[Event Recap] #DIALOKAL Koinworks x Kemenkop x KADIN: Akselerasi Transformasi Digital Bisnis hadapi The New Normal

#DIALOKAL Koinworks x Kemenkop x KADIN: Akselerasi Transformasi Digital Bisnis hadapi The New Normal – Saat memasuki periode era new normal beberapa waktu lalu, KoinWorks dalam #DIALOKAL mengadakan sebuah webinar bertajuk transformasi digital dalam bisnis di era new normal.

Adapun, topik ini menjadi penting karena di masa pandemi, terlebih di era new normal seperti sekarang, banyak terjadi perubahan atau penyesuaian dari segi kehidupan bermasyarakat.

Tentu saja, untuk bisa dapat bertahan di keadaan sekarang, sebuah bisnis harus ikut beradaptasi dan salah satu caranya adalah memanfaatkan transformasi digital untuk berbisnis.

Nah, untuk membahas hal ini, KoinWorks mengundang para ahli yang memiliki kapabilitas untuk membicarakan transformasi digital dalam berbisnis, khususnya di Indonesia di masa new normal.

Adapun, pembicara yang ada adalah Teten Masduki (Menteri Kementrian Koperasi dan UKM Indonesia) dan Bobby Gafur (Wakil Ketua Umum KADIN). Dari KoinWorks juga ada Bernard Arifin (COO Koinworks).

Bagaimana pembahasan mereka? Berikut rangkumannya!

#DIALOKAL Koinworks x Kemenkop x KADIN: Akselerasi Transformasi Digital Bisnis hadapi The New Normal

Bagaimana kondisi sektor UKM ditengah pandemi saat ini? 

Pandemi COVID-19 menyebabkan dampak signifikan terhadap sektor ini, mengingat daya beli masyarakat yang juga cenderung menurun. Namun, bagaimana kondisi sebenarnya?

Walaupun sektor formal belum berjalan dengan baik, namun UKM merupakan mayoritas yang menopang perekonomian, apalagi di tahun 1998.

Tahun ini terdapat anggaran belanja 1,100T. Ada juga bansos yang akan memperkuat daya beli. Dengan market yang begitu besar di Indonesia jika distimulir daya belinya, kemungkinannya besar UKM bisa bertahan dengan negara yang tergantung pada ekspor.

Menurut Pak Bobby, terdapat shifting besar yang membuat banyak bisnis lari ke ekonomi digital. Perihal logistik dan keuangan, pemerintah harus bisa berperan kuat di sini.

Mengenai permodalan, mereka harus ada jaminan dan kelayakan usaha. Diperkirakan Indonesia harus bisa masuk ke langkah inovatif mendahului negara lain karena pangsa pasar Indonesia masih bisa tumbuh 2.9% akibat dari konsumsi rumah tangga dan pendukungnya.

Akses Permodalan dari Keberadaan FinTech

Koinworks berusaha agar tetap bisa memberi akses permodalan ke sektor UKM, bagaimana bisa memberi bantuan ke orang-orang dengan kategori unbank.

Saat ini KoinWorks sudah membantu banyak pemain UKM di sektor online agar akhirnya bisa mengembangkan bisnis. Supaya bisa bertahan, ada hal yang harus dipenuhi, yaitu mereka harus go digital.

Akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Pemerintah

Pak Teten menyampaikan bahwa, pembiayaan dari pemerintah sudah banyak melalui KUR, masalahnya adalah masih belum mudah bagi UKM untuk mengakses pembiayaan yang tersedia.

Dalam prakteknya memberikan agunan, isu ini diangkat dalam rapat kabinet untuk dicari alternatif kepada UMKM. khususnya untuk anggaran belanja pemerintah. Banyak UKM yang tidak mau naik kelas karena bukan itu tujuan mereka.

Dana dengan bunga KUR 6% ini pasti diinginkan namun aksesnya sulit dan masih cukup berat. Jika layanan perbankan masih kaku, maka tidak akan jalan. Chanelling pembiayaan sangat diperlukan karena KUR saja kurang efektif untuk UMKM.

Pentingnya Adapatasi di Era New Normal

Memasuki masa new normal, bisnis yang tadinya bagus bisa berpotensi ke merugi dan yang sebelumnya menengah bisa jadi meraup banyak keuntungan. Siapa yang bisa transisi dan adaptasi, salah satunya masuk ekonomi digital maka akan tetap dapat berkembang.

Kerjasama Dalam Sektor Pembiayaan

Supaya dapat banyak membantu level ultra mikro, dalam sektor pembiayaan diharapkan ada kerjasama FinTech dan perbankan, tidak hanya murah tapi mudah diakses.

Apalagi jika sudah bermitra dengan UKM berskala besar, mindset akan berubah. Di Indonesia baru 5% UMKM yang berhubung dengan bisnis besar. Memang penting kemitraan usaha besar dan UMKM sehingga sektor UMKM juga bisa berkembang.

Dukungan Koinworks Terhadap UKM Saat Masa Pandemi

Di masa Pandemi, KoinWorks tetap membantu dengan mempermudah akses mereka mendapat pembiayaan sebagai perusahaan yang berbasis teknologi.

Pembiayaan Non-Bank dari FinTech

Masuk ke digital ekonomi adalah suatu keharusan di era new normal. Spirit Presiden dengan KUR 350 T akan disalurkan, tapi sebenarnya KUR pernah dievaluasi tahun 2014 karena dinilai kurang efektif kalo lewat perbankan, dengan mekanisme yang masih belum maksimal.

Dengan FinTech, pemerintah menyediakan pembiayaan untuk berkembangnya usaha kecil dan menengah. Walaupun bukan bentuk KUR beberapa fintech sudah jadi perpanjangan tangan Bank.

P2P Lending misalnya, dengan memanfaatkan teknologi, dari sisi peminjam tidak perlu memberikan dokumen secara fisik untuk verifikasi.

Terakhir, dalam rangka akselerasi pertumbuhan UKM, kemitraan dari digitalisasi harus dimaksimalkan dan hubungan dengan pemerintah juga harus dikuatkan.


Demikian event recap dari “#DIALOKAL Koinworks x Kemenkop x KADIN: Akselerasi Transformasi Digital Bisnis hadapi The New Normal” yang diselenggarakan tanggal 12 Juni 2020 lalu.

Diharapkan, dengan diselenggarakannya acara ini, bisa membantu UKM Indonesia dalam menghadapi The New Normal.

Sampai jumpa di event #DIALOKAL selanjutnya!

<
>
SeninSelasaRabuKamisJumatSabtuMinggu
          1 2
3 4 5Miko Talk RamadhanMiko Talk RamadhanTime: 3:00 PM - 5:00 PM
Live Talkshow Session
Instagram Live
6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31            
Kategori
 Bazaar
 Bersama Mitra
 Fintech Days
 Komunitas KoinWorks
 Sosialisasi dan Edukasi
 Umum

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​