Home » Bantuan » , » Apa yang terjadi jika saldo kas saya menganggur (idle funds) selama lebih dari dua hari?

Apa yang terjadi jika saldo kas saya menganggur (idle funds) selama lebih dari dua hari?

Apabila saldo kasmu menganggur selama lebih dari dua hari, maka saldo kamu akan dialokasikan secara otomatis ke reksa dana.

Hal tersebut merupakan aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang tidak memperbolehkan saldo pendana P2P  mengendap lebih dari dua hari.

Oleh karena itu, KoinWorks sebagai penyelenggara fintech telah menunjuk Mandiri Manajemen Investasi (MMI) sebagai rekan manajer investasi untuk mengelola dana tersebut.

Dana tersebut akan diinvestasikan ke instrumen pasar modal Reksa Dana Mandiri Investa Pasar Uang 2 (MIPU2).


Apa itu Reksa Dana?

Reksa dana adalah sebuah wadah alternatif investasi yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan ke dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi (berdasarkan UU No 8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal).


Apa Perbedaan Investasi dan Menabung?

Menabung adalah kegiatan menyimpan uang untuk dipergunakan sewaktu-waktu apabila diperlukan.

Investasi adalah kegiatan menanamkan uang pada suatu aset produktif guna memperoleh imbal hasil atau mencapai tujuan dan dalam jangka waktu tertentu.


Bagaimana Dana Saya Dialokasikan?

Dana kamu akan secara otomatis diinvestasikan ke reksa dana jika mengendap di sistem Koinworks lebih dari 2 hari (T+2).

Peraturan ini berlaku untuk semua Pendana yang sudah terdaftar di platform KoinWorks (kecuali WNA / Warga Negara Asing).

KoinWorks saat ini sudah terintegrasi dengan PT Mandiri Manajemen Investasi di mana setiap Pendana akan menerima Single Investor Identification (SID) dan Investor Fund Unit Account (IFUA) agar dana tersebut bisa dialokasikan menjadi unit reksa dana.

Dana yang diinvestasikan akan dicatat dan disimpan oleh Bank Kustodian di mana keseluruhan proses diawasi oleh OJK sehingga keamanannya terjamin.


Apa yang Dimaksud dengan SID dan IFUA?

SID atau Single Identification Number merupakan sebuah kode tunggal dan spesial yang menunjukkan bahwa kamu telah terdaftar sebagai Investor.

Setiap Pendana hanya akan memiliki satu SID saja.

Maka dari itu, apabila kamu sebelumnya sudah memiliki SID, maka PT Mandiri Manajemen Investasi hanya akan membuat IFUA saja, yang mana bisa menggunakan NIK masing-masing Pendana.

SID sendiri dibuat demi meningkatkan keamanan produk investasimu.

Sementara itu, IFUA atau Investor Fund Unit Account merupakan sub rekening khusus yang digunakan untuk menampung reksa dana kamu.


Siapa yang Akan Mengelola Dana Saya?

KoinWorks bekerja sama dengan PT Mandiri Manajemen Investasi, atau yang biasa dikenal sebagai Mandiri Investasi, didirikan pada Desember tahun 2004 sebagai hasil spin-off dari PT Mandiri Sekuritas.

Mandiri Investasi, sebagai bagian dari PT Bank Mandiri Tbk Group, adalah manajer investasi lokal terbesar dan berpengalaman di bidangnya.

Dengan pengalaman selama 14 tahun, Mandiri Investasi saat ini menjadi Manajer Investasi nasional terbesar di Indonesia dengan total AUM sebesar Rp55.376 triliun per Juni 2019.


Apakah Saya Tetap Bisa Mentransfer Dana, Membeli Pinjaman, dan Menarik Dana?

Ya, kamu tetap bisa beraktivitas seperti biasa di platform KoinWorks karena seluruh proses yang dijalankan bersama PT Mandiri Manajemen Investasi sudah terintegrasi dan bisa dijalankan secara real-time.

Proses pembelian pinjaman dapat dijalankan langsung oleh Pendana tanpa harus melakukan pencairan reksa dana terlebih dahulu.

Kepemilikan unit reksa dana akan secara otomatis berkurang sesuai dengan jumlah pendanaan yang dilakukan. 

Jumlah pendanaan dihitung berdasarkan jumlah unit reksa dana yang dikalikan dengan harga NAB per unit untuk hari tersebut.


Apa itu NAB dan NAB per Unit?

NAB (Nilai Aktiva Bersih) suatu reksa dana adalah jumlah total dana yang dikelola oleh Manajer Investasi atas produk reksa dana yang dimaksud.

NAB/UP = Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan menyatakan harga suatu reksa dana.


Jika Saya Sudah Memiliki SID, Apakah KoinWorks akan Membuatkan SID yang Baru?

Tidak. Kamu akan menggunakan SID yang sudah dimiliki atau yang sudah terdaftar sebelumnya.

Namun perlu diingat, segala aktivitas yang dilakukan di platform KoinWorks bersama PT Mandiri Manajemen Investasi, hanya dapat diakses melalui KoinWorks.

Kamu tidak dapat mengakses saldo yang sudah dialokasikan menjadi Reksa Dana Mandiri Investa Pasar Uang 2 (MIPU2) di luar platform Koinworks.


Di Mana Saya Bisa Melihat Aktivitas Pengelolaan Dana Tersebut?

Kamu bisa melihat seluruh aktivitas serta keluar-masuk dana dengan mengklik gambar garis tiga di pojok kanan atas aplikasi KoinWorks, pilih “Cash Info”, pilih “Fund Transfer”, lalu pilih “Fund Transfer History”. 

Di halaman terakhir, kamu bisa men-scroll dan menemukan riwayat keluar-masuk uang.

Apa yang terjadi jika saldo kas saya menganggur (idle funds) selama lebih dari dua hari? Apa yang terjadi jika saldo kas saya menganggur (idle funds) selama lebih dari dua hari? Apa yang terjadi jika saldo kas saya menganggur (idle funds) selama lebih dari dua hari? Apa yang terjadi jika saldo kas saya menganggur (idle funds) selama lebih dari dua hari?


Apakah Pengelolaan Dana ini Aman?

Pengelolaan dana ini dipastikan aman karena Dana Tersedia-mu akan disimpan dalam virtual account atas nama kamu oleh Bank Kustodian yang bekerja sama dengan PT Mandiri Manajemen Investasi, yaitu Standard Chartered Bank.


Apakah KoinWorks dan PT Mandiri Manajemen Investasi juga akan Mengalokasikan KOIN ke Reksa Dana?

Dana yang akan dialokasikan KoinWorks dan PT Mandiri Manajemen Investasi berasal dari Saldo Kas (cash) kamu sehingga apabila kamu memiliki KOIN di Saldo Tersedia kamu, KOIN tidak dapat dialokasikan menjadi reksa dana.


Apabila Saya Ingin Mendapatkan Informasi Lebih Mengenai PT Mandiri Manajemen Investasi, ke mana Saya Bisa Menghubungi?

Kamu bisa menghubungi melalui email: [email protected], nomor telepon: 021 – 526 3505, atau WhatsApp di nomor: 0816 860003.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​