Bagaimana Proses Persetujuan Limit KTA oleh Bank

Mulai Melakukan Pengajuan Pinjaman di Koperasi yang Dipilih

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan tipe pembiayaan yang tampaknya sedang menjadi primadona di kalangan yang membutuhkan dana cepat yang bisa dicairkan dalam waktu singkat. Dikenal juga sebagai Personal Loan, KTA merupakan tipe pinjaman di mana pemberi dana tidak mewajibkan nasabah untuk menjaminkan benda tertentu guna memperoleh pinjaman. Meski demikian, bukan berarti bahwa nasabah kemudian akan dengan mudah memperoleh pinjaman yang diinginkan. Diperlukan dokumen dan beberapa hal lain guna memperlancar urusan.

Artikel ini ingin membicarakan tentang bagaimana proses persetujuan limit KTA dijalankan oleh bank, yang biasanya memberikan pinjaman mulai dari 5 juta sampai 250 juta rupiah. Sebagaimana yang diketahui, umumnya KTA bisa diperoleh dengan syarat serta mekanisme tertentu. Proses persetujuan Kredit Tanpa Agunan pun pada umumnya melibatkan penaksiran terhadap pengeluaran serta penghasilan finansial dari calon debitur. Artinya, taksiran pinjaman akan disesuaikan dengan kemampuan nasabah. Proses penaksiran menjadi sebuah bagian mata rantai proses pencairan yang krusial. Sebab KTA tidak membutuhkan jaminan apapun, dan karenanya dibutuhkan proses penaksiran yang melibatkan pemeriksaan dokumen tertentu, supaya sebuah solusi bisa ditemukan oleh kedua belah pihak, baik kreditur maupun debitur. Setelah analisis/penaksiran selesai dilakukan, bank kemudian akan mulai menyetujui pinjaman dari debitur. Setelahnya dana akan dicairkan, yang biasanya diberikan mulai dari 3 sampai 8 kali berdasarkan jumlah gaji bulanan dari calon debitur.

Dalam proses penaksiran, kehadiran beberapa tipe dokumen sangat diperlukan. Lalu apa saja dokumen yang perlu dipersiapkan oleh calon debitur Kredit Tanpa Agunan, supaya proses peminjaman berjalan dengan lancar? Berikut daftar beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan:

  • Fotokopi sampul buku tabungan
  • Mutasi rekening buku tabungan dalam jangka waktu 3 bulan terakhir
  • Slip gaji terakhir
  • Arsiran pada bagian depan kartu kredit
  • Fotokopi kartu kredit dari bank, dengan keanggotaan sedikitnya selama 1 tahun terakhir
  • Fotokopi identitas peminjam
  • Fotokopi NPWP (sangat diperlukan bila jumlah pinjaman yang diajukan mencapai lebih dari 50 juta rupiah)
  • Fotokopi paspor/KTP

Satu item krusial yang wajib dimiliki oleh orang yang mengajukan Kredit Tanpa Agunan adalah kartu kredit. Kartu kredit diperlukan oleh bank untuk melacak sekaligus memantau pola pembayaran calon nasabah. Dari sana bisa diketahui apakah pembayaran nasabak baik (tidak ada limit yang tak terkontrol dan tidak ada keterlambatan) ataukah buruk (pemakaian kartu kredit over limit dan sering terlambat membayar tagihan). Karena itulah bank pemberi KTA biasanya mewajibkan calon debitur untuk memiliki kartu kredit yang sudah berlaku setidaknya selama setahun.

Dalam mata rantai langkah persetujuan KTA, bank juga biasanya mewajibkan calon debitur untuk mengisi formulir, baik secara offline maupun online. Opsi terakhir lebih memudahkan calon peminjam dan biasanya ada banyak bank yang sudah menyediakan form pengajuan Kredit Tanpa Agunan secara online.

Setelah dokumen dipersiapkan dan formulir sudah diisi, langkah selanjutnya adalah proses verifikasi. Biasanya bank akan melakukan verifikasi dan kemudian mengabari calon debitur, dimana wawancara akan dilakukan setelahnya oleh pihak bank. Wawancara bisa dilakukan melalui telpon maupun secara langsung. Proses verifikasi diperlukan supaya bank bisa memeriksa kelengkapan syarat untuk pengajuan Kredit Tanpa Agunan. Bank akan melakukan verifikasi dengan cara mendatangi rumah maupun kantor calon debitur. Oleh karena itulah sebaiknya nomor telpon calon debitur dituntut untuk selalu aktif setiap saat.

Normalnya, dana hasil KTA baru akan cair maksimum dua minggu setelah proses verifikasi selesai, dengan catatan tidak ada masalah berarti dari sisi calon debitur. Akan tetapi bila belum ada kepastian setelah dua minggu, ada baiknya pihak calon debitur menanyakan perihal kepastian pencairan dana. Bila menginginkan proses yang lebih cepat, ada beberapa lembaga keuangan lain yang juga bisa mencairkan dana KTA selambat-lambatnya dalam waktu tiga hari.

Kiranya demikian gambaran umum mengenai proses persetujuan limit KTA yang dilakukan oleh kreditur dan debitur. Secara umum, KTA bisa digunakan untuk membiayai berbagai macam keperluan, mulai dari modal usaha, membiayai pernikahan, renovasi rumah, biaya liburan dan pendidikan, serta berbagai macam biaya lainnya. Kredit Tanpa Agunan menjadi alternatif untuk mereka yang ingin meminjam uang guna memenuhi kebutuhan konsumsi.

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Jonathan

Jonathan

Head of Marketing at KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.