Ikuti Tips Sukses Investasi Ini Agar Investasi Anda Bisa Lebih Menguntungkan – Memiliki aset lebih merupakan salah satu hal dasar bagi kebanyakan orang untuk mulai berinvestasi. Investasi sendiri pun terdiri dari bermacam-macam jenis.

Dewasa ini, dengan perkembangan teknologi dan internet, jenis investasi semakin ramai dengan munculnya platform investasi yang berbasis online. Meski memang tidak semuanya ama sepenuhnya untuk digunakan.

Pada dasarnya, orang-orang memutuskan untuk mulai berinvestasi karena berniat untuk mengembangkan aset yang kini ia miliki. Berbagai jenis investasi bisa menjadi pilihan, mulai dari jenis investasi tradisional maupun online.

Namun, Anda tidak akan pernah sukses berinvestasi jika tidak memiliki rencana yang matang dengannya, terutama bila memilih platform investasi bodongan.

Tips Sukses Investasi : 8 Pertimbangan Dasar Ketika Berinvestasi

1. Melalui Lembaga yang Diawasi OJK

Yang pertama sekali yang harus Anda ingat sebelum mulai berinvestasi adalah, Anda harus memilih platform investasi melalui lembaga yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti KoinWorks.

Dengan begitu, Anda sebagai investor nantinya bisa lebih memahami seberapa besar potensi resiko yang akan Anda alami ketika berinvestasi, bagaimana prosedurnya, dan apa yang akan Anda dapatkan saat berinvestasi nanti. Juga, bisa jauh dari ancaman investasi bodongan/penipuan.

2. Pahami Resiko

Dengan memahami resiko investasi, Anda siap untuk jadi lebih sukses ketika berinvestasi. Kemudian, tentukan juga orientasi dan tujuan dari investasi yang akan Anda lakukan.

3. Jangka Waktu

Ada tiga jangka waktu investasi secara dasar. Ketiganya merupakan investasi jangka waktu pendek, investasi jangka waktu menengah, dan investasi jangka waktu panjang. Tentu, masing-masing investasi berjangka tersebut memiliki ketentuan dan kekurangan-kelebihan masing-masing, tergantung pemahaman dan kesiapan Anda.

4. Instrumen Investasi

Pilihlah instrumen investasi yang tepat bagi Anda. Misalnya instrumen emas, kebun jati, atau pun investasi properti.

5. Mulai Dari yang Kecil

Kebanyakan orang gagal berinvestasi karena minim pengalaman dan langsung mengalokasikan dana yang besar untuk satu instrumen. Alih-alih beruntung, orang-orang malah rugi bahkan sampai berhutang. Oleh karena itu, carilah model investasi yang memungkinkan Anda untuk mulai berinvestasi dengan nilai yang kecil.

Di KoinWorks Anda bisa mulai berinvestasi dari Rp 100.000,- sekaligus membantu pengembangan UKM lokal, membantu kesehatan, dan membantu pendidikan dalam hal pendanaan bisnis, pendanaan kesehatan hingga pendanaan pendidikan.

6. Diversifikasi

Banyak investor sukses, terutama Warren Buffet, menganjurkan metode diversifikasi ketika berinvestasi. Dengan metode ini, Anda hanya perlu berinvestasi di tempat yang berbeda-beda, yang menurut analisa Anda, tujuan investasi itu masing-masing memiliki potensi.

Diversifikasi meminimalisir kerugian investasi Anda jika pun memang harus rugi, sebab ketika Anda rugi di A namun B untung, keuntungan dari B bisa menutupi kerugian di A. Inilah pentingnya metode diversifikasi bagi seluruh investor, termasuk Anda.

7. Mulai Dengan Uang Sendiri

Ini penting. Jika Anda hendak berinvestasi maka Anda harus mulai dengan uang sendiri. Jangan menginvestasikan dana yang dipinjam dari berbagai sumber, terutama dari bank.

Alasannya, dana pinjaman dari bank memiliki bunga, dan ketika Anda berinvestasi dengan dana tersebut, jangka waktu yang Anda butuhkan untuk mendapatkan keuntungan akan relatif lama dan bunga pinjaman dari bank akan terus bertambah.

Sehingga nantinya justru akan merusak margin keuntungan dari investasi yang Anda lakukan. Belum lagi jika terdapat kendala di kemudian hari.

8. Teruslah Belajar

Anda harus mempelajari dasar-dasar investasi sebelum memulai. Jika pun sudah sempat berinvestasi, teruslah belajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan investasi. Dengan begitu Anda memiliki pengetahuan untuk menganalisa resiko serta untung-rugi investasi yang akan Anda jalani.

Itulah beberapa tips sukses investasi untuk membantu Anda agar investasi yang Anda lakukan bisa lebih menguntungkan. Adakah yang terlewatkan? Semoga bermanfaat.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.