Ridwan Mualik: Tumbuhkan Kebanggaan Produksi Lokal

·
2 menit
Ridwan Mualik: Tumbuhkan Kebanggaan Produksi Lokal

Busana Kreasi Bangsa (BKB) adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi untuk kebutuhan fashion.

Sekarang, perusahaan ini memiliki 365 klien di Indonesia.

Untuk memenuhi klien sebanyak itu, BKB telah merangkul karyawan yang mengalami PHK dan para ibu rumah tangga di sekitarnya yang sudah ahli dalam bidang garmen.

Dengan upayanya untuk merangkul para pekerja yang terkena dampak dari pandemi Covid-19, bisa dikatakan, BKB memiliki titik kebangkitan selama pandemi ini.

BKB juga memiliki tujuan untuk memajukan brand lokal dengan nilai-nilai yang tidak kalah bagus dengan brand internasional.

Dengan upayanya untuk memajukan brand lokal, BKB patut untuk dikagumi karena keinginan untuk menumbuhkan rasa bangga yang tinggi pada produk dengan brand dan produksi lokal dari Indonesia.

Saat berbincang dengan Ridwan Mualik selaku CEO dari BKB, ia menjelaskan bahwa awalnya BKB berdiri atas kebutuhan UMKM dan entrepreneur fashion yang memiliki kesulitan untuk menangani produksi sendiri.

Maka dari itu, BKB hadir untuk melayani produksi hingga proses pengiriman.

Ia pun ingin usahanya untuk menyediakan konsultasi seperti warna fashion terkini, hingga konsultasi tampilan etalase di e-commerce.

Dalam perjalanannya menjalankan BKB, Ridwan bercerita bahwa ia juga menggunakan KoinWorks untuk membantu perusahaannya.

Setelah beberapa kali mengajukan pinjaman ke KoinWorks melalui KoinBisnis dan menggunakan fitur Payment Link dan NEO Card, ternyata KoinWorks sudah sangat membantunya.

Dana pinjaman pun digunakan untuk memfasilitasi klien dengan potensi yang tinggi namun tidak bisa memenuhi jumlah minimal pemesanan di BKB.

Karena kepercayaan tim BKB, mereka memberdayakan UMKM dan memberikan pinjaman dana terlebih dahulu untuk membeli bahan produksi.

“Pengajuan di KoinWorks cukup mudah untuk UMKM, semua persyaratan bisa dipenuhi dengan baik. Untuk Top Up nilai (meningkatkan pinjaman) juga cepat. Jadi, KoinWorks lebih memudahkan, karena super app banget.”

Setelah mendapatkan pendanaan pun performa bisnis meningkat sebesar 15%.

Walau sempat mengalami penurunan pada awal tahun ini, pada bulan Oktober naik kembali menjadi 10%.

Sebelum menutup percakapan ini, Ridwan bercerita, BKB bermimpi untuk memiliki kantor yang besar dan manajemen yang terstruktur.

Selain itu, BKB juga ingin sekali menampung bakat anak muda yang memahami kreativitas dan kolaborasi, ini dikarenakan BKB ingin memberikan konsultasi untuk para UMKM juga.


Itulah pengalaman Ridwan Mualik selama mengembangkan bisnisnya, Busana Kreasi Bangsa.

Dari ceritanya, ternyata pinjaman bisnis membantu sekali, bukan hanya untuk bisnisnya, namun untuk UMKM lainnya juga.

Bagi kamu yang membutuhkan pinjaman juga, jangan khawatir!

Yuk, ajukan pinjaman bisnis di KoinBisnis sekarang juga!

Ridwan Mualik: Tumbuhkan Kebanggaan Produksi Lokal

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​