Bagi Pemilik Bisnis Online, 5 Tips Ini Bisa Meningkatkan Penjualan – Pasar yang luas dan kemudahan dalam penjualan menjadi manfaat terbesar bagi pemilik bisnis online. Bahkan, siapapun bisa menjadi pemilik bisnis online dewasa ini, apapun bentuk bisnisnya.

Sadar atau tidak, sudah banyak sekali bisnis online bertebaran, mulai dari yang paling umum berbentuk toko online atau retail, content marketing, influencer, jasa digital, dan sebagainya.

Baca Juga: Jumlah Pengusaha di Indonesia Meningkat, Tapi…

Bila Anda merupakan seorang pemilik bisnis online di bidang retail, beberap tips ini bisa dicoba untuk meningkatkan penjualan.

5 Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

tips meningkatkan penjualan bisnis online

1. Bangun Reputasi

Karena toko online pun sudah banyak sekali jumlahnya, Anda tentu harus bersaing dengan beragam pemilik bisnis online, terutama dengan mereka yang menjual produk yang mirip dengan yang Anda jual.

Reputasi yang baik harus segera Anda bangun bahkan saat Anda baru mulai berjualan online. Meskipun Anda sudah cukup lama menjalankan bisnis, reputasi yang baik akan menjadi kekuatan Anda bila dibangun dengan baik, terutama meningkatkan kepercayaan di tengah-tengah pelanggan Anda.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis di tahun 2017 yang Bisa Diaplikasikan di Pasar Online

Jawab setiap pertanyaan calon pelanggan Anda dengan baik. Berikan penjelasan detil tentang produk yang Anda jual. Tidak penting apakah mereka akan membeli produk dari toko Anda atau tidak, yang pasti, pelayanan terbaik Anda akan menjadi sesuatu yang diingat.

Selain itu, berikan penjelasan yang jujur tentang produk Anda baik dari personal message maupun melalui deskripsi produk.

Baca Juga: Women Entrepreneur: 5 Tantangan Kewirausahaan bagi Wanita

Bila Anda tidak jujur dalam menjajakan produk, orang-orang mungkin saja akan membeli produk Anda sekali, namun tidak akan pernah kembali lagi ke toko Anda di kesempatan lainnya.

Reputasi yang buruk juga kemungkinan besar akan Anda dapatkan lewat customer feedback atau review, oleh karena itu, seriuslah dalam membangun reputasi bisnis online Anda dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 5 Tips Untuk Menghasilkan Ide Bisnis yang Lebih Kreatif

Hal terakhir yang perlu Anda ingat adalah soal pengiriman barang. Pelanggan Anda tidak ingin terlalu lama menunggu hingga barang pesanannya sampai di alamatnya, sehingga lakukanlah pengiriman barang sesegera mungkin setelah Anda menerima pesanan.

2. Target Pasar yang Tepat

Apa yang Anda jual? Seperti apa pasar yang Anda target? Perlu untuk menentukan target pasar agar Anda bisa lebih terarah dalam menjual produk.

Menentukan target pasar misalnya dari segi jenis kelamin, umur, wilayah, hingga profesi bisa menjadi bantuan besar dalam meningkatkan penjualan bisnis online Anda.

Baca Juga: 5 Buku Bisnis Terbaik untuk Pengusaha yang Wajib Dibaca

Menentukan target pasar yang tepat juga akan membantu Anda dalam memanfaatkan media promosional atau pengiklanan online.

Tidaklah bijak apabila Anda menjual mainan anak-anak sementara Anda menargetkan ibu-ibu berumur 30 tahun ke atas di iklan yang sudah Anda pasang.

Coba analisa target pasar Anda dengan baik. Anda bisa melakukan riset sederhana dengan menganalisa pembeli yang biasa paling banyak membeli produk seperti yang Anda jual. Analisa profil dasar mereka, usia, dan sebagainya.

Baca Juga: 9 TED Talks Terbaik Untuk Pengusaha dan Leader

Dengan begitu, apapun yang dijual nantinya bisa memudahkan Anda dalam mencari pasar yang tepat, menentukan ide pemasaran, dan sebagainya sehingga penjualan Anda bisa semakin meningkat.

3. Manfaatkan Juga Periklanan Online

Periklanan online seperti yang disediakan Facebook maupun Google tersedia dengan harga yang terjangkau. Selain itu, ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan.

Apalagi, tingkat aktivitas pengguna dalam memanfaatkan media internet baik berupa media sosial maupun blog/website informatif sangat tinggi.

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan Bisnis Untuk 3 Tahun Pertama

Misalnya, apabila Anda menggunakan jasa periklanan Facebook dan beriklan di Facebook sendiri maupun Instagram, Anda bisa mendapatkan return on investment (ROI) yang memuaskan. Katakanlah dengan budget beriklan sebesar Rp 500.000 Anda bisa mendapatkan puluhan ribu reach dan puluhan penjualan.

Hal tersebut akan bergantung pada profil yang Anda targetkan. Inilah pentingnya Anda menentukan target pasar yang tepat seperti yang telah dijelaskan dalam poin nomor 2 di atas.

Apabila Anda menjual produk fashion, pasang juga iklan di Instagram menampilkan foto model yang menggunakan produk Anda.

Baca Juga: Tips Mengoptimalkan Dana Pensiun Untuk Bisnis

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan periklanan yang disediakan oleh Google seperti Google Adwords yang sifatnya lebih kontekstual, baik berupa text link ads maupun display ads.

Semakin sering produk Anda dilihat melalui media iklan akan semakin dikenal brand produk yang Anda jual, dan semakin besar juga peluang Anda dalam meningkatkan penjualan.

4. Manfaatkan Influencer

Pernah mendengar istilah endorsement? Teknik ini sudah umum digunakan oleh para pemilik bisnis online, tentu Anda pun tidak boleh ketinggalan.

Metode endorsement ini sebenarnya sederhana. Anda tinggal memilih influencer yang memiliki pengikut yang banyak di media sosialnya. Hubungi influencer tersebut dan tawarkan dia untuk membantu promosi produk Anda di halaman media sosialnya.

Baca Juga: Apa itu Debt Stacking dan Bagaimana Cara Menerapkannya?

Salah satu media sosial yang menjadi gudangnya para influencer adalah Instagram. Tidak heran apabila Anda sering melihat foto-foto seseorang dengan menggunakan produk tertentu. Itulah yang namanya endorsement.

Selain Instagram, manfaatkan juga blogger. Apabila Anda menjual produk fashion misalnya, hubungi fashion blogger yang sudah cukup populer dan memiliki banyak pengikut dan minta dia untuk melakukan review terhadap produk Anda beserta foto-fotonya.

Baca Juga: Apa itu Debt Snowball dan Bagaimana Cara Menerapkannya dengan Baik?

Selain Instagram dan Blog, bila Anda memiliki budget lebih untuk periklanan, Anda juga bisa memanfaatkan influencer di Youtube untuk melakukan review dalam format video. Dengan begitu, produk Anda perlahan akan semakin dikenal dan mampu meningkatkan penjualan.

5. Lakukan Ekspansi Bisnis

Apabila Anda selama ini hanya menjual kemeja, coba lakukan ekspansi dengan menjual celana jeans, jaket parka, sepatu kulit, dan produk fashion lainnya yang mampu saling melengkapi.

5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

Ekspansi penting dilakukan guna memastikan bahwa bisnis Anda lebih siap dalam menghadapi tren baru dan perkembangan bisnis yang penuh persaingan.

Baca Juga: Tips Mengelola Pinjaman Agar Bisa Tepat Sasaran Sesuai Tujuan

Meningkatkan jumlah produk di inventaris bisa menjadi salah satu langkah yang harus Anda lakukan selama menjalani tahap ekspansi bisnis.

Selain toko online Anda lebih lengkap dalam hal variasi produk, meningkatkan inventaris produk juga akan membuat bisnis Anda lebih siap dalam promo-promo yang diselenggarakan oleh online marketplace tempat Anda berjualan.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

Terutama Lazada, yang merupakan salah satu mitra kebanggaan KoinWorks, yang sering mengadakan promo besar-besaran ke konsumen, sehingga Anda sebagai pemilik bisnis online dituntut untuk terus mampu menyediakan stok produk dalam menghadapi permintaan pembeli.

Apabila Anda membutuhkan tambahan modal usaha selama melakukan ekspansi tersebut, pinjaman modal usaha tentu menjadi salah satu jawaban terbaik. KoinWorks menyediakan pinjaman modal usaha dengan bunga mulai dari 0,75% hingga 1,67% per bulan.

Pemilik bisnis online seperti Anda yang sedang fokus dalam melakukan ekspansi bisnis dapat mengajukan pinjaman di KoinWorks secara online tanpa jaminan hingga Rp 500 juta tanpa perlu mendatangi kantor KoinWorks.

Oleh karena itu, tentu akan sangat menghemat waktu Anda, bukan? Dan Anda pun nantinya bisa tetap fokus dalam melayani pesanan pelanggan.


Ajukan Pinjaman


Menerapkan 5 tips di atas dengan baik pastinya akan membantu Anda dalam meningkatkan penjualan dari waktu ke waktu, sehingga cita-cita Anda dalam berbisnis bisa cepat terpenuhi. Semoga bermanfaat!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.