Pertanyaan yang Paling Sering Diajukan

Temukan jawaban atas setiap pertanyaan yang ingin kamu ajukan.

Siapa yang bisa menjadi Pendana di KoinP2P?

Warga Negara Indonesia yang berusia minimal 17 tahun dan tinggal di Indonesia serta tunduk pada hukum yang berlaku di Negara Indonesia. Selain itu, Warga Negara Indonesia yang tinggal di luar negeri atau pun Warga Negara Asing yang berdomisili di Indonesia juga dapat menjadi Pendana di KoinWorks.

Baiklah, bagaimana cara saya memulai?

Setelah kamu terdaftar dan selesai diverifikasi, kamu bisa langsung mulai mencari Peminjam yang sesuai dengan kriteria kamu. Klik di sini untuk mendaftar sebagai Pendana.

Mulai mendanai!

Progress bar menunjukkan proses pendanaan untuk setiap Pinjaman yang aktif. Jika progress bar telah mencapai 100%, artinya pinjaman tersebut telah mencapai jumlah yang diminta dan tidak dapat menerima pendanaan lagi. Kamu bisa mulai mendanai dari Rp100.000. Kamu bisa memilih untuk mendanai satu atau banyak pinjaman pada waktu yang bersamaan. Tidak ada batasan berapa banyak pinjaman yang bisa kamu pilih, tapi untuk mengamankan pilihan kamu mohon pastikan kamu memiliki saldo yang cukup sebelum menaruh jumlah pendanaan kamu.

Apakah dana saya di KoinP2P aman?

KoinWorks secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 27 April 2017. Sebagai penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi peer to peer lending (P2P Fintech Lending), KoinWorks resmi terdaftar dalam administrasi Direktorat Kelembagaan dan Produk IKNB Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor registrasi S-1862/NB.111/2017.

KoinWorks telah memenuhi seluruh standar otoritas terkait sistem elektronik, mitigasi risiko, kelayakan tenaga kerja dan infrastruktur penunjang kegiatan operasional lainnya. Selain itu, KoinWorks telah menyiapkan dana proteksi untuk para pendana demi meminimalisir pencurian atau kerugian modal pendanaan apabila terjadi gagal bayar. Namun perlu diingat, bahwa kegiatan dalam berinvestasi tentunya juga memiliki risiko bagi pendana. Selain bunga, kamu bisa melihat tingkat risiko berdasarkan pendanaan yang kamu salurkan di KoinWorks di sini.

Apa yang terjadi pada sebuah pinjaman bila Peminjam meninggal dunia?

KoinWorks telah mengambil langkah-langkah antisipatif untuk melindungi dana para Pendana bila Peminjam meninggal dunia sebelum pinjamannya terlunasi. KoinWorks bekerja sama dengan Bank Mega dan Sinarmas sebagai mitra penyedia asuransi jiwa bagi setiap Peminjam sepanjang proses pembayaran pinjaman.

Bagaimana jika Peminjam saya gagal bayar?

Apabila Peminjam tidak membayar cicilan lebih dari 90 hari dan tidak ada itikad baik untuk melakukan pembayaran, maka pinjaman tersebut akan disebut sebagai gagal bayar. Apabila pinjaman terlambat atau menjadi gagal bayar, Tim Collection KoinWorks akan mencoba menagihkan pembayaran dengan menggunakan praktik terbaik dalam industri keuangan dan diatur dalam hukum Negara Indonesia.

Siapa yang akan meminjam dari saya?

Di KoinWorks kamu meminjamkan langsung ke orang dan bisnis sesungguhnya, bukan ke produk keuangan buatan. Para Peminjam kami mendaftarkan pinjaman untuk tujuan yang membangun, seperti mengembangkan bisnis, memperbaiki kondisi keuangan, dan pendidikan.

Semua Peminjam di KoinWorks harus melewati beberapa proses evaluasi dan validasi data untuk mendapatkan pinjaman. Mereka juga akan melewati proses analisa kredit yang meliputi analisa laporan keuangan, analisa permohonan pinjaman, dan algoritma analisa keuangan kami untuk mengevaluasi kemampuan pembayaran mereka. Mohon diperhatikan bahwa permohonan pinjaman di KoinWorks terbagi dalam beberapa kategori yang diberikan berdasarkan analisa risiko.

Bagaimana hal ini menguntungkan saya?

Kami memotong biaya serta inefisiensi yang seringkali muncul dalam perbankan tradisional dan memberikan manfaat lebih kepada Peminjam dan Pendana. Kami akan menghubungkan kamu dengan Peminjam yang sudah kami evaluasi kelayakan dan kemampuan pembayarannya. Setelah permohonan Peminjam selesai dievaluasi dan diverifikasi, KoinWorks akan menentukan penilaian kredit dan menentukan bunga pinjaman. Setelah itu pinjaman akan disampaikan kepada para Pendana untuk dapat didanai dengan sistem lelang.

Bagaimana KoinWorks mengatur risiko?

Gagal bayar selalu jadi bagian dari risiko dalam meminjamkan uang, karena selalu ada risiko Peminjam tidak bisa lagi melunasi pinjaman, maka kami menyarankan para Pendana untuk membaca informasi tentang layanan Peer-to-Peer agar lebih mengerti keuntungan dan risiko dalam mendanai pinjaman.
Meski demikian, KoinWorks telah memitigasi risiko ini dengan berbagai langkah:

Kualitas dan Penilaian Kredit
Kami menggunakan Big Data untuk melengkapi atau menggantikan cara tradisional dan menjalankan algoritma penilaian kredit kami. Hanya Peminjam yang lulus yang akan mendapat persetujuan pinjaman. Peminjam yang sudah disetujui akan diberikan penilaian kredit. Penilaian kredit ini dibagi dari A sampai E berdasarkan risiko mereka, masing-masing dengan 5 tingkatan penilaian. Pinjaman yang memiliki risiko lebih tinggi akan diberikan bunga kredit lebih tinggi sebagai kompensasi untuk risiko yang diambil Pendana.

Dana Perlindungan
Sebagai bagian dari komitmen untuk melindungi para Pendana, KoinWorks mengalokasikan sebagian keuntungan khusus untuk Dana Proteksi. Dana ini bertujuan untuk meminimalisir kerugian sisa modal Pendana apabila ada pinjaman yang gagal bayar.

Pengaturan Portofolio
Karena sistem kami memungkinkan kamu untuk mendanai pinjaman dalam jumlah kelipatan kecil, kamu dapat membagi dana ke dalam banyak pinjaman dengan variasi risiko, bunga pinjaman, lama pinjaman, sektor industri dan faktor-faktor lain yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Mitra yang Terkemuka
Kami bekerjasama dengan mitra-mitra terdepan dalam kualitas dan teknologi untuk memberikan kualitas analisa pinjaman yang lebih baik dan untuk memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pengguna layanan kami.

Proteksi Data
Semua data yang dikirim dari browser kamu ke website kami dienkripsi menggunakan standar industri SSL. Website kami juga di-hosting pada pusat data yang aman, terenkripsi dan secara berkala dibuatkan backup. Pusat data kami dilindungi firewall dan mekanisme keamanan lain yang terjaga dan termonitor. Akses ke akun kamu juga dilengkapi menggunakan kode sandi dan konfirmasi PIN ke nomor seluler kamu.

Berapa jumlah minimum atau maksimum dana yang dapat saya pinjamkan?

Setelah terdaftar sebagai Pendana, kamu dapat meminjamkan dana mulai dari Rp100.000 dan berlaku kelipatan. Tidak ada batasan seberapa besar kamu dapat mendanai pinjaman, tetapi kami sarankan untuk membagi dana kamu ke beberapa pinjaman.

Bagaimana saya mengirim dana ke KoinWorks?

Setelah akun kamu terdaftar dan teraktivasi, kamu akan diberikan dengan nomor virtual account yang unik. Informasi mengenai nomor virtual account kamu dapat dilihat di dasbor Pendana.

Kapan saya akan mendapatkan pembayaran dari pinjaman?

Kamu akan mendapatkan pembayaran dari Peminjam secara bulanan. Dana yang tersedia dapat dicairkan kapan saja dari dasbor Pendana. Setelah kamu mengajukan pencairan dana, maka dana akan kami dikirim ke rekening bank kamu.

Bunga Efektif per Tahun

Mohon perhatian bahwa pendanaan mungkin akan menghasilkan bunga yang berbeda-beda, dengan rincian sebagai berikut:
A = Mulai dari 12%
B = Mulai dari 15%
C = Mulai dari 18%
D = Mulai dari 21%
E = Mulai dari 24%
Ungraded = Mulai dari 38%

Bagaimana perhitungan biaya keterlambatan?

Jika mendanai dengan pembayaran pengembalian dalam bentuk cicilan bulanan, maka Pendana akan mendapatkan 3% per bulan. Sedangkan jika mendanai dengan pembayaran pengembalian dalam bentuk lump sum, maka Pendana akan mendapatkan 1x bunga harian yang dihitung sejak hari pertama keterlambatan.

Apa itu Auto Purchase?

Auto Purchase adalah fitur pendukung untuk mendanai secara otomatis sesuai dengan instruksi atau filter yang telah ditentukan.

Bagaimana cara kerja Auto Purchase?

Lewat fitur ini, Pendana dapat menentukan filter pinjaman berdasarkan Jenis Pinjaman, Grade, Tenor, Metode Pengembalian, hingga Nominal Pendanaan yang akan disalurkan secara otomatis. Agar Auto Purchase dapat berjalan lancar, Pendana harus memiliki Saldo Tersedia (KOIN atau pun dana yang telah disetor) terlebih dahulu. Nantinya, setiap kali pinjaman yang sesuai kriteria yang ditetapkan terbit ke dalam platform KoinWorks, nominal pendanaan yang sudah ditentukan akan secara otomatis tersalurkan.

Apakah ada biaya lain yang dikenakan oleh KoinWorks?

Ya, biaya 1% dari setiap pembayaran dalam bentuk cicilan bulanan dan biaya 5% dari bunga untuk pengembalian dalam bentuk lumpsum.

Kalau pinjaman dibatalkan, uang saya bagaimana?

Jika kamu mendanai dengan Koin, Koin akan dikembalikan pada akun dan jangka waktu ditambah 30 hari. Setelah modalnya sudah kembali ke akun kamu, silakan mendanai lagi.

Bagaimana cara memilih pendanaan?

Di KoinWorks, kami memberikan kebebasan kepada seluruh Pendana untuk memilih pendanaan berdasarkan preferensi seperti Grade dan Tenor.

Apakah KoinWorks sudah terdaftar di OJK?

Iya, KoinWorks yang berada dalam naungan PT Lunaria Annua Teknologi sebagai penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi, peer to peer lending (P2P Fintech Lending), resmi terdaftar dalam administrasi Direktorat Kelembagaan dan Produk IKNB Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor registrasi S-1862/NB.111/2017.

Apa yang dimaksud dengan pinjaman yang direstrukturisasi?

Restrukturisasi Pinjaman merupakan langkah yang diambil KoinWorks dan Peminjam untuk mencegah terjadinya gagal bayar dengan memperpanjang durasi tenor pinjaman. Hal ini dilakukan demi meringankan beban cicilan bulanan sang Peminjam dengan memperpanjang masa pinjaman sekaligus mengurangi nominal cicilan per bulan. Dengan langkah ini, KoinWorks dan Peminjam dapat meredam risiko kerugian dana Pendana agar dana yang dialokasikan dapat tetap kembali sepenuhnya, hanya saja dengan durasi yang lebih lama.

Tinggalkan Balasan