5 Pelajaran Soal Bisnis dari Kartun Winnie the Pooh – Winnie the Pooh, tingkahnya yang lucu dan menggemaskan, mampu merebut perhatian banyak orang.

Tokoh fiksi ini diciptakan oleh A.A. Milne pada 18 Januari 1882 silam. Tak hanya Winnie the Pooh, teman-temannya yang lain, yakni Piglet, Eeyore, Tigger, Rabbit, Kanga, Roo, hingga Christopher Robin, juga mendapat tempat tersendiri di hari penggemarnya.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Guna Mempersiapkan Bisnis di Tahun 2018

Memang, film kartun ini kebanyakan digemari oleh anak-anak. Namun siapa sangka, jika Anda menonton kartun ini, ada beragam pelajaran yang disampaikan oleh Pooh dan teman-temannya, yang mana hal tersebut bisa diterapkan pada bisnis Anda, lho!

Ya, Anda tidak akan menyangka bahwa kartun ini bisa memberikan dampak positif pada perkembangan usaha Anda.

5 Pelajaran Soal Bisnis dari Kartun Winnie the Pooh

1. Pooh selalu berhati-hati dan memiliki rencana

winnie the pooh
sumber foto: lol.disney.com

Bisa dibilang, Pooh adalah beruang yang senang menjelajah. Ketika berkelana dari satu tempat ke tempat lainnya di Hundred Acre Wood, ia akan selalu memerhatikan jalur yang dilewatinya.

Ia selalu tahu ke mana kaki-kaki mungilnya membawanya pergi. Kalau tidak, ia bisa-bisa tersesat di hutan.

Baca juga: 5 Hal yang Pebisnis Harus Pelajari dari Coca-Cola

BIla dikaitkan dengan bisnis, memang, Anda memerlukan perencanaan jangka panjang guna membuat bisnis yang dijalani terus bertahan. Namun, sepert Pooh, Anda juga harus tetap fokus pada jalan atau rencana yang ada di depan mata.

Anda harus mampu beradaptasi dengan berbagai tantangan dan kesempatan, yang mungkin tidak akan Anda kira saat pertama memulai bisnis.


2. Jadilah seperti Piglet, sosok yang unik dan berbeda

winnie the pooh
sumber foto: www. chainimage.com

Dibanding tokoh-tokoh yang lain, Piglet memiliki jiwa yang unik dan ia menyadari bahwa keunikannya tersebut adalah kunci sapa dirinya sebenarnya.

Nah, hal apa yang membuat bisnis Anda unik dan berbeda dari kompetitor-kompetitor Anda? Apakah Anda memiliki produk yang tidak dimiliki pemilik usaha lain?

Baca juga: Bingung Menentukan Visi Bisnis Anda? Jawab Dulu 7 Pertanyaan Ini

Ingat, Anda dan bisnis Anda begitu spesial. Tidak ada orang yang benar-benar terinspirasi untuk membuat bisnis yang 100% sama, seperti yang Anda miliki saat ini.

Gunakan keistimewaan tersebut sebagai nilai jual yang mampu meningkatkan profit bagi perusahaan Anda.


3. Sama seperti Eeyore, sadari kekurangan bisnis Anda

winnie the pooh
sumber: www.cultjer.com

Ingat peribahasa “Tak ada gading yang tak retak”? Hal tersebut mampu mencerminkan poin ini. Dalam serial kartun ini, Eeyore sangat identik dengan ekornya.

Dalam perjalannya, ia sering kehilangan ekornya. Ia pun mengandalkan Pooh dan teman-temannya untuk membantunya menemukan ekornya.

Baca juga: Untuk Bisnis Baru, Coba Ikuti 10 Tips Mengembangkan Bisnis Ini

Dalam perjalanan bisnis, mungkin Anda atau karyawan Anda pernah lalai sehingga usaha tidak berjalan dengan semestinya. Karenanya, evaluasi apa yang menjadi kekurangan bisnis Anda dan segera cari solusinya.

Jangan sungkan untuk melibatkan rekan-rekan atau orang-orang di sekitar karena tidak selamanya Anda bisa bekerja sendirian. Ingat, baik Anda maupun bisnis Anda, juga memiliki keterbatasan.

Baca Juga: Wow! Dengan Tidak Melakukan 4 Hal Ini, Anda Bisa Hemat Rp 1 Juta Lebih

Misalnya, Anda mengalami keterbatasan dalam urusan modal. Solusinya, mengapa tidak mencoba mengajukan pinjaman modal usaha ke platform P2P Lending seperti KoinWorks?

KoinWorks bisa mendukung Anda, lewat pinjaman mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar. Bunga yang ditetapkan pun rendah, mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.


4. Pooh selalu menetapkan prioritas

winnie the pooh
sumber foto: www.movieweb.com

Ingat, tidak ada bisnis yang sempurna. Sehebat apapun Anda dalam menjalankan usaha ini, ada kalanya faktor-faktor lain menggoyahkan Anda.

Misalnya, harga bahan baku yang mahal, banjir yang membuat terganggungnya distribusi, kurangnya SDM, atau bisa juga rencana yang Anda buat tidak bisa tereksekusi dengan baik.

Baca juga: 6 Karakter yang Jadi Ciri Khas Pemimpin Bisnis yang Sukses

Maka dari itu, selain membuat rencana jangka panjang, jangan lupa untuk menentukan prioritas utama Anda. Prioritas akan membuat Anda untk tetap fokus dalam mengerjakan apa yang dirasa lebih penting dan urgent.


5. Christopher Robin mengajarkan Anda untuk tetap kuat

winnie the pooh
sumber foto: www.disney.wikia.com

Christopher Robin pernah berkata kepada Pooh, “Promise me you’ll always remember: You’re braver than you believe, and stronger than you seem, and smarter than you think”.

Baca juga: 7 Ilmu Marketing yang Dapat Anda Pelajari Dari Apple

Jadikan kutipan tersebut sebagai motivasi dalam menjalankan bisnis. Anda harus sadar bahwa Anda lebih berani dari yang Anda percaya. Anda lebih kuat dari kelihatannya. Anda lebih cerdas dari yang Anda pikirkan.

Ketika ada tantangan menghadang, embrace them and keep moving!

Nah, itulah 5 pelajaran soal bisnis yang sangat berharga yang bisa kita pelajari dari Winnie the Pooh dan teman-temannya. Bagaimana menurut Anda?


sumber foto: www.disneywallpaper.net

 


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.