Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Facebook Ads: Jenis, Cara Membuat dan Tutorial Lengkap

Facebook Ads: Jenis, Cara Membuat dan Tutorial Lengkap

·
5 menit
Facebook Ads

Setiap pengusaha di era digital tentunya sudah tidak asing lagi dengan sebutan Facebook Ads. 

Ya, facebook ads merupakan salah satu tools pemasaran yang wajib digunakan terutama bagi mereka para pelaku online bisnis. 

Dilansir dari katadata, pengguna facebook di Indonesia sampai dengan maret 2021 adalah sebanyak 175,3 juta pengguna atau setara dengan 63, 4% dari jumlah populasi di Indonesia.

Artinya adalah peluang untuk menggapai lebih banyak konsumen dengan beriklan di facebook ads sangatlah besar.


Apa itu Facebook Ads?

Sebelum melangkah lebih jauh, mari pastikan bahwa pemahaman dasar yang kamu miliki tentang Facebook Ads sudah benar.

Secara singkat, Facebook Ads merupakan sebuah fitur berbayar yang disedikan oleh Facebook untuk memberi kesempatan bagi para pengguna yang ingin melakukan promosi atau iklan.

Facebook Ads menjadi platform iklan berbayar paling populer karena pengguna bisa mengatur jangkauan iklan yang mereka pasang berdasarkan demografi, usia maupun jenis ketertarikan seseorang.

Dengan begitu, iklan yang kamu pasang akan lebih terfokus dan tepat sasaran.


Jenis Facebook Ads

Tahukah kamu?

Facebook sangat mementingkan kebutuhan setiap para penggunanya, untuk itu ada berbagai jenis pilihan Facebook Ads yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

Facebook Foto Ads

Jenis Facebook Ads yang pertama dan yang paling sering digunakan adalah Foto Ads, atau sederhananya adalah menyajikan iklan dalam bentuk foto.

Perlu diketahui bahwa yang Instagram Ads adalah bagian dari Facebook, jadi dengan kata lain apabila kamu mau beriklan di instagram maka kamu harus terhubung dengan akun Facebook.

Facebook Inc merupakan sebuah perusahaan yang menaungi berbagai macam media sosial termasuk instagram dan juga platform chat WhatsApp.

Salah satu cara mudah untuk mengidentifikasi sebuah iklan pada sosial media adalah adanya tulisan “sponsored” dibawah nama akun.

Seperti yang dibawah ini:

 

FB Ads Foto KW


Facebook Video Ads

Selain dalam bentuk foto, Video Ads juga cukup digemari terutama bagi brand yang ingin menunjukan keunggulan produk mereka secara lebih jelas.

Misalnya saja brand pakaian ataupun sepatu.

Durasi untuk sebuah iklan video facebook adalah mulai dari 1 detik hingga 241 menit, sedangkan untuk Instagram Ads durasi maksimal adalah 60 detik.

FB Ads Video


Facebook Carousel

Merupakan jenis iklan facebook yang bisa kamu gunakan apabila kamu ingin menampilkan lebih dari satu produk dalam satu iklan.

Selain itu, facebook carousel juga bisa digunakan untuk menampilkan sebuah tutorial karena terdiri dari beberapa halaman yang bisa digeser hanya dengan mengklik tanda panah ke kanan maupun ke kiri.

Contoh iklan facebook carousel:

Facebook Carousel


Facebook Offering Ads

Satu lagi pilihan FB Ads yang bisa kamu pilih adalah iklan penawaran langsung.

Berbeda dari jenis ads sebelumnya yang tidak terlalu terkesan sebagai sebuah iklan karena penawaran promosinya tersirat dalam sebuah konten yang menarik, iklan penawaran langsung ini lebih to the point.

Biasanya, iklan penawaran langsung ini digunakan ketika ada promo spesial seperti diskon akhir tahun dan lain sebagainya.

Facebook


Tutorial Membuat Facebook Pages

Bagi para pemula pastikan untuk membuat facebook page terlebih dahulu sebelum memasang iklan facebook.

Mengapa?

Ya, karena ini merupakan syarat dan tahapan wajib yang harus kamu lakukan, tanpa adanya facebook pages maka kamu tidak dapat beriklan di facebook.

Bagaimana cara membuatnya?

  • Masuklah ke halaman facebook pages terlebih dahulu. Di halaman ini kamu harus memasukkan beberapa informasi seperti nama toko, jenis industri, dan juga sedikit deskripsi tentang toko kamu kemudian klik “create page”.

 

Facebook Page

  • Setelah itu, kamu akan mendapatkan tampilan seperti ini

FB page

Facebook pages untuk toko kamu telah tersedia. Untuk penampilan lebih baik kamu bisa memasukkan banner foto di bagian atas.

  • Kemudian kamu juga bisa membuat postingan untuk mempromosikan toko kamu dengan mengklik “create posting”. Kamu juga bisa mengundang teman kamu ke halaman toko dengan klik invite. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan postingan kamu ini sebagai iklan facebook dengan klik promosi.


Tutorial Membuat Facebook Ads

Sebelum membuat facebook ads, pastikan kamu telah membuat target audiens di facebook insights. 

Hal ini akan sangat membantu kamu untuk dapat menjangkau audiens yang pas agar budget iklan kamu tidak terbuang begitu saja.

  • Langkah pertama adalah masuk ke halaman Facebook Ads Manager. Masuk ke menu kampanye lalu pilih buat iklan apabila ingin membuat iklan baru.

Tutorial FB Ads

  • Setelah itu tentukan tujuan dari iklan ini, misalnya untuk brand awareness ataupun langsung ke target penjualan.

Iklan Facebook

  • Kemudian tentukan nama kampanye tersebut, misalnya saja Promo Akhir Bulan dan lain sebagainya.
  • Langkah selanjutnya adalah menentukan anggaran dan periode iklan.

  • Setelah itu kamu juga harus menentukan target audiens. Di halaman ini kamu bisa membuat target audiens baru berdasarkan lokasi, usia, bahasa ataupun audiens khusus yang artinya adalah orang-orang yang pernah berhubungan dengan bisnismu misalnya mengunjungi website atau sosmed. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan target audiens yang sudah kamu buat sebelumnya di FB Insights.

  • Kemudian tentukan penempatan iklan. Sebagai saran, sebaiknya memilih penempatan secara otomatis karena facebook akan membantu kamu dalam meletakkan iklan di tempat yang sesuai dengan target kamu.

FB Ads

  • Pilihlah format iklan yang ingin kamu gunakan, misalnya format foto, video ataupun carousel.
  • Kemudian buatlah teks yang menarik untuk iklan kamu, mulai dari judul sampai dengan deskripsi. Sebaiknya pelajari cara membuat copywriting menarik terlebih dahulu sebelum membuat Facebook Ads karena hal tersebut akan menunjang keberhasilan iklan.
  • Langkah terakhir adalah kamu akan di arahkan ke kolom pembayaran. Di sini kamu bisa memilih metode pembayaran baik debit ataupun kredit.

Dalam sebuah bisnis, biasanya anggaran pemasaran akan memakan jumlah yang cukup besar. Namun, mengingat hasil yang didapat akan setimpal rasanya tidak apa-apa untuk mengeluarkan anggaran lebih sebagai bentuk investasi pada bisnis yang akan mendatangkan keuntungan di kemudian hari.

Yang paling penting adalah pastikan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat agar uang yang dikeluarkan tidak terbuang sia-sia.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya!


Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Gina Valerina
Beware of little expenses, a small leak will sink a great ship - Benjamin Franklin

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​