5 Tips Mengelola Arus Kas Bisnis Anda – Bila Anda kerap mendapati banyaknya bisnis baru bermunculan maka jangan terkejut karena itulah fenomena atau ‘tren’ yang memang kini marak terjadi.

Hanya saja sayangnya, tidak banyak bisnis baru yang bisa bertahan dalam beberapa tahun ke depan semenjak peluncurannya. Hal tersebut bisa kita lihat manakala 8 dari 10 bisnis tumbang dalam satu atau dua tahun pertama perjalanannya. Bangkrut pun menjadi kata yang populer kemudian.

Baca Juga: 3 Tahapan Sebelum Melakukan Ekspansi Bisnis

Yang mengejutkan adalah, berbagai alasan sukses atau berhasilnya sebuah bisnis merupakan alasan yang umum dan berulang-alang terjadi. Satu di antara sekian banyak alasan yang menyebabkan kegagalan sebuah bisnis adalah ketidakmampuan untuk mengelola arus kas bisnis.

Demi mempersenjatai Anda agar bisa terus bertahan dalam pasang surut perkembangan bisnis, berikut beberapa tips mengelola arus kas bisnis yang seiring waktu harus terus Anda terapkan.

5 Tips Mengelola Arus Kas Bisnis Anda

1. Kontrol Arus Kas Bisnis Dengan Pencatatan yang Rutin dan Jelas

Tips Mengelola Arus Kas Bisnis

Bisnis yang baru meluncur lebih sering melibatkan langsung pemiliknya untuk menangani urusan-urusan administrasi, khususnya persoalan akutansi. Apabila Anda baru saja memulai maka kemungkinan besar Anda-lah yang bertanggung jawab untuk urusan pencatatan.

Jadi, apabila Anda sebelumnya tidak akrab dengan angka, maka belajarlah untuk akrab dengan hal-hal yang mengandung angka. Ini penting untuk perkembangan bisnis Anda, terutama mengelola arus kas bisnis.

Baca Juga: Bagi Pemilik Bisnis Online, 5 Tips Ini Bisa Meningkatkan Penjualan

Kelola arus kas bisnis Anda dengan melakukan pencatatan yang rutin dan jelas. Gunakan alat seperti Microsoft Excel, Google Spreadsheet atau alat tradisional seperti buku akutansi yang pastinya bisa membantu Anda dalam merangkum arus kas bisnis.

Setiap kali Anda mengeluarkan anggaran untuk kepentingan produksi atau operasional bisnis, masukkan ke catatan Anda.

Baca Juga: Jumlah Pengusaha di Indonesia Meningkat, Tapi…

Selain melacak bagaimana performa arus kas bisnis Anda dari waktu ke waktu, nantinya Anda juga bisa meninjau kembali keuangan bisnis sehingga Anda mampu memanfaatkannya untuk merencanakan perkembangan bisnis ke depannya sesuai dengan anggaran.

Pastikan catat setiap pengeluaran dan pemasukan dari bisnis Anda dengan rapi dan jelas. Percayalah, langkah ini sangat membantu!

2. Apabila Anda Memiliki Hutang Bisnis, Segera Lunasi!

menabung

Companies that offer services or products have several pre-project expenses. Whether it is buying images or placing an order for supplies, access to cash is essential.

Bila Anda salah satu dari sekian banyak pebisnis pemula yang baru saja memulai bisnis, Anda mungkin meminjam uang rekan atau dari bank sebagai modal awal bisnis Anda.

Daftar Bacaan:

Namun seturut waktu, terlepas dari pengaruh negatif maupun positif, hutang akan memberikan pengaruh terhadap arus kas Anda.

Tentu sulit mengelola keuangan bisnis apabila dalam satu bulan Anda harus mengalokasikan uang untuk membayar hutang dan mengembangkan bisnis sekaligus.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis di tahun 2017 yang Bisa Diaplikasikan di Pasar Online

Bila Anda memang memiliki hutang, segera lunasi hutang-hutang Anda agar Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Pun begitu, arus kas bisnis Anda pun bisa lebih teratur dan jelas penggunaannya. Dan pastinya, akan jauh lebih produktif dalam memajukan bisnis Anda.

3. Manfaatkan Teknologi dengan Memanfaatkan Metode Pembayaran Cepat

metode pembayaran yang mudah - kartu kredit

Berikan metode pembayaran semudah mungkin kepada para pelanggan Anda. Lupakan pembayaran yang lebih tradisional seperti transfer bank, cek, atau giro dan mulai manfaatkan metode pembayaran melalui internet banking, mobile banking, kartu kredit, Paypal atau bahkan virtual account.

Baca Juga: Women Entrepreneur: 5 Tantangan Kewirausahaan bagi Wanita

Bila Anda menggunakan metode pembayaran pihak ketiga tertentu, yang rata-rata menyediakan link untuk mengakses pembayaran, Anda bahkan dapat menyematkan link pembayaran di invoice atau lewat email yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran lewat link tersebut.

Baca Juga: 5 Buku Bisnis Terbaik untuk Pengusaha yang Wajib Dibaca Selama Liburan

Semakin cepat pembayaran dilakukan oleh pelanggan Anda maka akan semakin cepat uang masuk ke rekening Anda sehingga semakin lancar pula arus kas bisnis. Dengan begitu, perkembangan bisnis pun bisa semakin ditingkatkan.

4. Persiapkan Dana Darurat atau Dana Cadangan

tips mempersiapkan dana darurat

Apabila bisnis Anda belum memiliki dana darurat, maka mulai persiapkan dana darurat untuk bisnis Anda sekarang juga! Akan banyak sekali kendala yang harus dihadapi selama pengembangan bisnis, dan bukan tidak mungkin kendala-kendala tersebut berdampak pada arus kas secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Tips Untuk Menghasilkan Ide Bisnis yang Lebih Kreatif

Contohnya, apabila Anda berbisnis pakaian dan gudang Anda terbakar, sementara musim penjualan tinggi tinggal sebentar lagi. Bagaimana Anda memulihkan bisnis Anda? Dana cadangan tentu akan sangat membantu, bukan?

Baca Juga: 5 Tips Mempersiapkan Dana Darurat Agar Keuangan Selamat

Selalu persiapkan dana cadangan yang siap menyokong bisnis Anda dari keterpurukan terparah sekalipun. Dan dengan begitu bisnis dan arus kas Anda bisa diselamatkan sewaktu-waktu.

5. Dapatkan Tambahan Modal Usaha

investor pasif-investor aktif - investasi p2p lending koinworks

Arus kas bisa bertahan sebagai sebuah masalah terutama ketika produk di inventaris Anda belum laku terjual sepenuhnya, sementara Anda harus mengikuti tren terkini menyoal produk terbaru, membayar gaji karyawan, tagihan listrik dan internet, dan biaya-biaya lain.

Baca Juga: 9 TED Talks Terbaik Untuk Pengusaha dan Leader

Apabila produk belum laku terjual sepenuhnya sementara ada biaya yang harus ditutupi, maka sudah saatnya Anda mengajukan pinjaman bisnis untuk memperlancar arus kas.

Pinjaman jangka pendek seperti yang ditawarkan KoinWorks lewat KoinBisnis dengan sistem Peer to Peer Lending (P2P Lending) mampu menjadi solusi yang tepat, apalagi proses pinjamannya pun mudah dan cepat.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

Selain itu, pinjaman modal usaha persembahan KoinWorks terhitung lebih murah dibandingkan dengan pinjaman dari lembaga keuangan tradisional dengan bunga mulai dari 0,75% per bulan dan tenor dari 6 hingga 24 bulan.

Baca Juga: Cara Mengajukan Pinjaman Bisnis di KoinWorks

Juga, ada kalanya Anda membutuhkan dana untuk kampanye pemasaran, bayar sewa gudang, hingga re-stock barang sementara pemasukan baru bisa didapat sebulan lagi. Pinjaman modal usaha akan sangat berguna untuk menyegarkan arus kas bisnis Anda.

Baca Juga:

5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

Nah, itulah tips mengelola arus kas bisnis Anda agar lebih sehat, terarah, dan mampu membantu mendongkrak perkembangan bisnis. Bagaimana menurut Anda? Apakah tertarik untuk mengajukan pinjaman bisnis di KoinWorks? Mudah!


Tertarik untuk mengajukan pinjaman modal usaha di KoinWorks?

Ajukan Pinjaman


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.