Promosi Usaha Melalui Media Sosial

media sosial - 6 Cara Upgrade Keuangan Lewat Media Sosial, Pernah Memikirkannya?-digital marketing-tips membuat cv-Batasi Kunjungan Situs Belanja Online-Hapus Aplikasi Belanja Online di Ponsel-3 Aplikasi Smartphone yang Bikin Kamu Gagal Hemat-Strategi Bisnis Offline Agar Tidak Punah di Zaman E-commerce

Melakukan promosi melalui media sosial terbukti ampuh dengan penghasilan yang lebih meningkat dan berkembang dari waktu ke waktu. Semua orang mempunyai media sosial dan ini menjadikan produk mudah dikenal minimal dalam lingkaran pertemanan yang ada. Bagi perusahaan dan pebisnis yang lebih besar maka kekuatan media sosial pun bisa digunakan untuk melakukan promosi produk juga jasa sehingga banyak khalayak yang mampu mengenali juga tertarik untuk membeli produk dan jasa tersebut. Semua itu berkat adanya media sosial dengan beragam bentuk juga beragam cara yang bisa digunakan untuk melakukan promosi tersebut.

5 Cara Melakukan Promosi Melalui Media Sosial

Promosi di dalam media sosial dilakukan dengan cara menyebarkan konten informasi,promosi atau pun ilmu yang bisa memberikan kebermanfaatan pada market. Misalnya ketika akan menjual perlengkapan bayi maka informasi yang bisa dibagikan adalah serba serbi pengetahuan tentang bayi dan tata cara pengurusannya atau fakta menarik tentang bayi. Semua itu bisa didapatkan dengan mudah dari buku dan lain sebagainya. Bisa juga dengan melakukan promosi dengan mengadakan giveaway atau melakukan kuis berhadiah yang menarik dengan hadiah perlengkapan bayi dan ide ide menarik lainnya yang bisa digunakan. dan berikut beberapa cara ampuh yang bisa dilakukan untuk melakukan promosi menggunakan media sosial.

Baca Juga: Cara Menambah Followers Instagram

  1. Menyelenggarakan kuis yang merupakan cara yang paling ampuh untuk mempromosikan sesuatu ke media sosial. Ini dikarenakan karena impersi yang tinggi dari segmen pasar. Sebuah kontes akan memberikan hadiah dan orang orang mempunyai kecenderungan menyukai hadiah. Keterlibatan konsumen atau calon konsumen amatlah tinggi karena mereka akan tertarik pada hadiah yang dibagikan. Perlu diingat bahwa persyaratan atau ketentuan kontes jangan terlalu rumit yang akan membuat konsumen enggan untuk mengikuti. Selain itu berikan hadiah yang menyangkut produk yang diperjual belikan supaya konsumen lebih tahu mendalam mengenai produk tersebut juga menumbuhkan kecintaan tersendiri bagi mereka.
  2. Berbagi Pengetahuan selain melakukan kontes merupakan cara yang kreatif untuk mempromosikan sesuatu menggunakan media sosial. Berbagi informasi yang berkaitan dengan produk akan sangat membantu meningkatkan ketertarikan akan produk yang sedang diperkenalkan. Misalnya ketika ingin mempromosikan produk makanan maka informasikan mengenai nilai gizi dan kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan dan lain sebagainya. Dengan begitu maka konsumen akan tertarik untuk mencoba produk karena ingin mendapatkan keuntungan bagi kesehatannya. Sesekali bisa juga berbagi tips untuk pembaca sehingga kegiatan promosi menjadi benar benar bermanfaat untuk semua orang.
  3. Lakukan kegiatan beriklan yang sudah disediakan oleh media sosial. Misalnya menggunakan media sosial facebook maka akan tersedia fasilitas beriklan seperti sponsored stories, CPC, Page post ads Facebook, page like Ads,  dan lain sebagainya. Selain bisa menggunakan fasilitas beriklan maka bisa juga dengan melakukan  sponsorship  pada akun media sosial yang memiliki banyak pengikut. Dalam istilah sekatang maka disebut sebagai endorsement. Karena advertisement memerlukan biaya dan pembiayaan sedang tidak bisa dilakukan, koperasi pinjaman akan memberikan solusi berupa dana untuk dijadikan modal promosi
  4. Jangkaulah komunitas karena media sosial merupakan tempat berkumpul banyak orang bahkan tak jarang mereka mempunyai kesamaan minat untuk membentuk grup dan komunitas. Hadirnya komunitas akan menjadi sebuah sasaran empuk bagi pelaku bisnis dimana mereka bisa melakukan promosi dengan baik. Hadirnya komunitas klub bisa jadoi tempat yang paling maksimal dalam menggarap semua pembaca konten dan iklan bisa digapai dengan satu kali pengiklanan. Beragam media sosial mempunyai komunitas dengan minat tertentu maka pilihlah yang sesuai dengan produk dan jasa yang bisa diminati oleh mereka.
  5. Pergunakan status dan tweet dimana merupakan cara promosi yang paling sederhana. Caranya yaitu membuat promo menggunakan status yang diinginkan. Promo menggunakan status atau tweet dianggap tidak berkelas padahal jangkauannya bisa luas jika dikemas dengan kreatif dan menyenangkan. Penggunaan status untuk promo pun perlu dijadwalkan dan diatur sedemikian rupa sehingga orang orang tidak merasa terganggu dengan status atau tweet tersebut. Dalam satu hari perlu diperhitungkan berapa tweet dan seberapa kali status bisa dibuat dengan cara tertentu dan pembagian waktu yang berbeda beda. Semuanya bisa diperhatikan terutama jenis konten.

Demikian cara ampuh untuk melakukan promosi menggunakan media sosial, semoga bisa bermanfaat dan mengalirkan banyak keuntungan untuk pelaku usaha produk dan jasa.

 

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.