Home Gaya Hidup Jangan Sampai Produktif Berkurang Karena Work from Home, Ini...

Jangan Sampai Produktif Berkurang Karena Work from Home, Ini Caranya…

Jangan Sampai Produktif Berkurang Karena Work from Home, Ini Caranya… – Work from Home atau kerja dari rumah, seakan menjadi dambaan banyak orang. Bagaimana tidak? Kamu tak perlu bangun pagi untuk datang ke kantor dan menghadapi kemacetan kota.

Cukup hanya dengan mengenakan baju longgar, sambil bersantai di sofa yang nyaman pada ruang tamu, kamu sudah bisa bekerja.

Biasanya, orang-orang yang kerja di rumah, adalah mereka yang seorang Freelancer. Tapi dengan meningkatkan penyebaran pandemi COVID-19 alias virus Corona, sekarang ini banyak perusahaan yang menerapkan work from home untuk karyawannya.

Bahkan kantor pusat KoinWorks, juga sudah mulai memberlakukan work from home efektif per tanggal 18 Maret 2020 hingga dua minggu ke depan.

Hal ini merupakan upaya preventif yang juga sudah dihimbau pemerintah dalam mengurangi penyebaran virus Corona.

Adapun saat ini (per tanggal 18/03/2020), menurut data terakhir dari laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terdapat 227 orang positif virus Corona.

Tapi walaupun namanya kerja di rumah, bukan berarti kamu bisa bersantai tanpa kendali, ya. Jangan sampai lupa kalau kamu harus tetap produktif, serta menyelesaikan tugas yang ada.

Toh, manajemen perusahaan juga tetap membayar kewajiban kamu selama kerja di rumah, kan?

Manfaat Work from Home

Terlepas dari perihal virus Corona yang menyebabkan banyak perusahaan memberlakukan work from home, sebenarnya kerja dari rumah memiliki banyak manfaat juga, lho. Maka dari itu, ada beberapa perusahaan yang juga rutin memberikan fasilitas remote working, sebutan lain dari kerja di rumah, kepada karyawannya.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari work from home?

    1. Bisa mengerjakan pekerjaan dalam kondisi yang paling nyaman untukmu. Hal ini tentu saja bisa meningkatkan produktivitas kerja, bila dilakukan dengan benar.
    2. Kamu akan minim distraksi dalam bekerja karena tidak perlu bersinggungan dengan orang lain sehingga lebih fokus.
    3. Work-life balance juga bisa kamu atur kembali dengan menentukan kapan waktu untuk bekerja, dan kapan waktu untuk bersantai.
    4. Lebih hemat waktu, karena kamu tidak perlu ke kantor dan menghadapi kemacetan yang menyita.
    5. Bagi perusahaan, hal ini bisa menghemat anggaran pengeluaran juga, lho.

Nah, untuk kamu yang memang diharuskan kerja dari rumah atau work from home, berikut informasi-informasi yang perlu kamu ketahui supaya manfaat-manfaat di atas bisa didapatkan secara maksimal.


Jangan Sampai Produktif Berkurang Karena Work from Home, Ini Caranya…

1
Jalankan Pagi Seperti Biasa, Bangun Tidur Jangan Langsung Bekerja

Sama seperti kamu bekerja di Kantor, saat work from home pun kamu harus tetap menjalankan rutinitas pagi yang biasa dilakukan, seperti mandi, ganti baju, dan merapikan diri.

Hindari langsung bekerja, seperti membuka laptop dan mengecek email setelah bangun tidur. Kumpulkan dahulu nyawa kamu, dan buat diri bersiap untuk beraktivitas misalnya minum kopi serta sarapan terlebih dahulu.

Saat work from home, waktu pagi kamu akan jauh lebih lama karena tidak perlu bersiap pergi ke kantor, maka manfaatkanlah untuk melakukan olahraga kecil seperti jogging atau jalan kaki sambil berjemur di bawah matahari pagi.

Hal ini tak hanya menghindari kamu dari stres tapi juga bisa membantu menjaga imunitas dan pola hidup sehat untuk mencegah virus Corona.


2
Jadwalkan Meeting Online Secara Berkala Setiap Pagi

work from home - kerja di rumah - kerja dari rumah - remote working - 2

Tak jarang manajemen perusahaan yang mengharuskan untuk mengadakan meeting secara online saat sedang kerja dari rumah seperti ini. Nah, kalau kamu termasuk yang harus melakukannya, usahakan untuk melakukannya saat pagi.

Jadi, setelah melakukan aktivitas pagi seperti biasa, jadwalkan meeting online sebelum mengerjakan semua pekerjaan harian.

Hal ini bisa membuat kamu lebih serius, dan aware akan pekerjaan yang harus dilakukan, sehingga tidak lagi menunda-nunda waktu bekerja.

Tak hanya itu, kamu juga jadi lebih bersiap untuk memulai pekerjaan hari itu, dan tetap berkoordinasi secara baik dengan kolega atau rekan kerja.


3
Rapikan Ruang Kerja dan Sebisa Mungkin Hindari Kasur

work from home - kerja di rumah - kerja dari rumah - remote working - 3-Menghasilkan Uang Dari Rumah

Saat bekerja, suasana sangat berpengaruh besar dalam meningkatkan produktivitas, begitupun saat kamu melakukan kerja dari rumah.

Tidak menutup kemungkinan, suasana rumah yang cenderung santai bisa membuat produktivitas kamu menurun.

Nah, supaya hal di atas tidak terjadi, kamu bisa menghindari kasur sebagai tempat bekerja, dan mencari tempat lain yang lebih sepi seperti garasi rumah atau sudut ruang bawah tanah.

Namun, bagaimana jika kamu terpaksa bekerja di kasur?

Pastikan sprei yang digunakan rapi, dan hindari untuk rebahan. Lebih baik kamu sediakan meja portable sebagai tempat laptop agar bekerja dalam posisi yang nyaman.


4
Tetap Punya Jam Kerja Reguler

work from home - Tidak Mau Lembur di Kantor? Rencanakan Kerja Efektif Anda!

Walapun judulnya kerja dari rumah, tapi kamu harus memastikan untuk mengatur waktunya dengan baik. Kapan waktu kamu harus bekerja, dan kapan waktu untuk beristirahat.

Layaknya bekerja di kantor, kamu harus pastikan tidak menunda waktu untuk bekerja. Tak hanya itu, kamu juga jangan sampai lupa untuk menjadwalkan jam istirahat makan siang.

Walaupun melakukan remote working dengan kerja di rumah, jam bekerja kamu harus tetap berjalan normal, dan tinggalkan semua pekerjaan ketika waktunya telah selesai.

Mungkin, nantinya kamu akan menemukan pemikiran seperti, “ah masih bisa kok dikerjakan, ‘kan engga kemana-kemana juga, hanya di rumah saja”.

Satu dua kali, mungkin tidak apa, tapi percayalah jika dilakukan terus menerus kamu bisa “keasyikan” bekerja dan kebablasan waktu yang bisa menyebabkan kamu kelelahan sendiri.

Hal ini tidak baik untuk kesehatan mental, maka dari itu berhenti jika sudah waktunya. Cara sangat membantumu dalam menentukan batasan antara kehidupan kerja dan rumah.


5
Jangan Lupa Makan Siang dan Tetap Konsumsi Makanan Sehat

tips bisnis kuliner - work from home - kerja di rumah - kerja dari rumah - remote working - 4

Saat kerja di rumah dengan suasana yang sepi dan sunyi, memang dapat membuatmu lebih fokus.

Maka dari itu, kamu harus pastikan untuk tidak melewatkan waktu makan siang, bila perlu membuat alarm yang mengingatkanmu untuk makan.

Tidak hanya itu, makanan yang kamu konsumsi juga harus tetap sehat. Orang yang kerja di rumah, memiliki penyakit untuk menyantap banyak camilan tidak sehat karena kurangnya stok makanan lain di rumah atau kosan.

Tahukah kamu kalau mengonsumsi makanan kurang sehat bisa membuat mood kacau?

Jadi, sebelum melakukan work from home, cobalah untuk menyiapkan beberapa bahan makanan sehat, seperti beras, roti, telur, atau daging olahan.

Selain itu, kamu juga bisa membeli makanan sehat di restoran terdekat rumahmu melalui aplikasi online.


6
Buat To-do List Sehari Sebelumnya

work from home - Buat Jadwal dan Daftar Pekerjaan

Saat tidak ke kantor dan harus kerja di rumah, tak jarang kita jadi bingung bahkan lupa dengan hal yang harus diselesaikan.

Maka dari itu, ada baiknya untuk membuat list atau daftar tentang hal apa aja yang harus dikerjakan sehari sebelumnya.

Hal ini bisa membantu kamu supaya tidak buang-buang waktu dalam menyelesaikan tugas yang ada.

Semakin bagus lagi, kalau kamu skala prioritas, mana yang harus selesai dulu dan mana yang bisa dikerjakan belakangan, supaya ritme kerja lebih teratur.


7
Usahakan Tetap Bergerak dengan Jalan-Jalan di Lingkungan Sekitar

work from home - kerja di rumah - kerja dari rumah - remote working - 5

Berada di rumah dan hanya di depan laptop tentu saja menjadi hal yang membosankan. Ketika kamu bosan, bisa saja mood menjadi berantakan lalu tidak bisa berpikir dengan jernih.

Kalau sudah merasa seperti itu, jangan paksa diri untuk terus bekerja dan cobalah untuk menggerakan badan misalnya dengan jalan-jalan di sekitar rumah.

Memang, alasan kamu work from home adalah untuk social distancing dalam rangka mengurangi penyebaran virus Corona, tapi kalau jalan-jalan ke sekitar rumah yang memang tidak terlalu jauh sepertinya tidak apa-apa.

Tapi pastikan kamu terlindungi, ya, seperti memakai masker dan pilih jalan yang memang tidak ramai lalu jangan lupa cuci tangan setelahnya.


8
Bersahabat dengan Internet dan Teknologi

Bekerja dengan sistem remote working, akan membuat kamu untuk menggunakan internet dan berbagai teknologi, seperti laptop atau aplikasi tertentu yang menunjang produktivitas kerja.

Kamu juga dituntut, untuk selalu tersedia secara online, walaupun tidak kerja di kantor. Nah, lalu apa saja sebenarnya aplikasi atau tools yang bisa membantu kamu selama bekerja dengan sistem remote working?

4 Aplikasi yang Bisa Membantu Kamu Tetap Produktif Saat Work from Home
1. Zoom Cloud

Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengadakan meeting secara online hingga 100 peserta. Maka dari itu, aplikasi ini sangat baik digunakan dalam rapat perusahaan atau conference yang memang memiliki banyak peserta.

Kamu bisa download aplikasinya secara gratis melalui smartphone, atau kunjungi https://zoom.us/ melalui PC dan sign up secara gratis.

Cara menggunakan Zoom selangkapnya bisa melihat video berikut.

2. Google Hangout Meet

Sebenarnya Google Hangouts Meet adalah aplikasi premium alias berbayar, namun Google menggratiskan layanan ini hingga 1 Juli 2020, untuk membantu para pekerja yang harus melakukan remote working demi menghindari virus Corona.

Adapun Hangouts Meet ini bisa menampung hingga 250 peserta dalam satu telekonferesi. Selain itu, siaran langsung telekonferensi juga bisa ditonton hingga 100.000 orang dengan satu domain.

Perlu dicatat bahwa Hangouts Meet terintegrasi dengan G Suite, sehingga hanya pemilik G Suite saja yang bisa menjadi host dari meeting online. Jangan khawatir, G Suite menawarkan free trial selama 14 hari yang bisa diakses pada halaman ini.

Cara selengkapnya menggunakan Google Hangouts bisa kamu lihat pada video di bawah ini.

3. Asana

Asana merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengatur project atau pekerjaan kamu serta rekan kerjamu.

Melalui Asana, kamu bisa membuat to-do list pekerjaan, lalu set kapan pekerjaan tersebut harus selesai. Tidak hanya itu, sebagai seorang Leader kamu juga bisa melihat pekerjaan yang sedang rekan kerja kamu lakukan atau menyebarkan tugas kepada tim.

Selangkapnya tentang Asana bisa kamu lihat pada video berikut.

4. Slack

Melalui Slack kamu bisa berkirim pesan dan juga dokumen-dokumen dengan rekan kerja. Tidak hanya itu, kamu pun juga bisa menggunakan fitur call secara gratis, untuk menelepon rekan kerja.

Tentu saja, komunikasi kamu dengan tim akan lebih mudah dan efisien, daripada harus saling berkirim email.

Lihat video di bawah untuk mengetahui selengkapnya tentang Slack.


Itulah informasi yang harus diketahui, supaya kamu tetap produktif selama menjalankan work from home.

Ingatlah untuk selalu jaga kesehatan, dengan menjaga pola hidup sehat, rajin cuci tangan, dan hindari menyentuk wajah.

Bersama, kita pasti bisa melawan virus Corona. Semoga kamu selalu sehat, ya!


Artikel Lainnya:


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Apa itu KoinWorks?

Baca
X