Wajib Tahu! 5 Pelajaran Bisnis dari Film The Lion King! – 25 tahun setelah film animasi pertamanya rilis, akhirnya The Lion King versi live action baru aja tayang serentak di bioskop Indonesia mulai Rabu (17/07/2019).

Bagi Anda yang sebelumnya sudah menonton film animasinya, tentunya jangan melewatkan remake dari film ini. Siap-siap menikmati suguhan kualitas CGI mumpuni yang membuatnya terlihat lebih nyata.

Baca Juga: 3 Tips Keuangan yang Dapat Dipetik dari Film Aladdin

Film yang disutradari oleh Jon Favreau ini berkisah tentang jalan hidup singa kecil bernama Simba yang lahir dan akan menjadi raja selanjutnya menggantikan ayahnya, Mufasa.

Tetapi rencana tersebut tidak berjalan lancar karena saudara laki-laki Mufasa, Scar, berkhianat dan membunuh Mufasa. Hasilnya, Simba kehilangan tahta yang seharusnya menjadi miliknya, meninggalkan rumah dan diasingkan.

Jalan cerita dimulai dari situ, yaitu perjuangan Simba untuk tumbuh dan merebut kembali apa yang menjadi haknya.

Tetapi ternyata, di balik cerita yang memotivasi ini, ada nilai-nilai pelajaran tentang bisnis yang bisa Anda dapatkan dari film ini, lho. Apa saja? Yuk, simak ulasannya!


Wajib Tahu! 5 Pelajaran Bisnis dari Film The Lion King!

1Hal Tak Terduga Bisa Terjadi

Wajib Tahu! 5 Pelajaran Bisnis dari Film The Lion King
Img Source: https://www.cbsnews.com/

Banyak hal-hal di dunia yang bisa terjadi tanpa Anda duga. Rencana yang sudah disusun sedemikian rupa, punya kemungkinan untuk mengalami kegagalan di tengah jalan atau tak berhasil dijalankan.

Seperti halnya Simba, di mana ia secara tiba-tiba kehilangan Ayah kesayangannya, Mufasa. Lalu, setelah itu ia harus menerima bahwa tahtanya diambil dan diasingkan dari rumah. Padahal saat itu ia masih dalam masa tumbuh dan belum bisa apa-apa.

Baca Juga: Pengusaha Online Harus Belajar 5 Hal Ini Agar Usaha Makin Berkembang

Adegan tersebut tentunya bisa menjadi pelajaran bisnis berharga untuk Anda, bahwa Anda haruslah fleksibel dalam membuat rencana ke depannya.

Jangan hanya fokus pada satu rencana, karena tak ada salahnya persiapkan rencana A, B dan C untuk berjaga ketika salah satunya tidak berhasil.

Bekerja keras itu baik, tetapi Anda juga harus bekerja pintar. Ketika Anda sadar bahwa rencana A tidak berjalan sesuai keinginan, cobalah untuk memodifikasinya dan mencari jalan lain yaitu rencana B dan C.

2Jangan Terlalu Menyesali Kegagalan

Wajib Tahu! 5 Pelajaran Bisnis dari Film The Lion King
img source: https://www.elitedaily.com/

Pelajaran bisnis selanjutnya diambil dari adegan saat Simba merasa sangat bersalah dan menyesal, ketika ayahnya, Mufasa, tewas karena dibunuh oleh paman kandungnya sendiri, Scar.

Hal itu disebabkan karena, ayahnya sempat kecewa dengan Simba yang pernah tidak menurut sebagai anak tunggal. Saat Mufasa telah tiada, barulah Simba sadar bahwa seharusnya ia tidak melakukan hal itu.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Pebisnis Pemula Sering Mengalami Kegagalan

Sama seperti dalam berbisnis, ada kalanya Anda mengalami kegagalan yang menyebabkan kerugian. Perasaan kecewa dan sedih tentunya akan muncul, namun Anda harus tahu bahwa menyesalinya terus-menerus tak akan mengubah apapun.

Ketahuilah, bahwa masih ada hari esok dan selanjutnya untuk Anda berjuang. Lebih baik persiapkan diri dengan lebih matang, agar kegagalan bisa dihindari.


3Selalu Awasi Pergerakan Pesaing

Wajib Tahu! 5 Pelajaran Bisnis dari Film The Lion King!
Img Source: polygon.com

Seperti yang Anda tahu, Scar merupakan saudara kandung Mufasa, sekaligus paman Simba. Tetapi, yang ia lakukan justru mengkhianati saudaranya sendiri, bahkan membunuhnya demi bisa berkuasa.

Apa yang terjadi di film The Lion King ini, memberi kita pelajaran bisnis bahwa pergerakan pesaing harusnya diawasi dengan hati-hati.

Walaupun tidak se-ekstrem Scar, namun pesaing bisnis punya potensi besar untuk mengambil konsumen Anda dan membuat bisnis mengalami kerugian.

Baca Juga: Jangan Lengah! Ini 5 Strategi Mempertahankan Bisnis yang Makin Tumbuh

Maka dari itu, pastikan untuk selalu waspada karena pesaing pasti selalu mencari celah agar bisa unggul dari bisnis Anda.

Tapi Anda harus selalu tanamkan dalam diri, bersainglah dengan cara yang sehat. Anggap saja pesaing Anda adalah inspirasi untuk meningkatkan kualitas menjadi lebih baik bukan sebagai musuh.


4Pemimpin Pasar Juga Bisa Jatuh

Wajib Tahu! 5 Pelajaran Bisnis dari Film The Lion King
Img source: https://www.yahoo.com/

Simba adalah putra mahkota dari seekor raja hutan, Mufasa. Maka dari itu, ia bisa menikmati apa yang tak bisa dinikmati hewan-hewan lain.

Tetapi, kenyataan pahit menyerangnya, karena setelah kematian Mufasa dan Scar mengambil alih kekuasaan, ia terpaksa harus hidup liar di alam bebas tanpa kawanan singa lainnya.

Kisah Simba tersebut memberi pelajaran bisnis bahwa, apapun di dunia pasti bisa jatuh dan hancur seketika, tak terkecuali seorang pemimpin pasar.

Baca Juga: 7 Tips Sukses Menjalani Bisnis Sesuai Passion

Jika Anda sudah memiliki bisnis yang tumbuh dan stabil, tak menutup kemungkinan dalam waktu sekejap mengalami gulung tikar. Nah untuk mencegahnya, Anda jangan terlalu puas dengan keberhasilan dan keuntungan bisnis yang didapatkan.

Jangan sampai lengah, teruslah melakukan inovasi, menganalisis apa yang terjadi di pasar, dan selalu mengembangkan kualitas bisnis Anda.

Nah, jika dalam perjalanan mengembangkan bisnis Anda memerlukan modal lebih untuk melakukannya, cobalah mengajukan modal tambahan melalui platfrom Peer-to-Peer Lending di KoinWorks.

Anda bisa mendapatkan bantuan dana dengan cepat dan mudah, mulai dari Rp10 juta hingga Rp 2 miliar dengan bunga flat yang terjangkau, yaitu 0,75% hingga 1,67% per bulan.


5Loyalitas Itu Penting

Wajib Tahu! 5 Pelajaran Bisnis dari Film The Lion King
Img Source: https://www.cbsnews.com/

Tentu Anda tahu bahwa Simba, bisa berhasil tumbuh dengan lebih kuat dan kembali merebut tahta  karena tak lepas dari bantuan sahabat-sahabatnya seperti Nala, Pumbaa dan Timon.

Apa yang dilakukan sahabat-sahabat Simba, memberikan kita pembelajaran bisnis bahwa loyalitas sangat penting dalam keberhasilan tujuan.

Maka dari itu, wajib hukumnya dalam berbisnis untuk menjaga kepercayaan pelanggan dan memastikan bahwa mereka terus puas akan bisnis Anda.

Baca Juga: Baru Memulai Bisnis? Ini 3 Cara untuk Mendapat Kepercayaan Pelanggan

Di saat Anda mampu mempertahankan loyalitas konsumen, bisnis Anda bisa terus tumbuh karena tanpa diminta mereka akan terus kembali dan memberikan keuntungan.

Tidak hanya itu, mereka juga tak segan untuk mendapatkan pelanggan baru dan merekomendasikan produk bisnis Anda secara sukarela.

Itulah pelajaran bisnis yang bisa Anda terapkan dari film The Lion King. Intinya, berbisnis itu sama seperti kehidupan, di mana semua hal bisa terjadi dan hubungan baik dengan orang lain yaitu konsumen membuat jalan menuju kesuksesan.

Teruslah melakukan inovasi, mengikuti perkembangan zaman dan meningkatkan kualitas bisnis Anda. Lalu, jika memerlukan modal tambahan untuk melakukannya, Anda bisa langsung ajukan pinjaman dengan klik di sini.

Tetap semangat!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.