5 Tips Menghasilkan Ide Bisnis yang Lebih Kreatif – Di dunia bisnis startup, siapapun bisa menjadi legend dalam bidang bisnis. Dengan kata lain, siapa pun yang memiliki ide kreatif bisa sukses dalam berbisnis, membangun startup bermodalkan ide kreatif dan memanfaatkan beragam sumber daya lainnya agar bisa sukses.

Namun, ide kreatif terbesar awalnya muncul di antara ide-ide kreatif lainnya yang lebih kecil namun banyak jumlahnya. Bisa jadi, hari ini Anda memiliki ide kreatif untuk dikonversi menjadi sebuah bisnis, dan besok Anda juga memiliki ide lain yang mungkin berbeda dari ide yang sebelumnya.

Di antara banyak ide bisnis yang kini Anda miliki, adakah ide kreatif yang hebat  bagi Anda hingga layak dijadikan sebuah bisnis yang berpotensi menjadi sebuah bisnis besar dan sukses? Mungkin belum.

Faktanya, musisi besar seperti Mozart dan Beethoven selalu memiliki ide kreatif nan hebat sepanjang hidup mereka. Kita belum tentu bisa seperti mereka, dan oleh karena itu, ketimbang duduk diam menunggu ide bisnis yang lebih kreatif, mari berupaya untuk menghasilkannya. Berikut tips menghasilkan ide bisnis yang lebih kreatif yang patut Anda coba:

5 Tips Untuk Menghasilkan Ide Bisnis yang Lebih Kreatif

1. Berpikir Seperti Seorang Kreator

Seorang kreator kerap menghasilkan sebuah karya baru yang lebih inovatif, unik, dan berbeda dengan yang lain. Seorang seniman bisa dikatakan sebagai kreator sebab dia menghasilkan sebuah karya yang unik dan berbeda dari yang lain, meskipun konsepnya serupa. Ia terus-menerus mendapatkan inspirasi karena ia berada di antara karya-karya seni lain dari sesama seniman.

Seniman, yang satu dengan yang lain, selalu memberi dan menerima masukan, sehingga mereka pun terpacu untuk menjadi lebih kreatif dalam berpikir hingga pada akhirnya menghasilkan ide yang lebih kreatif.

Nah, Anda tidak perlu menjadi seorang artis agar bisa menghasilkan ide bisnis yang lebih kreatif. Anda hanya perlu membiasakan diri untuk berpikir seperti seorang kreator. Seorang kreator pada umumnya merangkum beragam ide yang ia miliki ke dalam sebuah daftar. Ia selalu berpikir untuk menciptakan sesuatu.

Menciptakan sesuatu mampu memunculkan beragam kemungkinan dan bisa membuka pikiran Anda terhadap sesuatu yang baru, sehingga pada akhirnya Anda bisa memunculkan ide kreatif Anda sendiri untuk kemudian dijadikan ide bisnis.

2. Peka Terhadap Masalah Bersama dan Cari Solusinya

Langkah mudah dan sangat efektif untuk menghasilkan ide bisnis yang lebih kreatif adalah dengan memekakan diri terhadap masalah bersama dan mencari solusinya. Peer to Peer Lending (P2P) tidak akan lahir jika tidak ada masalah pada pencarian pembiayaan untuk berbagai kebutuhan, atau pun berinvestasi dengan cara yang mudah dan aman.

Anda harus peka terhadap masalah bersama. Apa yang ingin dilakukan/didapatkan seseorang tetapi memiliki masalah dalam prosesnya. Jika Anda mampu peka terhadap permasalahan-permasalahan yang dialami baik oleh Anda sendiri maupun orang-orang di sekitar Anda, carilah solusi yang tepat untuk mengetahui beragam permasalahan tersebut.

Jika Anda mampu melakukannya maka Anda sudah menghasilkan ide bisnis yang lebih kreatif. Lalu, ubah solusi tersebut menjadi sebuah bisnis dan jalankan serta teruslah kembangkan.

3. Peka Terhadap Lingkungan Sekitar

Tak jauh berbeda dengan langkah di atas, Anda harus peka terhadap lingkungan sekitar untuk menghasilkan ide bisnis yang lebih kreatif. Pantau lingkungan tempat tinggal Anda; apa yang sangat dibutuhkan orang-orang sekitar namun masih belum tersedia?

Misalnya, jarak sebuah kafe atau rumah makan sangat jauh dari lingkungan tersebut. Anda bisa membangun kafe atau rumah makan untuk dijadikan bisnis.

Dengan kemampuan untuk peka terhadap lingkungan sekitar, Anda nantinya pasti bisa menghasilkan ide bisnis yang lebih kreatif dan mampu meraup keuntungan darinya jika dikembangkan dengan baik.

4. Perbanyak Networking dengan Orang Sukses

Ada sebuah pepatah; “If you’re the smartest person in the room, then you’re in a wrong room.” Carilah kenalan atau teman dari kalangan orang-orang sukses. Bergaul dengan orang sukses sedikit banyak akan mempengaruhi kepribadian Anda untuk keep up, dalam artian berpacu untuk mampu ‘bersaing’ dengannya.

Orang sukses memiliki pengalaman berharga yang bisa ia bagikan kepada Anda, yang nantinya bisa membuat Anda terinspirasi  untuk berusaha. Dari pergaulan Anda dengna orang-orang sukses juga Anda bisa mengumpulkan beragam informasi dan pengalaman yang sangat bermanfaat yang bisa Anda konversi menjadi ide bisnis.

5. Minta Pendapat dari Orang-Orang Terpercaya

Jika Anda sudah mendapatkan ide bisnis namun masih ragu dengan potensinya, mintalah pendapat dari orang-orang kepercayaan Anda. Masukan mereka akan sangat berarti untuk menutup ‘ini-itu’, menutup kekurangan yang bisa saja muncul dan potensi kendalanya nanti.

Dengan masukan-masukan itu pula ide bisnis Anda bisa berkembang menjadi lebih baik dan minim kekurangan, inovatif, dan pastinya lebih kreatif.

Ketika Anda meminta pendapat orang lain, secara tidak sadar Anda dan mereka melakukan brainstorming, dan dengannya, ide bisnis yang semula Anda anggap biasa-biasa saja menjadi sangat berpotensi untuk maju. Namun ingat, untuk urusan ide bisnis, tidak semua orang bisa Anda percayai.

Mintalah pendapat hanya dari orang yang benar-benar bisa Anda percaya seperti keluarga maupun kerabat dekat, karena bisa saja ide Anda dicontek dan dikonversi menjadi bisnis tanpa sepengetahuan Anda, yang justru dijalankan mendahului Anda. Padahal idenya merupakan ide Anda.

Penutup

Nah, dengan menghasilkan ide yang lebih kreatif, Anda tidak perlu takut bersaing dan tidak perlu takut bahwa bisnis Anda tidak potensial untuk dikembangkan. Sekreatif apapun ide bisnis yang muncul, jika tidak dijalankan dan dikembangkan dengan baik, tetap saja tidak akan berjalan dengan baik.

Jadi, sembari mencari ide bisnis yang kreatif, Anda juga harus memikirkan bagaimana cara menjalankan dan mengembangkannya kelak jika benar-benar dijalankan.

Jika Anda membutuhkan pendanaan untuk mengembangkan bisnis, Anda bisa bergabung dengan KoinWorks sebagai peminjam dana, di mana bisnis yang Anda jalankan bisa didani secara gotong-royong oleh para pendana di KoinWorks. Baca informasi menjadi peminjam dana selengkapnya di KoinWorks.

Semoga sukses!



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?