3 Tips Sukses Berbisnis ala George Peabody yang Jadi Google Doodle Hari Ini – Jika membuka laman utama Google hari ini, Jumat (16/3/2018), Anda akan menemukan doodle bergambar George Peabody.

Peabody yang dikenal sebagai bapak filantropi modern ini lahir di Massachusetts, Amerika Serikat, 18 Februari 1795.

Baca juga: Mau Mendapatkan Inspirasi Soal Bisnis? Tonton 5 Film untuk Womanpreneur Ini

Semasa hidup, ia membangun museum sejarah, juga pemukiman bagi masyarakat di London. Selain terkenal karena kedermawanannya, rupanya ia juga sukses berbisnis.

Berikut ini adalah 3 tips sukses berbisnis ala George Peabody yang jadi Google Doodle hari ini.

3 Tips Sukses Berbisnis ala George Peabody yang Jadi Google Doodle Hari Ini

1. Jangan takut memulai bisnis, meski dari nol

orang sukses - bebas finansial - financial freedom - miliarder - menjadi jutawan - pepatah bijak tionghoa - Kesuksesan Xiaomi

George Peabody dulunya hidup di tengah kemiskinan. Ekonomi keluarganya pun terpuruk ketika Perang Saudara sedang terjadi di Amerika Serikat.

Nah, karena dirinya tidak bisa mengenyam pendidikan yang layak di sekolah, ia pun memutuskan untuk bertolak ke New York dan bekerja di toko pakaian Newburyport.

Baca juga: 5 Tantangan yang Dihadapi Womanpreneur dan Cara Menaklukkannya

Sayang, pada 1811, toko tersebut habis terbakar dan Peabody pindah bekerja ke Georgetown di Washington DC. Ia bekerja di gudang grosir pakaian.

Kemudian, pada 1814, ia menjadi mitra bisnis grosir tersebut dan pada 1829 ia menjadi mitra senior sebuah bisnis yang sudah punya cabang di Philadelphia dan New York City.

Baca juga: Bisnis Gagal? Simpan 5 Pepatah Bijak Tionghoa yang Bikin Anda Semangat Lagi!

Berkat kerja keras dan kehausannya akan berbagai pengetahuan, ia berhasil meraih kesuksesan dalam bisnis dan keuangan, khususnya saat ia bergabung di sebuah firma investasi.

Bisnis yang dijalaninya semakin lama semakin berkembang. Ia tidak takut memulai sesuatu yang baru, meski dari nol sekalipun.


2. Rajin-rajinlah membaca buku

buku bisnis terbaik untuk pengusaha - buku untuk pebisnis online - buku tentang bisnis

Selain sibuk mengembangkan bisnisnya, George Peabody rupanya senang menghabiskan waktu untuk membaca buku di perpustakaan Y.M.C.A.

Bahkan, saking seringnya ia menggali beragam ilmu dan pengetahuan di sana, sampai-sampai ia menyebut perpustakaan itu sebagai almamaternya.

Baca juga: Siapa Sangka, Winnie the Pooh Membocorkan 5 Pelajaran Berharga Soal Bisnis untuk Anda

Ini juga merupakan tips sukses berbisnis yang patut Anda tiru. Meski tidak memiliki dana dan akses pendidikan yang luas di masa kecil, Peabody tak pernah surut semangatnya dalam menuntut ilmu.


3. Turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial

pendidikan - guru mengajar

Biasanya, setiap perusahaan memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR). Hal ini jugalah yang dilakukan Peabody. Meski dirinya berhasil bangkit dari keterpurukan ekonomi, ia tidak pernah melupakan masa lalu yang penuh kemiskinan.

Apalagi, arus modernisasi dan kapitalisasi di Inggris membuat terjadinya urbanisasi besar-besaran sehingga masalah sosial, seperti pengangguran, gelandangan, dan tunawisma kian meningkat.

Baca juga: Gunakan 4 Kata Ajaib Ini untuk Meroketkan Penjualan Bisnis Anda

Karenanya, Peabody pun aktif dalam kegiatan sosial yang lebih berfokus pada kemajuan pendidikan.

Sampai-sampai, pada 1867 Peabody dianugerahi penghargaan Congressional Gold Medal karena ia menyumbangkan 2 juta dolar AS untuk kepentingan pendidikan. Jumlah itu setara dengan 36 juta dolar AS saat ini.

Baca juga: Stephen Hawking Meninggal Dunia, Ini 5 Kutipan Berharga Soal Bisnis Darinya

Hal ini tentu saja bisa Anda lakukan, mengingat CSR merupakan komitmen perusahaan dalam berkontribusi demi pengembangan ekonomi atau bidang lainnya.

Dengan demikian, ada kontribusi lebih yang bisa Anda berikan. Bukan hanya untuk konsumen Anda, melainkan untuk masyarakat.

Seperti yang disadari, mengembangkan bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada kalanya Anda menemui kesulitan di tengah jalan, misalnya kesulitan modal usaha.

Baca Juga: 4 Alasan Pentingnya Manajemen Keuangan untuk Bisnis Anda

Jika membutuhkan pinjaman modal usaha demi masa depan bisnis Anda, mengapa tidak mengajukan platform P2P Lending seperti KoinWorks? KoinWorks dapat memberikan pinjaman modal usaha hingga Rp 2 miliar. Bunga yang ditawarkan mulai 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Dengan adanya tambahan modal usaha, Anda bisa lebih mudah untuk mencapai segala tujuan dalam bisnis.

 


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.