Apa saja Risiko investasi dan pendanaan KoinWorks?

Peminjaman uang adalah aktifitas yang memiliki banyak risiko dan ini adalah realitas yang sama di Platform KoinWorks.

Kami mengambil banyak langkah dalam menilai suatu pinjaman agar hanya peminjam yang cakap yang bisa mendapatkan pinjaman.

Akan tetapi, proses seleksi dan analisa kami tidak sempurna, dan tidak akan bisa menghapus segala jenis risiko. 

Sebelum anda mengambil keputusan untuk memberi pinjaman di Platform KoinWorks, kami menyarankan anda membaca bagian ini agar anda mendapat pengertian mengenai risiko-risiko yang mungkin bisa terjadi sewaktu menggunakan Platform kami.

Kami juga mohon pengertian bahwa daftar risiko kami tidak komprehensif, dan mungkin belum mencakup semua risiko yang bisa terjadi.

Apabila risiko ini terjadi, ada kemungkinan efeknya cukup signifikan terhadap peminjam, Platform, dan juga pinjaman.

Risiko Bisnis & Industri

Peer to peer lending adalah industri yang baru di Indonesia, dan terdapat banyak ketidakpastian dan tantangan yang dihadapi.

Usaha Baru

Sebagai Perusahaan yang baru dan masih berkembang dengan sejarah operasional yang terbatas, kami memiliki tantangan, ketidakpastian, dan biaya-biaya dalam:

  • Industri yang kompetitif.
  • Merekrut dan menjaga talenta.
  • Menggunakan secara efektif sumber daya yang terbatas.
  • Menciptakan dan meningkatkan kualitas algoritma credit score kami.
  • Menarik users baru dan meningkatkan volume transaksi di Platform kami.
  • Menjaga keamanan platform kami.
  • Membesarkan skala dan menjaga kualitas manajemen risiko kami.

Apabila kami tidak berhasil untuk mencapai satu atau beberapa dari target kami di atas, operasi kami dan kemampuan kami untuk meneruskan usaha mungkin akan terhambat.

Ini bisa menyebabkan penurunan kualitas servis yang kami berikan dan berpotensi mengurangkan nilai pendanaan anda di pinjaman di Platform kami.

Gangguan Layanan dari Provider Kami

Kami memakai berbagai jasa dari Pihak Ketiga dan menggabungkan mereka untuk memberikan suatu solusi jasa yang terpadu di Platform kami.

Ini termasuk koneksi broadband, server, data center, tes keamanan, dan jasa transfer dana. Apabila terjadi gangguan atau kerusakan dari jasa ini, maka jasa layanan yang kami berikan mungkin akan terhambat.

Walaupun kami telah menelaah dan memilih hanya penyedia jasa yang berkualitas, masih terdapat risiko penyedia jasa mengalami insiden yang tidak lazim, yang bisa menyebabkan gangguan layanan kami.

Publikasi Negatif

Potensi kami untuk berkembang sangat tergantung pada kemampuan kami menarik pemakai baru dan talenta-talenta yang baik, yang juga bergantung pada reputasi kami dan industri peer lending.

Terdapat kemungkinan ada kejadian eksternal di luar Platform yang berdampak negatif terhadap reputasi industri atau reputasi kami.

Tim kami menjunjung tinggi transparensi dan integritas dalam semua hal yang kami lakukan, dan kami memiliki visi untuk merekrut hanya orang-orang yang memiliki nilai ini ke dalam tim kami.

Akan tetapi, dengan berkembangnya tim kami, akan tambah sulit untuk menjaga standar ini.

Apabila keamanan kami ditembus, baik dari sisi internal atau eksternal, ataupun kesengajaan dari salah satu anggota tim kami, maka para user kami bisa hilang kepercayaan pada kami.

Para peminjam bisa memberikan informasi yang menyesatkan, tidak tepat, atau tidak jelas.

Kami menelaah para peminjam kami untuk tindakan seperti ini dan mencoba memverifikasi informasi mereka secara efisien.

Kami melakukan ini dengan menggunakan solusi teknologi yang disertai pengecekan konvensional.

Solusi ini belum memiliki sejarah operasional yang lama dan belum tentu 100% akurat.

Karena itu, terdapat risiko fraud atau penipuan terjadi di Platform kami.

Terdapat risiko aktifitas penipuan terjadi di Platform kami.

Kami menggunakan tindakan preventif dan pencegahan dari sisi teknologi untuk mendeteksi dan menghentikan aktifitas ini di Platform kami.

Akan tetapi usaha preventif kami mungkin tidak cukup untuk mencegah semua ini.

Apabila terjadi kejadian penipuan yang lolos dari penjagaan kami, maka reputasi kami bisa memburuk.

Platform kami bukan Platform peer lending satu-satunya.

Apabila kejadian di atas terjadi terhadap Platform lainnya di Indonesia atau di negara lain, maka bisa jadi berdampak negatif terhadap reputasi industri peer lending secara keseluruhan.

Ini bisa berakibat buruk, mengurangi kepercayaan pengguna dan menghentikan niat user baru untuk mendaftar di Platform kami.

Algoritma Credit Scoring Kami Mungkin Tidak Akurat

Sebagian besar dari proses analisa kredit kami memakai algoritma machine learning untuk menelaah karakter peminjam, verifikasi data yang dimasukkan dalam aplikasi, dan menilai kemampuan finansial dia untuk membayar kembali pinjaman.

Algoritma kami diciptakan dan terus menerus dikembangkan dengan data lama dan baru untuk memprediksi performa di masa depan.

Algoritma ini tidak sempurna dan bisa mengalami kesalahan.

Data input bisa jadi menyesatkan atau tidak akurat. Hubungan antara kemampuan bayar dan kondisi dan karakter peminjam adalah kombinasi yang unik, dan mungkin tidak bisa diterapkan ke pribadi dengan kondisi yang berbeda.

Kejadian-kejadian besar seperti resesi, krisis finansial, atau musibah alam bisa mengakibatkan margin kesalahan yang lebih besar pada algoritma kami.

Apabila ini terjadi credit score yang dikeluarkan oleh algoritma kami mungkin tidak akurat terhadap risiko yang ada dan para pendana mungkin bisa mengalami kerugian yang lebih besar dari ekspektasi.

Risiko Gagal Bayar Mungkin di Atas Ekspektasi Kami

Kejadian gagal bayar adalah suatu kesatuan dengan aktifitas peminjaman dana. Tidak ada sistem yang bisa menjaga rasio 100% pembayaran pinjaman.

Apabila tingkat gagal bayar dari peminjam naik, maka para pendana bisa mengalami kerugian dan berhenti menggunakan Platform kami.

Fluktuasi Suku Bunga

Suku bunga di industri keuangan bisa berfluktuasi dari waktu ke waktu dan mengikuti kondisi ekonomi.

Perubahan drastis terhadap suku bunga ini bisa menyebabkan aktifitas pinjam meminjam di Platform kami kurang menguntungkan, dan kami mungkin akan mengalami kesulitan untuk memberikan kualitas layanan yang sama.

Hacking, Virus dan Penyusupan

Platform kami mungkin bisa menjadi target kejahatan cyber, virus, malware ataupun penyusupan yang bersifat elektronik ataupun fisik.

Ini bisa menyebabkan tercurinya data users kami dan kemungkinan data ini digunakan untuk aktifitas kriminal.

Kejadian ini bisa juga menyebabkan litigasi hukum yang mahal, publikasi negatif, atau proses keamanan yang lebih mahal, yang menghambat usaha kami. 

Kami menerapkan sistem keamanan dan berbagai persiapan untuk insiden buruk, dan juga jasa konsultasi independen terhadap keamanan kami.

Akan tetapi, tidak ada sistem yang 100% aman dan penyusupan keamanan mungkin terjadi.

Usaha Kami Bisa Terhambat Apabila Terjadi Musibah

Musibah bisa menyebabkan kerusakan terhadap kantor dan servers kami, atau menyebabkan luka ke anggota tim kami, dan ini bisa menyebabkan Platform mengalami keterlambatan atau menjadi offline sementara.

Kami memiliki prosedur disaster recovery, tapi ini akan memakan waktu dan biaya untuk membawa kualitas layanan kami kembali ke level sebelum kejadian. 

Usaha kami sangat bergantung terhadap fungsional infrastruktur internet dan telekomunikasi.

Musibah seperti gempa, banjir, terorisme, aksi massa, dan lainnya bisa menyebabkan kerusakan terhadap infrastruktur ini dan menyebabkan gangguan atau pengentian terhadap servis kami. Ini bisa berdampak negatif atas kualitas layanan kepada users kami dan kerugian kepada pendana kami.

Peminjam Bisa Melunaskan Pinjaman Lebih Awal

Pinjaman di Platform kami mengijinkan peminjam untuk melunaskan lebih awal pinjaman mereka tanpa biaya penalti.

Apabila pelunasan awal terjadi, peminjam hanya perlu membayar total hutang yang masih tersisa, tanpa menghitung bunga yang seharusnya di bayar apabila hutang itu terus berjalan.

Dalam hal ini apabila pendana tidak menggunakan kembali dana yang dikembalikan lebih awal, maka pendana mungkin tidak bisa mencapai tingkat imbal balik yang diinginkan di awal.

Data Pihak Ketiga

Kami menggunakan data dari Pihak Ketiga sebagai bagian dari input untuk algoritma kami.

Para Pihak Ketiga ini sudah kami telaah dan pilih secara seksama dan kami percaya kepada mereka untuk memberikan data yang akurat.

Tetapi, kita tidak memiliki kontrol terhadap proses internal mereka dan mungkin terjadi kesalahan terhadap keakurasian data yang mereka berikan kepada kami, yang bisa menyebabkan analisa kredit yang salah.

Kesalahan Peranti Lunak

Kami menggunakan software yang cukup kompleks dan rumit untuk menjalankan banyak proses operasional kami.

Software ini sering kami perbarui dan kembangkan dengan fitur-fitur baru untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada users kami.

Tim kami melakukan tes terhadap setiap iterasi dan pengembangan baru sebelum kami aplikasikan ke Platform kami.

Akan tetapi, prosedur kami tidaklah sempurna dan mungkin bisa terjadi kesalahan dari waktu ke waktu yang masuk ke Platform kami.

Kamu Dapat Kehilangan Sebagian atau Semua Dana yang Kamu Pinjamkan Kepada Peminjam

Gagal bayar merupakan realitas dalam kegiatan peminjaman, anda harus ingat bahwa ada sebagian atau semua peminjam anda akan gagal bayar atas pinjaman yang anda berikan.

Dengan meminjamkan dana melalui platform kami, anda hanya harus meminjamkan jumlah yang anda yakin bisa mengatasi kerugian terhadap dana yang telah anda pinjamkan.

Pembayaran Bergantung Pada Pembayaran yang Dilakukan oleh Peminjam

Platform kami hanyalah mediator, dan memberikan pembayaran pinjaman dari peminjam kepada pendana.

Kami tidak bertanggung jawab apabila peminjam tidak melakukan pembayaran atau gagal bayar atas pinjaman mereka.

Oleh karena itu, harus anda ingat bahwa jika peminjam lupa, telat atau gagal membayar kewajiban atas pinjaman mereka, akan berdampak pada jadwal pengembalian anda pula.

Pinjaman Tidak Diasuransikan

Pinjaman yang anda danai melalui platform kami tidak diasuransikan atau dilindungi oleh pihak lain, dan juga tidak dijamin oleh pemerintah.

Jika peminjam gagal bayar, dan kami atau mitra kami gagal memulihkan pokok pinjaman secara sebagian atau sepenuhnya, maka kerugian tidak akan ditanggung oleh pihak manapun dengan cara apapun.

Jika Pembayaran Pinjaman Telat dari Jadwal yang Ditentukan

Jika peminjam gagal melakukan pembayaran sesuai dengan jadwal, kami akan mengambil tindakan yang kami rasa diperlukan untuk menindaklanjuti peminjam.

Namun, jika telah melewati 30 hari, akan ada kemungkinan kami merujuk kepada agen penagihan untuk penindaklanjutan, dan biaya atas jasa penagihan ini bisa dikenakan terhadap pokok pinjaman yang bisa dipulihkan.

Pendana harus mencatat bahwa jika kasus ini terjadi mereka tidak akan mendapatkan jumlah yang penuh atau adanya kemungkinan upaya penagihan gagal untuk mendapatkan pinjaman kembali.

Peminjam mungkin Melihat Pinjaman Kami Tidaklah Sebegitu Penting

APR indikatif yang kami tampilkan bergantung pada peminjam dalam melakukan pembayaran angsuran secara tepat waktu.

Peminjam mungkin tidak menilai pinjaman melalui Platform kami sama pentingnya dengan pinjaman yang didapatkan dari sumber tradisional seperti bank atau institusi keuangan lainnya.

Jika peminjam gagal melakukan pembayaran pada waktu yang telah ditentutkan, atau memilih untuk tidak membayar pinjaman mereka, Pendana mungkin akan mengalami kerugian.

Algoritma Credit Score Kami Berdasarkan Data Historis

Bagian yang teramat penting dari penilaian risiko kredit kami adalah algoritma yang melihat data historis yang akan memprediksi masa yang akan datang.

Karena data tersebut didasarkan pada populasi dengan kondisi dan rentang waktu tertentu maka mungkin tidak dapat memprediksi kinerja kredit aktual secara akurat pada hari ini atau di masa datang.

Peminjam Dapat Memberikan Informasi yang Sesat

Peminjam dapat memberikan informasi yang tidak lengkap, menyesatkan, atau informasi yang tidak akurat mengenai diri mereka sendiri di aplikasi peminjaman.

Jika hal itu terjadi dan sistem kami gagal untuk memverifikasi informasi palsu tersebut, algoritma credit score kami akan memberikan hasil yang tidak mencermikan kelayakan kredit dari peminjam. 

Selain itu, terdapat risiko di mana setelah mengambil pinjaman di platform kami peminjam melakukan tindakan yang menurunkan kualitas kelayakan kredit mereka.

Hal ini termasuk lalai membayar kewajiban mereka, mengambil tambahan pinjaman di tempat lain, kehilangan pekerjaan, atau kejadian lainnya yang mana berada di luar kendali dan di luar ruang lingkup penilaian kami.

Penipuan Identitas

Kami bekerja ssama dengan penyedia jasa pihak ketiga untuk memverifikasi identitas para pengguna kami.

Bagaimanapun juga, terdapat risiko atas pencurian identitas yang dapat timbul di platform kami tanpa kami sadari. 

Atas kejadian tersebut, platform kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dapat diterima oleh pendana.

Kondisi yang Berada di Luar Kendali Kami ataupun Peminjam

Pendana harus memperhatikan bahwa terdapat kejadian – kejadian di luar kendali kami ataupun Peminjam yang dapat mempengaruhi kemampuan mereka untuk mengembalikan pinjaman.

Hal ini termasuk penurunan aktifitas ekonomi, perlambatan di sector tertentu, kecelakaan kerja, PHK, atau bencana yang menyebabkan cidera atau cacat atas peminjam, dan lain – lain.

Diversifikasi

Kami sangat menyarankan pendana agar tidak menyalurkan dana hanya untuk beberapa pinjaman.

Jika anda meminjamkan kepada sejumlah kecil peminjam saja, tingkat pengembalian anda akan bergantung pada kinerja sejumlah kecil peminjam.

Diversifikasi atau penganekaragaman pendanaan anda atas lebih dari 100 pinjaman akan sangat mengurangi risiko yang timbul, meskipun tidak berarti risiko tersebut hilang.

Anda tentu masih dapat kehilangan sebagian atau semua pinjaman yang anda berikan.

Dalam Hal Kematian

Pinjaman yang melalui proses penilaian kami dan berasal melalui platform kami terlindungi oleh pihak asuransi dalam hal terjadinya kejadian peminjam meninggal dunia.

Bagaimanapun, masih ada biaya yang terkait dengan perusahaan asuransi dan prosesnya akan memakan waktu sesuai dengan prosedur dari perusahaan asuransi.

Akan timbul juga risiko bila perusahaan asuransi tidak dapat memverifikasi meninggal dunianya peminjam, atau tidak dapat memproses penggantian atas pembayaran.

Pinjaman Mulai Menumbuhkan Bunga di saat Pencairan

Ketika peminjam menampilkan aplikasi pinjaman mereka di platform kami, mereka akan melalui proses pendanaan yang memerlukan waktu 2 minggu atau kurang jika ternyata pinjaman terpenuhi sebelum waktu yang telah diberikan.

Bunga atas pinjaman akan mulai dihitung ketika dana dicairkan kepada peminjam.

Jika proses pendanaan gagal memenuhi batas minimum maka pinjaman akan gagal dan dana akan dikembalikan kepada pendana yang telah menawarkan pinjaman atas aplikasi tersebut.

Pinjaman Tidak Mudah Dipindahtangankan

Pinjaman yang berasal dari platform kami tidak mudah diperdagangkan dengan pihak lain.

Kami bekerja untuk menyediakan likuiditas atas pinjaman kami di masa yang akan datang, namun saat ini jika anda memberikan pinjaman melalui platform kami, anda harus bersiap untuk menahan pinjaman anda hingga saat jatuh tempo.

Pendana Tidak Memiliki Kontrol atas Kami

Pendana yang menggunakan platform kami setuju untuk terikat dengan syarat dan ketentuan, dan mengerti bahwa partisipasi dalam platform kami tidak memberikan hak untuk mengkontrol atau mempengaruhi operasional dan kebijakan perusahaan kami.

Bagaimana KoinWorks Mengatur Risiko?

Kami memotong biaya serta inefisiensi yang seringkali muncul dalam perbankan tradisional dan memberikan manfaat lebih kepada Peminjam dan Pendana.

Kami akan menghubungkan kamu dengan Peminjam yang sudah kami evaluasi kelayakan dan kemampuan pembayarannya.

Setelah permohonan Peminjam selesai dievaluasi dan diverifikasi, KoinWorks akan menentukan penilaian kredit dan menentukan bunga pinjaman.

Setelah itu pinjaman akan disampaikan kepada para Pendana untuk dapat didanai dengan sistem lelang.

Bagaimana KoinWorks mengatur risiko? Gagal bayar selalu jadi bagian dari risiko dalam meminjamkan uang, karena selalu ada risiko Peminjam tidak bisa lagi melunasi pinjaman, maka kami menyarankan para Pendana untuk membaca informasi tentang layanan Peer-to-Peer agar lebih mengerti keuntungan dan risiko dalam mendanai pinjaman.

Meski demikian, KoinWorks telah memitigasi risiko ini dengan berbagai langkah:

Kualitas dan Penilaian Kredit

Kami menggunakan Big Data untuk melengkapi atau menggantikan cara tradisional dan menjalankan algoritma penilaian kredit kami.

Hanya Peminjam yang lulus yang akan mendapat persetujuan pinjaman. Peminjam yang sudah disetujui akan diberikan penilaian kredit.

Penilaian kredit ini dibagi dari A sampai E berdasarkan risiko mereka, masing-masing dengan 5 tingkatan penilaian.

Pinjaman yang memiliki risiko lebih tinggi akan diberikan bunga kredit lebih tinggi sebagai kompensasi untuk risiko yang diambil Pendana. 

Dana Perlindungan

Sebagai bagian dari komitmen untuk melindungi para Pendana, KoinWorks mengalokasikan sebagian keuntungan khusus untuk Dana Proteksi.

Dana ini bertujuan untuk meminimalisir kerugian sisa modal Pendana apabila ada pinjaman yang gagal bayar.

Pengaturan Portofolio

Karena sistem kami memungkinkan kamu untuk mendanai pinjaman dalam jumlah kelipatan kecil, kamu dapat membagi dana ke dalam banyak pinjaman dengan variasi risiko, bunga pinjaman, lama pinjaman, sektor industri dan faktor-faktor lain yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Mitra yang Terkemuka

Kami bekerjasama dengan mitra-mitra terdepan dalam kualitas dan teknologi untuk memberikan kualitas analisa pinjaman yang lebih baik dan untuk memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pengguna layanan kami.

Proteksi Data

Semua data yang dikirim dari browser kamu ke website kami dienkripsi menggunakan standar industri SSL. 

Website kami juga di-hosting pada pusat data yang aman, terenkripsi dan secara berkala dibuatkan backup.

Pusat data kami dilindungi firewall dan mekanisme keamanan lain yang terjaga dan termonitor. Akses ke akun kamu juga dilengkapi menggunakan kode sandi dan konfirmasi PIN ke nomor seluler kamu.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​