Uang Menghancurkan Hubungan Anda dan Pasangan, Bagaimana Bisa?

Menutup Diri dari Diskusi Keuangan

Uang Menghancurkan Hubungan Anda dan Pasangan, Bagaimana Bisa? – Uang adalah salah satu permasalahan yang cukup sensitif di dalam rumah tangga, bahkan salah satu penyebab perceraian adalah karena masalah ekonomi.

Meskipun uang memainkan peranan yang penting dalam kehidupan sehari-hari, tetapi jangan sampai uang menghancurkan aspek kehidupan Anda yang lain.

Berikut ini kami akan menjelaskan tentang mengapa uang menghancurkan hubungan Anda dan pasangan. Jangan sampai hal ini terjadi di kehidupan Anda, ya!

Uang Menghancurkan Hubungan Anda dan Pasangan, Bagaimana Bisa?

Anda Hanya Berfokus Pada Uang Saja

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah - keuangan yang berantakan - 5 Pertimbangan Penting Sebelum Menggunakan Jasa Penasihat Keuangan

Jika Anda hanya menghabiskan lebih banyak waktu dan energi untuk mengumpulkan kekayaan dan mengabaikan kebutuhan pasangan, maka hubungan Anda bisa terganggu.

Uang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan dan apa saja yang diinginkan, bukan menjadi faktor yang membuat hubungan Anda renggang.


Anda Berkompetisi dengan Pasangan Terkait Penghasilan

10 Hal yang Harus Diketahui Setiap Wanita tentang Keuangan 3

Pasangan Anda bukanlah pesaing yang harus dikalahkan. Di dalam rumah tangga, Anda tidak perlu bersaing siapa yang menghasilkan lebih banyak.

Baca juga: Tips Keuangan: Ikuti Tips Ini Demi Mempersiapkan dan Menghemat Biaya Pernikahan

Jika Anda tidak mengakui kerja keras yang dilakukan pasangan, ia akan merasa tidak dihargai dan membuatnya merasa kesal.

Berapa pun jumlah penghasilan yang ia dapatkan, Anda harus mendukungnya karena ia bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan satu sama lain.


Anda Kesal Saat Pasangan Terus Membelanjakan Uang

belanja baju - pakaian - shopping - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren, Bijaklah Menghabiskan Uang

Agar masalah seperti ini tidak terjadi, maka penting untuk membuat anggaran dan aturan tentang penggunaan uang. Terus berargumen tentang uang bisa membahayakan hubungan Anda dan pasangan.

Berikan pemahaman tentang keuangan dengan baik-baik dan sampaikan kepada pasangan bahwa dalam berumah tangga perlu menyimpan sebagian penghasilan dan jangan menghabiskan semua pendapatan.

Mulailah menganggarkan berapa jumlah uang yang boleh dihabiskan untuk belanja dan berapa yang harus disimpan atau diinvestasikan.

Menyimpan uang dan berinvestasi akan sangat bermanfaat di masa depan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, misalnya saja untuk dana pendidikan anak, dana liburan, dana membangun rumah, dan lain sebagainya.

Ajak pasangan Anda untuk menyisihkan sekitar 10% dari penghasilan untuk diinvestasikan. Sebagai permulaan, Anda bisa berinvestasi di KoinWorks terlebih dahulu.

KoinWorks merupakan platform investasi peer to peer lending yang memungkinkan Anda bisa berinvestasi dengan dana Rp100.000 saja. Meskipun dana investasi tidak terlalu besar, tetapi imbal hasil yang bisa didapatkan mencapai 18% per tahun.

Selain itu, KoinWrks memiliki dana proteksi untuk para investor sampai dengan 100%. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat hasil investasi tidak berjalan sesuai dengan harapan.


Anda Menyimpan Rahasia tentang Keuangan

Mengajar Anak Mengelola Keuangan Lewat 5 Hadiah Ini

Jika ingin pasangan mempercayai Anda, maka Anda perlu percaya dengan mereka terlebih dahulu. Sebagai pasangan, Anda harus terbuka dan transparan berkaitan dengan masalah keuangan.

Baca juga: 6 Tanda Pasangan Anda Memiliki Keuangan yang Berantakan, Ajaklah untuk Berubah!

Sangat penting untuk berdiskusi dengan pasangan tentang keuangan, terutama yang menyangkut tentang hutang, pembelian besar, dan dana pendidikan anak.

Sikap tertutup dan menyembunyikan masalah keuangan membuat hubungan Anda rentan dengan permasalahan.


Anda Membuat Keputusan Seorang Diri

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Keputusan yang berkaitan tentang keuangan harus dibuat bersama. Saat hanya ada satu orang yang mengendalikan keuangan, maka ini bisa meningkatkan tekanan didalam hubungan.

Sebagai pasangan, Anda harus membuat rencana keuangan berdua dan berada di tujuan yang sama. Dengan cara seperti ini, Anda akan saling mendukung satu sama lain dan saling memberikan bantuan saat ada masalah keuangan terjadi.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Keuangan yang Bisa Merusak Pernikahan

Itulah 5 masalah keuangan yang umum terjadi di dalam rumah tangga. Jangan sampai Anda memiliki salah satu masalah di atas, sebab masalah keuangan akan berdampak pada masalah hubungan secara keseluruhan.

Ajak pasangan Anda membuat keputusan bersama, bersikap terbuka dengan pasangan, jangan hanya berfokus dengan uang, dan jangan berkompetisi dengan pasangan Anda.

Hal yang paling penting adalah ajak pasangan Anda untuk mulai mendanai sejak dini. Investasi tidak harus dimulai dengan dana yang besar, melalui KoinWorks Anda bisa berinvestasi dengan dana minim dan berpotensi mendapatkan imbal hasil yang optimal.

Semoga pembahasan di atas bisa memberikan banyak inspirasi dan manfaat yang luar biasa kepada Anda semua yang telah membacanya.

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.