Home » Blog » Bisnis & UKM » Waspadai Pinjaman Cepat Berbunga Tinggi!

Waspadai Pinjaman Cepat Berbunga Tinggi!

·
3 menit
Tips Mencari Pinjaman Non Bank Investor Perorangan

Kita tentu sudah sangat mengenal dengan KTA atau kredit tanpa agunan yang sering menjadi cara instan untuk memecahkan masalah keuangan yang terjadi tiba-tiba. Permasalahan tersebut misalnya seperti harus menjalani perawatan kesehatan, membayar biaya pendidikan, atau saat membutuhkan suntikan modal saat ada peluang usaha yang muncul tiba-tiba. Hampir seluruh bank yang ada di tanah air juga menyediakan produk pinjaman ini. Tetapi saat ini Anda harus sangat waspada bila ingin mengajukan KTA karena telah marak beredar KTA ilegal. OJK atau Otoritas Jasa Keuangan juga gencar melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat untuk waspadai pinjaman cepat berbunga tinggi!

Oknum tak bertanggung jawab pada umumnya menawarkan KTA ilegal ini via sms dengan mempromosikan bahwa produk pinjaman mereka adalah KTA dengan bunga rendah dan bisa dicairkan dalam waktu singkat. Tentu saja ini hanyalah trik untuk menarik minat nasabah padahal produk tersebut hanyalah kedok dari penipuan. Sebelumnya perlu diketahui bahwa produk pinjaman KTA yang dikeluarkan oleh institusi keuangan  dan perbankan telah memperoleh perizinan dari OJK. Kredit atau personal loan ini cukup mudah persyaratannya dengan nasabah hanya perlu menyerahkan foto kopi KTP, mengisi beberapa formulir, serta menyerahkan slip bukti penerimaan gaji.

Secara umum produk KTA sendiri memang menerapkan suku bunga pinjaman yang lebih tinggi bila dibandingkan produk pinjaman dengan jaminan sehingga nasabah harus mempunyai perencanaan keuangan yang matang bila ingin mengajukan kredit ini. Hal ini tentu bisa dipahami mengingat bank harus meminimalkan resiko kerugian akan pinjaman tanpa agunan ini.

Sayangnya kurangnya literasi keuangan dan informasi kepada masyarakat di negara kita memberikan celah bagi banyak oknum tak bertanggung jawab untuk melakukan tindak penipuan. Ada berbagai cara yang mereka gunakan untuk menjebak masyarakat, antara lain adalah meminta biaya administrasi atau pengurusan dokumen dalam jumlah besar, mengiming-imingi calon nasabah dengan bunga pinjaman kecil, dan sebagainya. Modus-modus penipuan KTA tersebut dilakukan melalui sms, website, serta email. Inilah beberapa tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan agar tak sampai menjadi korban para penipu KTA ini.

  1. Pastikan tenaga marketing dan lembaganya

Begitu memperoleh penawaran KTA tanyakan nama tenaga pemasar serta asal perusahaan keuangan yang menyediakan pinjaman tersebut. Pada umumnya yang bersangkutan akan memberikan jawaban dengan menyebut nama salah satu bank terkemuka. Konfirmasikan hal ini pada bank untuk mendapatkan kepastian bahwa petugas tersebut memang tenaga marketing yang aktif.

Sebagai calon peminjam Anda juga berhak untuk membuat perbandingan dari beberapa produk KTA yang diterbitkan oleh lembaga keuangan atau bank. Pilihlah dengan teliti sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam membayar cicilan. Perhatikan suku bunga angsuran yang harus Anda tanggung. Jangan terpengaruh dengan intimidasi petugas untuk menyetujui tawaran pinjaman KTA.

  1. Mencermati prosedur, hak, dan kewajiban

Sebelum memutuskan mengajukan permohongan pinjaman pelajari terlebih dahulu produk KTA incaran Anda termasuk persyaratan berlaku yang harus Anda penuhi juga hak dan kewajiban Anda. Jangan langsung tergiur dengan besaran dana tunai yang akan Anda terima.

  1. Proses KTA tak membutuhkan dana pelicin

Bila petugas yang memberi Anda tawaran KTA meminta dana tambahan agar aplikasi permohongan Anda disetujui oleh bank sebaiknya Anda segera menolak berhubungan dengan yang bersangkutan karena produk tersebut pasti penipuan. Perlu Anda ketahui dalam pengajuan pinjaman tanpa jaminan ini tak ada biaya pelicin atau suap. Aplikasi kita akan diperiksa oleh analis bank profesional dan petugas pemasar tak bisa memberi jaminan apakah pengajuan kita nantinya disetujui. Petugas pemasar KTA hanya berkewajiban untuk membantu calon peminjam untuk memenuhi persyaratan administrasi yang dibutuhkan.

Pada umumnya masyarakat yang menjadi korban penipuan KTA ini adalah mereka yang tengah berada dalam kondisi kesulitan keuangan yang menjepit. Oleh karena itu waspadai pinjaman cepat berbunga tinggi walaupun Anda tengah sangat membutuhkan dana segar agar tak menimbulkan permasalahan baru yang bisa menyeret Anda pada kesulitan keuangan yang lebih parah. Berhati-hati dan selalu berusaha melakukan langkah-langkah pencegahan akan membantu mengindarkan Anda dari jebakan oknum yang tak bertanggung jawab. Nah, semoga bermanfaat!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat