu yang cukup untuk mempersiapkan keuangan.

Baca Juga: 5 Tips Mencapai Financial Freedom

Selain itu, Anda dan pasangan juga memiliki banyak waktu untuk melakukan riset demi mematangkan persiapan pernikahan.

Anda dan pasangan bisa rutin melakukan riset terkait tempat yang tepat dan lebih murah untuk resepsi pernikahan, biaya katering, pemesanan bunga, dan sebagainya.

Juga, bila Anda menentukan tanggal pernikahan jauh sebelum hari H, Anda bisa melunasi biaya-biayanya dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang di kemudian hari di mana harganya kemungkinan besar akan naik.

Baca Juga: Dapatkan Passive Income dengan Investasi Online P2P Lending

Tips lain, hindari menetapkan hari Sabtu sebagai hari pernikahan Anda karena semua biaya sewa perlengkapan pernikahan biasanya lebih tinggi dibanding hari-hari lain.

Selain itu, Anda bisa melakukan hal-hal lain yang akan memungkinkan Anda untuk mempersiapkan biaya pernikahan.

2. Agar Semuanya Sesuai Perencanaan, Urutkan Persiapan Berdasarkan Prioritas

Venue acara pernikahan Anda dan pasangan mungkin menjadi prioritas utama untuk segera dipenuhi.

Agar Anda tahu apa saja yang perlu dipenuhi dan mana yang lebih dulu harus dipenuhi, coba tulis keperluan apa saja yang dibutuhkan untuk acara pernikahan Anda. Setelah semuanya ada dalam daftar, coba urutkan kebutuhan sesuai prioritasnya.

Baca Juga: 5+ Cara Menghemat Biaya Hidup Agar Keuangan Bisa Selamat

MIsalnya, di urutan pertama adalah venue, kemudian gaun dan jas pengantin, sepatu, bunga dan lain sebagainya. Urutkan semuanya dari yang paling prioritas hingga yang menjadi pelengkap saja.

Dengan begitu Anda akan semakin terarah dalam mempersiapkan biaya pernikahan karena nantinya Anda tahu apa yang perlu dipenuhi dan kebutuhan mana yang hanya opsional saja.

3. Alokasikan Sejumlah Dana untuk Kebutuhan yang Lebih Spesifik

Misalnya, Anda sudah membuat target bahwa mulai bulan ini hingga 3 bulan ke depan Anda sudah harus bisa mengumpulkan uang untuk DP venue pernikahan, maka Anda harus mengalokasikan sejumlah dana untuk kebutuhan tersebut setiap bulannya.

Baca Juga: 6 Tips Hemat Untuk Wanita yang Wajib Diterapkan

Anda dan pasangan bisa bahu-membahu untuk mengalokasikan pendapatan selama 3 bulan ke depan untuk keperluan DP venue pernikahan, misalnya 20% dari total pendapatan kalian berdua, yakni Rp 12.000.000, berarti dalam sebulan kalian bisa mengumpulkan sebesar Rp 2.400.000, dan dalam 4 bulan, total Anda dan pasangan bisa mengumpulkan total Rp 9.600.000.

Dana sebesar itu sudah bisa digunakan untuk membayar DP gedung pernikahan dan keperluan lain sekaligus, bukan?

4. Karena Tujuan Anda dan Pasangan Sudah Setahap di Atas, Mulai Sekarang Kurangilah Biaya untuk Kencan

Bila di awal-awal pacaran Anda dan pasangan masih sangat sering menghabiskan waktu berdua untuk kencan, karena kalian sudah akan menaiki satu jenjang lebih tinggi untuk masa depan Anda, mulai sekarang kurangilah biaya untuk kencan.

Anda dan pasangan sekarang sudah memiliki tujuan yang lebih penting daripada sebelum-sebelumnya, jadi, mengurangi kencan harus dipertimbangkan untuk benar-benar mampu mempersiapkan biaya pernikahan.

Baca Juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita dalam Mengatur Keuangan

Bayangkan bila Anda dan pasangan harus menghabiskan Rp 150.000 setiap kali kencan, dan apabila dilakukan paling tidak 4 kali dalam satu bulan, maka khusus untuk kencan saja Anda dan pasangan harus menghabiskan uang sebesar Rp 600.000 tiap bulan.

Bila Anda mampu menabung Rp 600.000 setiap bulan hingga hari H pernikahan, katakanlah 18 bulan lagi, maka hingga hari H pernikahan, Anda dan pasangan bisa mengumpulkan Rp 600.000 x 18 bulan = Rp 10.800.000 hanya dari biaya kencan saja.

Uang sebesar itu sudah bisa digunakan untuk membayar jasa fotografi sekaligus mencicil biaya gaun dan jas pengantin, kan? Berkencan itu masih diperlukan, ya, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengurangi frekuensinya saja bukanlah menghentikannya secara total.

5. Pertimbangkan untuk Menggunakan Jasa dari Teman-Teman atau Kenalan Anda Ketimbang Harus Menyewa Vendor

Bila biaya fotografer untuk Pre-Wedding hingga acara pernikahan biasanya memakan biaya sekitar Rp 20.000.000, coba pertimbangkan untuk menggunakan jasa teman atau kenalan Anda yang pastinya bisa lebih murah lagi.

Manfaatkan kekuatan “harga teman” untuk menekan pengeluaran. Dari biaya pemotretan yang berkisar Rp 20.000.000 dari vendor, dengan memanfaatkan jasa teman, Anda bisa mendapatkan potongan harga ke tingkat terendah semisal hanya Rp 5.000.000, bahkan gratis asal ia diberi makan gratis.

Baca Juga: Masalah Keuangan yang Sering Dihadapi Profesional Muda dan Solusi untuk Mengatasinya

Dengan begitu Anda paling tidak sudah bisa menghemat Rp 15.000.000, di mana nominal tersebut tentu saja sangat besar dan signifikan pengaruhnya terhadap keuangan Anda.

Selain itu, untuk keperluan lain seperti menyewa gedung pernikahan milik rekan, catering, musik, hingga perlengkapan lain seperti bunga dan merchandise.

Libatkan teman dan kenalan Anda sebanyak mungkin dalam kebutuhan pernikahan Anda di mana Anda bisa mendapatkan pelayanan yang jauh lebih baik dan harga yang jauh lebih murah.

Di sisi lain, yang menghadiri pernikahan Anda nantinya adalah teman-teman dan kerabat lain sehingga pastinya lebih berkesan, bukan?

6. Investasikan Dana yang Terkumpul Saat Ini Agar di Kemudian Hari Nilainya Akan Terus Bertambah

Namun, jangan pernah menggunakan seluruh tabungan Anda untuk diinvestasikan apalagi tanpa mempejari resikonya.

Baca Juga: 5 Cara Membiasakan Diri untuk Berinvestasi

Anda masih tetap harus menyediakan dana kas segar untuk keperluan mendadak sebagai dana darurat, dan sisanya bisa Anda investasikan agar nilainya bertambah.

Baca Juga: Belum Pernah dan Ingin Mulai Berinvestasi? Ini 5 Tips Investasi untuk Pemula

Anda bisa mencoba investasi P2P Lending KoinWorks untuk mendapatkan bunga efektif mulai dari 18% per tahun.

Misalnya, bila Anda sudah menentukan tanggal pernikahan yakni di 2 tahun yang akan datang, Anda bisa mulai berinvestasi di KoinWorks sekarang dengan nominal Rp 10.000.000.

Baca Juga: 4 Langkah Mewujudkan Impian dengan Berinvestasi

Dengan nominal sebesar Rp 10.000.000 dan diinvestasikan pada pinjaman dengan tingkat risiko rendah, tanpa diinvestasikan lagi maka dalam setahun ke depan Anda akan mendapatkan pengembalian total sebesar Rp 11.080.000. Itu artinya uang yang Anda investasikan bertambah nilainya sebesar Rp 1.080.000.

Baca Juga: 5 Tips Agar Bisa Berinvestasi Setiap Bulan

Hal tersebut akan berbeda bila Anda hanya menabung uang tersebut di bank, di mana nilainya akan terus tergerus karena biaya administrasi dan sebagainya, juga karena adanya inflasi.

Baca Juga: Tips Investasi di Tahun 2017

Semakin sering Anda menginvestasikan uang Anda, maka semakin besar juga peluang Anda untuk mendapatkan total pengembalian yang lebih besar.

Anda bahkan bisa berinvestasi mulai dari Rp 100.000 di KoinWorks. Untuk menyimulasikan bunga keuntungan Anda bila berinvestasi di KoinWorks, silahkan gunakan kalkulator investasi di bagian paling bawah artikel ini atau klik disini.

7. Manfaatkan Diskon dan Kartu Kredit

Ada kalanya keperluan-keperluan pernikahan dijual dengan potongan harga yang signifikan. Anda harus memanfaatkan diskon-diskon seperti itu dengan rajin mencari informasi seputarnya atau menyempatkan waktu untuk meriset keperluan lengkap dengan harga dan alternatifnya.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Anak Muda Harus Mulai Berinvestasi Sekarang

Terkadang, kartu kredit Anda juga bisa menyumbang potongan harga lewat promo yang diberikannya. Jangan lewatkan kesempatan tersebut namun Anda harus tetap mampu mengontrol diri ketika berbelanja menggunakan kartu kredit.

Berburu diskon untuk pernikahan bisa dilakukan dengan cara berlangganan email di website-website berbagi voucher diskon atau website-website yang memang khusus menjual keperluan pernikahan. Anda bisa memanfaatkan promo-promonya saat hendak membeli keperluan pernikahan, bukan?

Penutup

Nah, itulah tips mempersiapkan dan menghemat biaya pernikahan yang bisa Anda terapkan dari sekarang. Dengan mencoba menerapkan beberapa langkah di atas, kemungkinan besar Anda bisa cepat mengumpulkan biaya pernikahan dan memangkas biaya-biaya yang tidak perlu untuk kebutuhan lainnya.

Bagaimana? Membantu sekali, bukan? Adakah rekomendasi dari Anda yang terlewatkan? Semoga bermanfaat!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.