Mendapatkan Dana Pinjaman Tunai Segera dengan Gadai BPKB

Ketika Anda dan banyak orang lainnya menginginkan dana bantuan tunai cepat, maka sudah banyak orang termasuk Anda yang paham jika menggadaikan BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor) adalah salah satu cara untuk mendapatkan dana pinjaman tunai segera yang cepat. Dengan hanya hitungan menit atau maksimal satu jam saja, Anda sudah mendapatkan dana yang Anda butuh kan di tangan.

Hal yang sama tidak akan Anda dapatkan ketika Anda menjual barang Anda secara online atau langsung, tak ada pembeli yang bisa langsung menarik barang Anda selama 30-60 menit pertama ketika Anda menjual barang Anda. Dewasa ini, peminjaman uang menggunakan jaminan BPKB merupakan hal yang paling digemari oleh siapa saja untuk mendapatkan pinjaman tunai segera, terlebih ketika Anda membutuhkan dana secara mendadak. Lalu bagaimana dengan persyaratannya? Jika dilihat dari jenis pinjaman, tentu Anda tak perlu khawatir soal syarat, dilihat dari namanya saja, Anda sudah bisa mendapatkan kemudahan.

Tentu ada hal-hal yang sudah harus Anda dipersiapkan sebelumnya, antara lain KTP/SIM, kartu keluarga, kendaraan yang ingin Anda diagunkan bisa berupa motor atau mobil, BPKB, STNK dan juga salinan semua kelengkapan dokumen tersebut. Nantinya yang akan Anda gadaikan hanya lah BPKP saja, sedangkan yang lainnya tidak. Ada banyak lembaga yang bisa menampung BPKB Anda, Anda tinggal memilih di lembaga mana BPKB Anda akan digadaikan. Pilihan paling populer saat ini adalah Pegadaian, namun selain Pegadaian juga Anda bisa melakukannya ke leasing, bank dan juga lembaga gadai partikelir lainnya. ada baiknya melakukan pembandingan dari semua lembaga tersebut sebelum Anda menyerahkan BPKB Anda.

Misalkan, pilihlah lembaga yang prosesnya cepat dengan biaya bunga yang terbilang sangat ringan dan yang harus dipastikan, besaran angsuran sebisa mungkin tidak melebihi angka 30 persen dari pendapatan. Yang tak kalah penting lainnya adalah kita harus mempelajari denda dan juga sanksi apabila terjadi gagal bayar dalam pinjaman tunai segera ini. Kita harus benar-benar memberikan perhatian pada denda dan sanksi yang diberikan. Tidak ada seorang pun yang dapat menjamin bahwa selama BPKB digadaikan, kondisi keuangan selalu baik-baik saja meski sudah membuat perhitungan sebelumnya. Tidak akan menjadi masalah besar jika hanya sekali dua kali gagal bayar cicilan. Konsekuensi yang didapat hanya terletak pada denda saja.

Namun bagaimana jika ternyata kita memang menghadapi kesulitan melunasi pinjaman tunai segera ini? takut jika didatangi debt collector? Anda tak perlu panik terlebih dulu. Sebaiknya Anda bisa pelajari hak-hak yang dilindungi secara hukum jika terjadi kegagalan pembayaran cicilan.

Diskusi dengan Lembaga Gadai

Berdiskusi dan menceritakan secara terang-terangan dengan lembaga gadai yang Anda tunjuk pada saat ada kesulitan bisa dilakukan. Bahkan cara ini bisa dinilai lebih bijak dibandingkan dengan harus membiarkan masalah secara berlarut-larut tanpa solusi. Biasanya, lembaga gadai juga akan memberikan jalan keluar untuk Anda, seperti meminta kendaraan itu dijual.

Hasil dari penjualan kendaraan Anda pun nantinya akan digunakan untuk menutup sisa utang dan denda yang tertunggak. Termasuk salah satunya biaya pelunasan di muka. Ini adalah sebuah konsekuensi yang harus Anda hadapi ketika Anda menggadaikan BPKB. Sejak awal Anda sudah harus bisa memperhitungkan atau memprediksi jika terjadi gagal bayar dan Anda harus bersiap untuk melego kendaraan Anda.

Jaminan Fidusia

Yang dimaksud jaminan fidusia di sini adalah para pihak yang menjaminkan kendaraan (benda bergerak) tapi hanya menyerahkan kelengkapan dokumen atau suratnya saja (BPKB) tanpa menyerahkan kendaraan secara fisiknya. Jaminan fidusia ini sendiri telah diatur dalam UU No. 4/1996 tentang Hak Tanggungan yang dimiliki Penerima Fidusia.

Pada intinya, fidusia ini akan memberikan jaminan kepada si pemberi hutang yang berhak didahulukan terhadap kendaraan tersebut jika si pengutang gagal untuk melunasi kewajibannya. Jadi, alangkah baiknya ketika Anda menggadaikan BPKB, jangan lupa untuk menyertakan jaminan fidusia di dalamnya yang mana ini akan membuat kedua belah pihak sama-sama dilindungi hukum.

Jadi sebelum memutuskan untuk menggadaikan BPKB Anda untuk mendapatkan pinjaman tunai segera, ada baiknya pelajari dulu dengan cermat bagaimana aturan mainnya. Aturan main itu sudah jelas mengikat kedua belah pihak. Ini sangat penting untuk mengetahui hak-hak apa saja yang kita miliki saat BPKB digadaikan. Meski mengalami gagal bayar, akan tetapi pada kenyataannya kendaraan kita tidak serta merta atau otomatis ditarik pihak lembaga gadai.

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Jonathan

Jonathan

Head of Marketing at KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.