Home » Bantuan » , » Kapan saya akan mendapatkan pengembalian dan apa yang dimaksud dengan pengembalian bulanan / cicilan, lump sum dan grace period?

Kapan saya akan mendapatkan pengembalian dan apa yang dimaksud dengan pengembalian bulanan / cicilan, lump sum dan grace period?

Kamu akan mendapatkan pembayaran dari Peminjam secara bulanan atau lump sum (langsung di akhir tenor).

Dana yang tersedia dapat dicairkan kapan saja dari dasbor Pendana.

Setelah kamu mengajukan pencairan dana, maka dana akan kami dikirim ke rekening bank kamu.


Pengembalian Bulanan

Pada produk pinjaman dengan metode ini, Pendana akan menerima imbal hasil berupa pokok pinjaman ditambah bunga setiap bulannya selama tenor berlangsung.

Bila suatu produk memiliki tenor 12 bulan, Pendana akan mendapatkan pengembalian setiap bulan sebanyak 12 kali selama tenor berlangsung.

Produk pinjaman dengan metode pengembalian bulanan hanya memiliki 2 tanggal jatuh tempo yaitu tanggal 1 atau 15 setiap bulannya.

Jika pinjaman dicairkan pada tanggal 1 – 15, maka tanggal jatuh tempo pada tanggal 1 dimulai dari bulan berikutnya.

Jika pinjaman dicairkan pada tanggal 16 – 31, maka jatuh tempo pada tanggal 15 dimulai dari bulan berikutnya.

Bunga untuk pinjaman dengan pengembalian bulanan dihitung bulanan walaupun peminjam melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo.

*Untuk ketentuan mengenai keterlambatan bisa baca selengkapnya di sini

Simulasinya seperti berikut:

Simulasi Pengembalian Cicilan KoinWorks

 

Pada metode pengembalian bulanan, KoinWorks mengenakan potongan biaya layanan sebesar 1% dari setiap pengembalian (pokok, bunga, dan keterlambatan apabila ada) yang diterima Pendana setiap bulannya.

 

Pengembalian Lump Sum

Pada pengembalian dengan metode ini, Pendana akan mendapatkan pengembalian pokok dan bunga sekaligus di akhir tenor dalam sekali pembayaran.

Contohnya, bila suatu pinjaman memiliki tenor 3 bulan, maka Pendana akan mendapatkan pengembalian di bulan ke-3 (akhir tenor).

Bunga untuk pinjaman dengan pengembalian Lump Sum dihitung harian dihitung dari pinjaman dicairkan sampai dengan peminjam melakukan pembayaran.

Mohon diperhatikan bahwa ada waktu proses untuk dana diterima oleh pendanana maksimum 3 (tiga) hari kerja dihitung dari pembayaran dari peminjam.

Contohnya, bila tenor awal adalah 3 bulan (90 hari) tetapi dibayarkan oleh peminjam 80 hari setelah pinjaman dicairkan dan dana diterima oleh pendana pada hari ke-81, maka bunga yang akan diterima adalah sesuai yang dibayarkan oleh peminjam yaitu senilai bunga selama 80 hari.

Pada metode pengembalian lump sum KoinWorks mengenakan potongan biaya layanan sebesar 5% dari bunga yang diterima Pendana.

Simulasinya seperti berikut:

 

Simulasi Pengembalian Lump Sum

 

Setiap produk pinjaman lump sum akan diberikan label Lump sum pada bagian Jenis Pembayaran di dalam detail produk.

 

Pinjaman dengan Grace Period

Untuk jenis pinjaman ini, Pendana hanya mendapatkan pengembalian berupa bunga setiap bulannya selama tenor Grace Period berlangsung.

Setelah Grace Period berakhir, Pendana akan mendapatkan pengembalian berupa akumulasi pokok di masa Grace Period beserta bunga.

Misalnya, suatu produk yang memiliki tenor 12 bulan dengan Grace Period selama 6 bulan (pada menu Telusuri/Browse Loan ditandai dengan G6+6), maka di bulan pertama hingga ke-6, Pendana hanya akan mendapatkan pengembalian berupa bunganya saja.

Setelah masa Grace Period berakhir (bulan ke-7 hingga ke-12), Pendana akan mendapatkan pokok (akumulasi dari bulan pertama hingga ke-6) di bulan ke-7 hingga ke-12 beserta bunganya.

Pada metode pengembalian dengan Grace Period KoinWorks mengenakan potongan biaya layanan sebesar 1% dari setiap pengembalian (pokok, bunga dan keterlambatan apabila ada) yang diterima Pendana.

Pada masa pembayaran Grace Period, hanya dipotong 1% dari bunga yang diterima.

Simulasinya seperti berikut:

 

Simulasi Grace Period

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​