Home » Media » Tingkatkan Kualitas KoinP2P, KoinWorks Mengubah Kebijakan Dana Provisi

Tingkatkan Kualitas KoinP2P, KoinWorks Mengubah Kebijakan Dana Provisi

·
2 menit
Tingkatkan Kualitas KoinP2P, KoinWorks Mengubah Kebijakan Dana Provisi

Untuk meningkatkan kualitas produk KoinP2P, KoinWorks akan melakukan perubahan kebijakan Dana Provisi.

Perubahan ini akan diberlakukan mulai dari 1 Agustus 2022.

Dana Provisi adalah dana cadangan yang dicadangkan KoinWorks jika terjadi gagal bayar.

Dengan perubahan kebijakan ini, KoinWorks dapat meningkatkan kualitas kolektibilitas peminjam agar bisa lebih bertanggungjawab terhadap kewajiban yang dimiliki berdasarkan Perjanjian Kredit. 

Dengan memiliki tingkat kolektibilitas yang baik maka produk KoinP2P yang ditawarkan KoinWorks kepada pendana akan lebih berkualitas.

Simak selengkapnya mengenai perubahan kebijakan Dana Provisi di bawah ini!


Definisi:

Kecuali konteksnya menentukan lain, istilah-istilah dalam Syarat dan Ketentuan di bawah ini akan memiliki arti sebagai berikut:

  1. Collection Effort adalah upaya Perusahaan untuk melakukan penagihan kepada Peminjam
  2. Recovery Effort adalah upaya Perusahaan untuk mendapat pengembalian pinjaman dari Peminjam.
  3. Dana Provisi (Dana Cadangan) adalah dana cadangan yang dicadangkan Perusahaan jika terjadi gagal bayar
  4. Gagal Bayar adalah suatu keadaan dimana seorang peminjam tidak dapat memenuhi kewajibannya baik sebagian dan/atau seluruhnya sesuai dengan Perjanjian Kredit.
  5. Layanan adalah jasa penyediaan ruang yang disediakan oleh Perusahaan pada Platform untuk mempertemukan para Pendana dan Peminjam dalam rangka melaksanakan kegiatan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi (peertopeer lending).
  6. Perjanjian Kredit adalah perjanjian pinjam meminjam antara Peminjam dan Perusahaan sehubungan dengan Pinjaman dalam rangka penyediaan Layanan yang diberikan oleh Perusahaan.
  7. Perusahaan atau Kami adalah PT Lunaria Annua Teknologi suatu perusahaan yang menyediakan Platform dalam rangka melaksanakan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi (peer to peer lending).
  8. Pendana adalah Pengguna yang menggunakan Layanan yang bermaksud untuk memberikan pendanaan dalam melalui Platform. Dalam hal ini antara Pendana telah bersedia untuk memberikan kuasa pada Perusahaan untuk memberikan Pinjaman, melakukan pengurusan terhadap Pinjaman, termasuk namun tidak terbatas menandatangani Perjanjian Kredit dengan Peminjam.
  9. Peminjam adalah setiap Pengguna yang menggunakan Layanan yang bermaksud untuk menerima Pinjaman melalui Platform.
  10. Pinjaman adalah dana yang diberikan oleh Pendana untuk ditujukan kepada Peminjam melalui Rekening Penampungan.
  11. Platform adalah www.koinp2p.com beserta aplikasi mobile yang terinstall di masing-masing perangkat Pengguna.

 

Saat Peminjam dinyatakan terlambat melakukan pembayaran atas Pinjaman, maka terhitung sejak hari pertama hingga hari ke-90, Perusahaan akan melakukan Collection Effort sampai dengan hari ke-91.

Selama 90 hari, jika Peminjam masih kooperatif, bisnis masih berjalan, dan bisa dikontak, Kami akan melakukan negosiasi untuk restrukturisasi utang agar Peminjam dapat melakukan pengembalian Pinjaman dengan pokok dan bunga yang telah ditentukan, meskipun dengan tenor yang lebih panjang (maksimum selama 24 bulan).

Jika Peminjam sudah melalui masa Collection Effort dan Recovery Effort, namun Peminjam terbukti tetap tidak bisa memenuhi kewajibannya selambat-lambatnya 180 hari sejak jatuh tempo dikarenakan bisnisnya tidak lagi berjalan dan/atau alasan lainnya, maka Kami akan menyatakan Pinjaman sebagai Gagal Bayar dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk melindungi Pemberi Pinjaman sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

Aktivitas untuk menyatakan Pinjaman sebagai Gagal Bayar dan pencairan Dana Cadangan akan dilakukan 1 kali pada tanggal 25 setiap bulannya atas Pinjaman yang dinyatakan Gagal Bayar sampai dengan tanggal 20 di bulan berjalan.

Misalnya, jika produk KoinP2P Gagal Bayar pada tanggal 15 Juni, pernyataan status Gagal Bayar dan pencairan Dana Provisi akan dilakukan pada tanggal 25 Juni.  Jika produk KoinP2P Gagal Bayar pada tanggal 28 Juni, maka pernyataan status Gagal Bayar dan pencairan Dana Provisi akan dilakukan pada tanggal 25 Juli.

Tingkatkan Kualitas KoinP2P, KoinWorks Mengubah Kebijakan Dana Provisi

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​