5 Tips Mencapai Financial Freedom – Keuangan tentu merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan. Sangkin pentingnya, bahkan terkadang ada anggapan bahwa “keuangan yang baik akan menghasilkan kehidupan yang baik pula”.

Hal tersebut tidak bisa dipungkiri sepenuhnya, karena melihat dari kondisi sekarang ini, hampir segala aspek kehidupan membutuhkan uang agar bisa dipenuhi.

Karena itu, orang berebut untuk mendapatkan pekerjaan yang baik agar mampu memenuhi kebutuhannya secara finansial. Di sisi lain, pada akhirnya setiap orang pasti berharap agar bisa bebas secara finansial atau financial freedom.

Apa itu Financial Freedom?

Financial freedom adalah kondisi di mana seseorang bebas secara finansial, dalam artian, keadaan di mana seseorang memiliki kekayaan yang mencukupi segala kebutuhannya untuk hidup tanpa harus bekerja sangat keras dan aktif untuk memenuhi kebutuhan yang sangat dasar seperti makan atau pun membeli pakaian.

Bagi seseorang yang sudah mencapai financial freedom, aset yang mereka miliki dapat menghasilkan uang yang nilainya lebih besar daripada biaya hidupnya.

Dengan financial freedom pula, seseorang bisa melakukan apapun yang ia kehendaki atau pun butuhkan dari segi keuangan.

Contoh seseorang yang sudah mencapai financial freedom itu seperti ini. Bila total pengeluarannya dalam sebulan menembus angka Rp 5.000.000 sedangkan ia mampu menghasilkan Rp 17.000.000 dari asetnya seperti bisnis atau investasi, dan mendapatkan penghasilan dari gajinya sebesar Rp 7.000.000, maka total pendapatannya dalam sebulan adalah Rp 24.000.000.

Sedangkan, untuk menutupi pengeluarannya dalam sebulan, ia hanya perlu mengeluarkan Rp 5.000.000 dari aset yang ia miliki, dan artinya, asetnya masih tersisa sebesar Rp 19.000.000 lagi.

Bila seperti itu, artinya orang tersebut sudah mencapai financial freedom.

5 Tips Mencapai Financial Freedom

tips mencapai financial freedom

Nah sekarang, bila Anda sering bertemu dengan seseorang dengan kondisi seperti itu dan ingin untuk mencapai financial freedom, berikut 5 tips yang bisa Anda coba untuk mencapai financial freedom:

1. Pahami Kondisi Finansial Sekarang

Sebenarnya, tidak penting berapa umur Anda sekarang dan berapa penghasilan yang bisa Anda dapatkan dalam sebulan.

Financial freedom tidak diukur dari berapa besar pendapatan Anda, melainkan, apakah pendapatan tersebut bisa menutupi segala kebutuhan Anda.

Pahami kondisi finansial Anda sekarang mulai dari berapa pengeluaran dan berapa pendapatan Anda. Apakah pendapatan sudah mampu melunasi semua pengeluaran Anda?

Bila belum, maka Anda belum bisa mencapai financial freedom.

Di sisi lain, Anda harus bisa menghitung berapa besar yang masih harus terpenuhi dalam sebulan agar pendapatan bisa lebih besar jumlahnya dibanding pengeluaran.

Dengan begitu, Anda kemudian bisa fokus dalam menentukan tujuan keuangan Anda ke depan.

2. Tentukan Tujuan Keuangan

Tentukan tujuan keuangan Anda terlebih dahulu agar untuk ke depannya Anda bisa lebih mudah dalam menyusun strategi untuk mencapainya.

Misalnya, di bulan ini Anda harus bisa menghemat sekitar 20% dari total pengeluaran Anda di bulan sebelumnya. Kemudian, dalam beberapa bulan ke depan, Anda harus bisa menambah sebesar 40% pendapatan dari pendapatan Anda saat ini.

Anda kemudian dapat menyusun strategi apa yang tepat dan cocok bagi Anda untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut. Sama seperti ketika Anda traveling, Anda sudah harus menyusun itinerary sebelum benar-benar traveling, bukan?

3. Cari Sumber Pendapatan Lain

Menciptakan aset yang mampu menghasilkan pendapatan tentu menjadi salah satu langkah penting untuk mencapai financial freedom.

Setelah Anda menciptakan aset tersebut, biarlah pendapatan dari aset itu yang menutup segala pengeluaran atau kebutuhan Anda.

Sementara, pendapatan pokok digunakan untuk menciptakan aset lain atau pun memenuhi kepentingan lain di luar pengeluaran pokok Anda.

Anda bisa mencoba beberapa hal berikut:

I. Bisnis

Berbisnis adalah cara paling populer dan sering dianggap paling tepat untuk menciptakan sebuah aset baru yang mampu menghasilkan pemasukan.

Baca Juga: Tips Mengelola Pinjaman Agar Bisa Tepat Sasaran Sesuai Tujuan

Maraknya perkembangan kewirausahaan dewasa ini tentu mampu menunjukkan bahwa berbisnis itu penting dan sangat bermanfaat.

Memang, mayoritas bisnis itu pasti membutuhkan modal, besar kecilnya tentu tergantung pada bisnis seperti apa yang ingin Anda bangun.

Baca Juga: 5 Tips Untuk Menghasilkan Ide Bisnis yang Lebih Kreatif

Jangan lewatkan pula bisnis berpotensi besar dengan modal minim seperti bisnis kepenulisan blog, terjemahan, dan masih banyak lagi.

Bila pun Anda ingin memulai sebuah bisnis dengan modal yang relatif besar, sisihkanlah uang Anda untuk dijadikan modal dengan rutin. Atau Anda juga bisa meminjam kepada keluarga dan kerabat.

Baca Juga: Cara Mengajukan Pinjaman di KoinWorks

Anda juga bisa mengajukan pinjaman di KoinWorks dengan bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan. Para investor yang tergabung di KoinWorks akan berbondong-bondong membantu pendanaan bisnis Anda sehingga dapat terpenuhi dengan cepat.

Upayakan agar bisnis Anda memiliki model yang baik sehingga lebih berpotensi untuk maju. Bisnis tersebut kemudian bisa menjadi aset bagi Anda yang mampu menghasilkan pemasukan sehingga Anda lebih dekat untuk mencapai financial freedom.


Ajukan Pinjaman


II. Bangun Passive Income dengan Media Internet

Di internet, apapun kini bisa dijadikan sumber pemasukan. Cara yang paling mudah seperti membuat sebuah media berupa website/blog yang berisi informasi penting dan berguna bagi pembaca.

Bila Anda sering memperbaharui blog tersebut dengan tulisan-tulisan informatif, bukan tidak mungkin Anda bisa menciptakan passive income dari blog tersebut.

Semakin banyak informasi penting dan bermanfaat yang tersedia di blog Anda, semakin banyak pula pembaca yang mengunjungi blog Anda. Kemudian, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari iklan yang terpasang di blog tersebut.

Dengan begitu, blog tersebut bisa menghasilkan pendapatan pasif untuk Anda dan menjadi salah satu aset penting untuk pemasukan Anda.

4. Investasi

Uang yang Anda miliki saat ini tidak akan pernah sama lagi nilainya pada lima tahun ke depan. Hal itu terjadi karena adanya inflasi.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Investasi di KoinWorks

Bila Anda menyimpan uang di bank, nilainya akan terus tergerus entah itu karena potongan pajak, biaya administrasi, hingga inflasi.

Baca Juga: Belum Pernah dan Ingin Mulai Berinvestasi? Ini 5 Tips Investasi untuk Pemula

Namun, bila Anda menginvestasikan uang Anda, uang tersebut seturut waktu akan terus bertambah nilainya. Oleh karena itu, jangan pernah membiarkan uang Anda diam dalam tabungan.

Baca Juga: 4 Langkah Mewujudkan Impian dengan Berinvestasi

Pilihlah instrumen investasi yang cocok dan tepat bagi Anda, seperti investasi emas, saham, properti, hingga investasi online P2P Lending.

Baca Juga: Bagaimana Investasi Mempengaruhi Kehidupan Finansial?

Setiap instrumen tentunya memiliki risiko, oleh karena itu, pelajarilah cara kerja dan risiko masing-masing instrumen investasi sebelum memulai.

Baca Juga: 5 Tips Agar Bisa Berinvestasi Setiap Bulan

Bila Anda mencari investasi online alternatif, P2P Lending di KoinWorks bisa menjadi jawaban yang tepat. Bunga keuntungan yang Anda dapatkan mulai dari 18% bunga efektif per tahun.

Baca Juga:

Tips Investasi di Tahun 2017

Demi terwujudnya financial freedom, investasi tentu menjadi jawaban yang tepat bagi Anda.


Daftar Sekarang


5. Lunasi Segala Hutang

Bila Anda memiliki tagihan atau pun hutang yang masih berjalan, upayakan untuk melunasinya kapan pun Anda memiliki uang yang cukup nominalnya.

Baca Juga:

5 Tips Mempersiapkan Dana Darurat Agar Keuangan Selamat

Pendapatan dari aset yang Anda miliki saat ini paling tidak harus bisa menutupi segala hutang yang masih ada, sehingga financial freedom bisa terwujud.

Itulah tips mencapai financial freedom seperti yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Bagaimana pendapat Anda? Ada yang terlewatkan? Semoga bermanfaat!



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.