Home Daily 7 Tips Travelling Dengan Teman yang Memiliki Budget Berbeda

7 Tips Travelling Dengan Teman yang Memiliki Budget Berbeda

•

7 Tips Travelling Dengan Teman yang Memiliki Budget Berbeda – Travelling merupakan salah satu cara tepat melarikan diri dari penatnya aktivitas sehari-hari.

Kamu bisa pergi travelling seorang diri, bersama keluarga, bersama pasangan, atau bersama teman-teman dekat kamu. Walaupun jika dibandingkan dengan pergi sendiri, bagi sebagian orang, pergi berkelompok justru dirasa tidak nyaman dan sering menyebabkan konflik.

Hal tersebut terjadi karena beberapa sebab, salah satunya karena perbedaan budget yang akhirnya menumbuhkan perbedaan-perbedaan lainnya ketika berada di tengah-tengah situasi liburan.

Nah, KoinWorks punya tips travelling dengan teman yang memiliki budget liburan berbeda dengan kamu. Perhatikan 7 tips berikut ini!


7 Tips Travelling Dengan Teman yang Memiliki Budget Berbeda

1
Saling Terbuka Tentang Anggaran yang Dimiliki

Membatasi Pengeluaran

Komunikasi itu penting. Kamu tidak akan tahu isi hati teman kamu apabila kamu tidak saling berkomunikasi.

Sebelum memulai travelling, sebaiknya bicarakan terlebih dahulu tentang tujuan, anggaran, dan ide masing-masing. Lakukan perencanaan ini dari jauh-jauh hari untuk meminimalisir konflik dan ketidaknyamanan antara kalian, sehingga travelling kamu dan teman kamu bisa berjalan dengan lancar.

Misalnya, kamu memiliki budget Rp2.000.000 sementara teman kamu memiliki budget Rp6.000.000 untuk satu kali travelling ke luar kota. Jangan lupa rencanakan segala hal, mulai dari transportasi, akomodasi, dan kebutuhan lainnya. Seharusnya kamu dan teman kamu bisa mengambil jalan tengah sebagai solusi permasalahan “beda budget” ini.

Memilih transportasi dan penginapan yang tidak terlalu mewah bisa menjadi solusi. Bahkan sekarang sudah banyak hotel atau hostel yang berharga murah namun kualitasnya hampir bisa disebut mewah, lho!


2
Diskusikan Prioritas Perjalanan Masing-Masing

tips traveling setiap tahun

Setiap orang memiliki prioritas masing-masing. Seringkali saat travelling, perbedaan prioritas ini menjadi masalah yang cukup besar karena tidak adanya rasa toleransi.

Usahakan untuk melakukan diskusi dengan kelompok travelling kamu, di mana setiap orang dari kamu akan berbagi tentang hal yang harus dilakukan dan yang bisa/tidak bisa dilakukan. Setelah berdiskusi, barulah kalian bisa menentukan keputusan yang tepat dan saling menguntungkan.

Alangkah lebih baiknya, jika memang rencana kamu dan teman kamu tidak dapat disatukan, serta prioritas kamu atau teman kamu tidak diterima dengan baik, lebih baik lakukan kegiatan yang merupakan prioritas kamu secara terpisah.

Pada intinya, lakukan apa yang kamu mau dan biarkan teman kamu melakukan apa yang ia mau. Asal semuanya masih dalam kesepakatan bersama, di mana kalian sudah menentukan di hari apa kalian akan melakukan kegiatan terpisah itu.


3
Manfaatkan Kegiatan Minim Budget

traveling gaji pas-pasan2

Bagi kamu yang memiliki banyak anggaran travelling, bukan berarti kamu harus menghabiskan anggaran tersebut. Tidak ada peraturan yang menulis bahwa liburan harus mahal. Bahkan kalau bisa menghemat, itu lebih baik.

Tidak ada salahnya untuk merencanakan beberapa aktivitas yang mengeluarkan sedikit biaya atau bahkan tidak memerlukan biaya sama sekali. Memangnya ada? Hmm, ada kok.

Sebagai contoh, kamu bisa memanfaatkan transportasi umum untuk menuju kota wisata (alih-alih menggunakan taksi). Kamu juga bisa mengelilingi kota dan menikmatinya hanya dengan berjalan kaki atau menggunakan tumpangan bebas biaya alias gratis! Seru ‘kan?

Selain hemat biaya, kamu akan disuguhkan berbagai pemandangan menarik yang belum pernah kamu temukan sebelumnya. Sungguh pengalaman baru!


4
Berbagi Promo Perjalanan dan Promo Penginapan

Hati-Hati Dengan Tawaran

Berbagi itu indah. Sama seperti berbagi promo/potongan harga perjalanan atau akomodasi untuk teman kamu, sehingga kalian bisa pergi travelling bersama tanpa khawatir soal budget yang terbatas.

Dengan berbagi promo perjalanan dan akomodasi, kamu bisa sekaligus meringankan beban biaya travelling teman kamu yang tidak memiliki banyak budget untuk liburan. Sebab, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada tinggal di hotel yang sama bersama teman-teman bukan?

Jauhkan gengsi dan rasa tidak enak di dalam diri kamu. Dengan melakukan cara ini, kamu dan teman kamu akan lebih bisa menikmati perjalanan dengan lancar dan menyenangkan!


5
Jangan Takut Berpisah di Beberapa Waktu Travelling

Ikuti Tips Ini Supaya Kamu Bisa Pergi Liburan Setiap Tahun!

Travelling dengan teman memang sering kali dijadikan waktu berkumpul bersama, bahkan sampai 24/7. Padahal tidak seharusnya begitu. Kamu bisa kok pergi ke suatu tempat sendiri dan sebaliknya, teman kamu juga bisa pergi tanpa kamu.

Biasanya semua itu terjadi jika kalian tidak mungkin atau tidak dapat melakukan suatu ‘hal’ tersebut secara bersama-sama. Entah karena anggaran yang tidak sesuai atau memang aktivitas tersebut di luar dari perencanaan kalian bersama.

Misalnya, kamu merasa bosan dan bingung akan melakukan apa di hotel, sedangkan hari sudah hampir tengah malam.

Teman kamu menyarankan untuk singgah di kafe 24 jam untuk menghabiskan malam yang membosankan ini, tapi kamu tidak memiliki anggaran lebih untuk membeli makanan dan minuman di kafe. Kamu pun memberi solusi lain agar pergi ke alun-alun dan duduk bersantai menikmati angin malam sambil bercengkerama.

Namun, ternyata tidak ada kesepakatan di antara kalian, maka ini saatnya kamu menentukan pilihan. Tidak pergi sama sekali, atau tetap pergi tapi dengan tujuan masing-masing.

Tenang, tidak ada yang salah dengan ini. Kamu dan teman kamu perlu menjadwalkan waktu luang saat travelling. Jangan lupa untuk melakukan musyawarah untuk mufakat dengan teman kamu itu.


 

6
Perhatikan Aktivitas Kuliner

7 Pekerjaan Ini Cocok untuk Anda Si Pencinta Kuliner (1)

Keseruan dari travelling yaitu ada pada saat kamu bisa mencicipi semua jenis makanan khas yang ada di sekitar penginapan kamu.

Mahal belum tentu enak. Jadi, bukan tidak mungkin kamu menghindari makanan murah di pinggir jalan. Selain itu, kamu juga bisa membuat sendiri di dapur bersama teman kamu. Walaupun terasa sulit dan merepotkan, ini bisa menjadi sebuah kenang-kenangan yang mengasyikkan untuk kamu bagikan ke media sosial.

Namun, kamu tidak boleh egois. Jika teman kamu tetap ingin menikmati kuliner di restoran mahal, kamu harus bisa menasihatinya (sebagai teman yang baik) untuk menghemat dan menyarankan solusi lain.

Bilang saja pada teman kamu itu, sisa uang yang dihemat tersebut bisa dialokasikan untuk mendanai di KoinWorks, salah satu fintech P2P Lending yang sudah berizin resmi OJK. Siapa yang tidak mau mendapatkan imbal hasil hingga 21,32% per tahun? Hitung-hitung juga berkontribusi meningkatkan perekonomian bangsa ini ‘kan?


7
Bagi Tagihan Secara Adil

7 Tips Travelling Dengan Teman yang Memiliki Budget Berbeda

Adil berarti seimbang dan tidak berat sebelah. Adil bukan berarti sama rata.

Misalnya, saat travelling kamu berkunjung ke sebuah restoran. Kamu hanya memesan salad, sedangkan teman kamu memesan daging sapi sebagai menu makan malamnya. Dalam kasus seperti ini, tidak berlaku pembagian 50/50. Bayarlah sesuai dengan apa yang kamu pesan.

Seperti halnya ketika kamu pergi berbelanja di supermarket. Tentu saja kamu akan mengambil bahan makanan dan barang-barang yang sesuai dengan budget kamu dan kemampuan kamu, kan?

Nah, tips travelling dengan teman yang satu ini harus kamu perhatikan lagi. Membagi tagihan secara adil perlu menjadi fokus utama. Kebanyakan orang malas menghitung dan menyesuaikan dengan budget, akhirnya keuangan jadi minus dan merasa menyesal pergi travelling.

Tujuan travelling adalah untuk bersenang-senang. Jangan sampai uang menjadikan pertemanan kamu hancur seketika.

Sampaikan walaupun berat. Diskusikan segala hal yang melibatkan kamu dan teman kamu, termasuk anggaran travelling. Bersikaplah terbuka, jangan ada yang disimpan sendiri karena itu akan membebankan diri kalian masing-masing.

Mau bagaimana pun, hubungan pertemanan kamu adalah yang utama.

Nah, bagaimana tips travelling dengan teman yang memiliki budget berbeda di atas? Semoga bermanfaat dan bisa menjadi acuan untuk kamu pergi travelling!



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.