5 Tujuan Keuangan Anak Zaman Sekarang, Wajib Punya!

anak muda - milenial

5 Tujuan Keuangan Anak Zaman Sekarang, Wajib Punya! – Punya tujuan keuangan adalah hal yang harus semua orang miliki, apalagi jika Anda masih tergolong masuk usia muda. 

Berapa pun gaji yang didapatkan setiap bulannya, besar atau kecil, Anda harus menentukan apa tujuan keuangan yang mau dicapai. Tak hanya buat Anda menjadi lebih bersemangat, tetapi juga fokus terhadap masa depan keuangan. 

Dengan memiliki tujuan, keuangan Anda bisa dikelola dengan lebih baik. Selain itu, hal ini akan membuat Anda lebih sensitif terhadap kondisi keuangan yang sedang dialami.

Dalam melakukan pengeluaran pun, Anda juga akan lebih hemat dan bijaksana, lho. Mudah bagi Anda untuk menyadari, mana pengeluaran yang penting dan tidak demi mencapai tujuan keuangan.

Tapi yang menjadi persoalan, sudahkah Anda memiliki tujuan keuangan yang tepat? Jika keuangan Anda tidak mau goyah ke depannya, paling tidak pastikan Anda punya 4 tujuan keuangan ini sebelum berinvestasi untuk hal lain.

5 Tujuan Keuangan yang Wajib Anak Zaman Sekarang Punya!

Dana Darurat

tujuan keuangan - mempersiap dana darurat - dana darurat penting dimiliki.

Dalam menjalani sebuah kehidupan, terkadang hal tak terduga bisa saja terjadi. Sebagai contoh, smartphone kesayangan Anda tiba-tiba hilang di perjalanan atau laptop untuk bekerja rusak karena jatuh.

Tentunya, mau tidak mau Anda harus mengeluarkan dana yang sebelumnya tidak direncakanan untuk membeli smartphone atau laptop yang baru. Jika tidak, pastinya Anda akan kesulitan untuk berhubungan dengan rekan atau pun kolega.

Nah, dengan memiliki dana darurat, Anda bisa dengan sigap menghadapi situasi mendesak ini. Anda tak akan lagi pusing saat harus mengeluarkan budget di luar dugaan karena dana darurat disediakan untuk memenuhi hal itu.

Memiliki dana darurat, bisa memungkinkan Anda untuk menghindari meminjam uang sana-sini hanya untuk memenuhi kebutuhan tak terencana.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Menabung Dana Darurat, Jangan Sampai Anda Berhutang!

Tujuan keuangan ini harus selalu Anda penuhi setiap bulan secara rutin agar tidak berat ke depannya. Jumlah yang disimpan, bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan asalkan konsisten dalam melakukannya.

Idealnya, dana darurat yang harus dimiliki setiap orang adalah 3 bulan gaji. Jadi, misalnya gaji yang Anda terima setiap bulannya Rp3.000.000 maka uang darurat ideal Anda adalah Rp9.000.000.

Hal ini ditujukan supaya ketika terjadi sesuatu dengan kehidupan keuangan Anda, misalnya tidak berpenghasilan untuk sementara, Anda akan tetap bisa menjalani gaya hidup seperti biasanya.


Dana Pensiun

Dana Pensiun - 4 Tujuan Keuangan yang Wajib Anak Jaman Sekarang Punya!

Bagi Anda yang bekerja secara formal di perusahaan, mungkin telah mendapatkan program dana pensiun dari perusahaan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Tetapi, Anda juga perlu memperhitungkan, apakah jumlah dana yang didapatkan nantinya cukup untuk masa pensiun nanti.

Lain lagi jika Anda adalah seorang pekerja lepas, berapa pun penghasilan yang didapat setiap bulannya, harus alokasikan sebagian untuk dana pensiun.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Dilakukan Oleh Karyawan yang Pensiun Dini

Butuh kesiapan finansial yang matang, agar masa tua bisa Anda lewati dengan nyaman. Selain dari penghasilan bulanan, Anda bisa menambah rencana dana pensiun Anda, dengan program-program dana pensiun dari berbagai lembaga yang ada.

Tujuan keuangan dana pensiun ini, tidak hanya dapat digunakan untuk keperluan di masa tua nanti. Tetapi, Anda juga bisa menggunakannya untuk travelling ke destinasi impian atau beribadah seperti umrah.


Dana Asuransi

4 Tujuan Keuangan yang Wajib Anak Jaman Sekarang Punya!

Walaupun setiap bulannya Anda harus secara rutin memenuhi premi, tetapi keuntungan yang dapat Anda dapatkan bisa sepadan.

Di zaman seperti sekarang, banyak hal yang tidak bisa terhindarkan terutama soal kesehatan dan keselamatan jiwa.

Hal-hal buruk bisa datang kapan pun, Anda bisa aja tiba-tiba sakit padahal sebelumnya sehat bugar.

Nah, dana asuransi di sini adalah bentuk proteksi Anda untuk mengurangi besarnya pengeluaran biaya bagi segala risiko yang bakal Anda alami. Mulai dari kecelakaan hingga terserang penyakit.

Baca Juga: Plus Minus Memiliki Polis Asuransi Sebagai Instrumen Investasi

Sudah bukan menjadi rahasia kalau biaya kesehatan itu mahal. Apalagi jika penyakit yang dialami bukanlah hal ringan.

Dana pensiun akan menghindari kamu menggunakan uamg pribadi untuk biaya rumah sakit.


Dana Tabungan

4 Tujuan Keuangan yang Wajib Anak Jaman Sekarang Punya!

Tentunya Anda juga harus memiliki aset lancar seperti tabungan, yang bisa diambil dan sengaja disimpan buat tujuan tertentu.

Selain memenuhi kebutuhan sehari-hari, tentunya seringkali Anda ingin melakukan hal lain yang memerlukan dana, seperti liburan, belanja, atau membeli gadget.

Pastikan untuk memenuhi kebutuhan di atas, Anda tidak mengambil uang dari sumber dana yang lainnya.

Baca Juga: Generasi Sandwich: 3 Cara Mengelola Tabungan sembari Mendukung Anak & Orang Tua

Kenapa hal ini wajib? Karena, dengan dana ini Anda bisa memberikan pernghargaan terdapat diri sendiri setelah berhasil memenuhi dana wajib lainnya. Hal ini bisa membuat Anda lebih semangat untuk dapat.


Dana Investasi

4 Tujuan Keuangan yang Wajib Anak Jaman Sekarang Punya!

Tahukah Anda? Walaupun aman dan minim risiko namun nyatanya menyimpan uang atau menabung saja tidak cukup.

Bunga yang akan Anda dapatkan dari tabungan, tidak sebanding dengan peningkatan inflasi yang Anda. Inflasi keuangan akan terus naik tiap tahunnya, 10-15% persen per tahun.

Jika dibandingkan dengan kenaikan harga kebutuhan, uang yang Anda simpan di bank bisa saja mengalami penurunan nilai. Jadi, uang 100 Juta yang Anda miliki saat ini, mungkin saja hanya bernilai 10 juta 5-10 tahun mendatang.

Memiliki dana investasi adalah solusi untuk mengelola uang dan menghindarinya dari tergerus inflasi yanga ada. Investasi juga bisa memberikan keuntungan lebih besar, sehingga akan meningkatkan jumlah dana yang Anda miliki.

Banyak berbagai macam instrumen investai yang bisa Anda pilih, seperti Reksa Dana, Saham, Obligasi, dan Peer-to-peer Lending.

Bagi anak muda, berinvestasi Peer-to-peer Lending (P2P) melalui KoinWorks bisa menjadi pilihan investasi yang cocok, karena selain biayanya minim hanya Rp100.000 imbal hasil yang ditawarkan juga hingga 21,32%.

Inilah 5 tujuan keuangan yang wajib dimiliki. Pastikan Anda sudah memenuhi 5 tujuan ini, setelah itu Anda bebas untuk berinvestasi ke hal lain.

Memiliki sebuah tujuan memang bisa membuat hidup Anda lebih berarti, tapi akan menjadi jauh lebih bermakna ketika Anda bisa mencapainya dengan baik. Nilai kehidupan yang Anda miliki pasti juga akan lebih berkualitas.

Semoga bermanfaat!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Firda Nur Asmita

Firda Nur Asmita

As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.