3 Tips Supplier Mengelola Tempo Pembayaran Dengan Bijak

3 Tips Supplier Mengelola Tempo Pembayaran Dengan Bijak

Bagi supplier, tempo pembayaran seperti aliran darah. Setiap supplier berharap agar dibayar tepat waktu dengan tempo sependek mungkin. Ini mimpi indah yang diinginkan agar cash flow bisnis tetap lancar.

Faktanya, 60% supplier telat dibayar menurut PrimeRevenue. Penyebabnya ada banyak, bisa karena buyer yang belum dibayar oleh mitranya, ini sering terjadi dalam bisnis. Selain itu, ada juga yang berkaitan dengan operasional seperti proses approval invoice yang lama dan masih mengelola invoice secara manual. Lakukanlah 3 hal ini untuk mengatasi masalah tersebut. 


Menetapkan syarat dan ketentuan pembayaran yang jelas

Langkah pertama yang harus kamu ambil dalam mengelola tempo pembayaran B2B adalah dengan merumuskan syarat dan ketentuan pembayaran yang sangat jelas. Hal ini penting untuk menghindari kebingungan dan memastikan bahwa mitra bisnis kamu memahami dengan tepat apa yang diharapkan dari mereka. Berikut adalah contoh bagaimana kamu dapat melakukan hal ini:

Pertama, tetapkan syarat dan ketentuan pembayaran yang jelas. Ini meliput beberapa faktor seperti: 

  • Tanggal waktu pembayaran
    Penetapannya tergantung dari kesepakatan antara supplier dan buyer. Dan, biasanya pemberian tempo juga berbeda-beda dari masing-masing bidang bisnis. 
  • Metode pembayaran
    Ini biasanya mengikuti metode yang disediakan supplier, contoh uang tunai atau transfer bank. Alangkah baiknya, jika buyer bisa memilih sendiri metode yang diinginkan. Untuk mewujudkannya, kamu bisa menggunakan platform pembayaran bisnis, agar bisa digunakan langsung tanpa ribet menyediakannya. 
  • Sanksi telat bayar
    Jika diperlukan, Sanksi keterlambatannya biasanya berupa denda sejumlah 1-2% dari jumlah invoice yang belum dibayar. 

Dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan secara eksplisit seperti ini, kedua belah pihak memiliki panduan yang jelas tentang bagaimana proses pembayaran harus berjalan, serta konsekuensi jika ada keterlambatan pembayaran.

Lebih efisien dengan invoice digital

Mengelola proses faktur secara efisien adalah kunci dalam memastikan pembayaran tepat waktu dalam bisnis B2B. Salah satu cara terbaik untuk mencapai ini adalah dengan mengadopsi invoice digital. Ini bermanfaat untuk memperlancar proses penagihan bisnis. 

Invoice digital dapat diprogram untuk mengirimkan invoice secara tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, serta mengingatkan kamu jika ada faktur yang belum dibayar. 

Yang terpenting, bisa tahu kapan invoice akan jatuh tempo. Dengan begitu, kamu bisa mengingatkan buyer untuk membayar invoice sesuai jatuh tempo pembayaran. Bahkan, invoice digital punya pengingat pembayaran otomatis, lebih praktis kan? 

Berikan metode pembayaran kartu kredit

Ada cara efektif untuk mengelola tempo untuk buyer kamu dengan arahkan dengan penggunaan kartu kredit untuk memberikan perpanjangan tempo, tanpa harus mengorbankan cash flow kamu sebagai Supplier. Gimana caranya?

Dengan memanfaatkan produk bank yakni buyer akan membayar invoice dengan kartu kredit, dan mereka akan membayar tagihan sesuai dengan jatuh tempo kartu kredit, sehingga apabila kamu memberikan tempo 5 hari ke buyer

Mereka akan memiliki tambahan tempo dari kartu kredit yang rata sekitar 30-45 hari jadi jika disimpulkan, buyer akan mempunyai total tempo 50 hari (diambil batas batas rata-rata tempo kartu kredit) tanpa perlu kamu sebagai supplier menyediakannya

Dengan begitu, kamu tidak usah memberikan perpanjangan tempo dan menerima pembayaran sesuai jatuh tempo. Ini menjadi jalan terbaik, sekaligus membuat buyer makin betah bertransaksi dengan kamu. 

Kesimpulan

Mengelola tempo pembayaran dalam bisnis B2B dengan bijak adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan keuangan perusahaan kamu. Dengan menetapkan syarat dan ketentuan yang jelas, menggunakan invoice digital, menawarkan insentif untuk pembayaran cepat dan memantau pembayaran secara rutin.

Kamu dapat mengoptimalkan arus kas dan memperkuat hubungan bisnis kamu dengan mitra bisnis kamu. Dengan langkah-langkah ini, perusahaan kamu dapat beroperasi dengan lebih lancar dan lebih efisien dalam ekosistem B2B.

Dapatkan berbagai informasi seputar Daily dan Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.