Kondisi perekonomian Indonesia yang terus mengalami fluktuasi membuat masyarakatnya semakin kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kenaikan harga yang tidak disertai dengan peningkatan pendapatan masyarakat membuat kebanyakan orang terpaksa menutupi keperluan hidupnya sehari-hari dengan pinjaman uang kesana kemari. Namun masih banyak pula orang yang belum mengetahui tempat apa saja yang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mendapatkan pinjaman uang. Lalu tempat apa sajakah yang bisa kita jadikan alternatif untuk mendapatkan peminjaman uang?. Ada beberapa alternatif tempat peminjaman uang yang bisa Anda pilih jika Anda sedang membutuhkan dana tunai untuk memenuhi kebutuhan Anda, diantaranya :

  • Bank

Lembaga perbankan merupakan sumber pinjaman uang yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Meski harus memenuhi persyaratan yang cukup banyak, mengajukan pinjaman kepada bank relatif lebih aman dan terjamin. Jika Anda ingin melakukan pinjaman kepada pihak bank namun tidak memiliki barang berharga  yang bisa Anda diberikan sebagai jaminan, maka Anda tak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak bank yang menyediakan pinjaman tanpa jaminan atau kredit tanpa agunan yang melayani jenis pinjaman tanpa meminta jaminan kepada calon peminjamnya, Persyaratan pinjaman tanpa jaminan pun dinilai lebih mudah jika dibandingkan dengan pinjaman dengan jaminan. Namun tanpa adanya jaminan, resiko yang dihadapi oleh pihak bank akan semakin besar. Hal ini berpengaruh terhadap suku bunga pinjaman yang diterapkan oleh jenis pinjaman tanpa jaminan. Suku bunga pinjaman tanpa jaminan relatif lebih tinggi dibandingkan dengan pinjaman dengan jaminan. Suku bunga pinjaman tanpa jaminan bahkan bisa mencapai 20 % per tahunnya.

  • Lembaga Non Bank

Salah satu lembaga non Bank yang bisa Anda jadikan alternatif untuk melakukan pinjaman uang adalah lembaga koperasi. Untuk mengajukan pinjaman kepada lembaga koperasi maka Anda harus terlebi dahulu menjadi anggota dari koperasi tersebut. Dengan menjadi anggota sebuah koperasi, Anda bisa memperoleh dana pinjaman sesuai dengan barang yang dijaminkan. Selain itu Anda juga bisa melakukan pinjaman pada LKM atau Lembaga Keuangan Mikro yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan. Dengan mengajukan pinjaman pada lembaga non bank ini, Anda pun bisa melakukan proses negosiasi mengenai jumlah pinjaman yang Anda butuhkan.

  • Pegadaian

Lembaga keuangan berkekuatan hukum lain yang bisa menjadi alternatif mendapatkan pinjaman uang adalah Pegadaian. Pegadaian merupakan perusahaan BUMN yang sudah lama dipercaya oleh masyarakat untuk mengatasi masalah pendanaan dengan resiko ringan dengan proses yang lebih cepat yaitu sekitar 15 menit. Calon nasabah hanya perlu membawa barang berharga yang bisa dijadikan sebagai jaminan dengan jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan. Jangka waktu pinjaman tersebut juga bisa diperpanjang dengan cara membayar sewa modal atau mengangsur sebagian uang pinjaman.

  • Kerabat atau Teman

Meminjam uang kepada kerabat atau teman merupakan solusi tercepat jika Anda membutuhkan pinjaman uang yang mendadak. Dengan meminjam uang kepada kerabat atau teman Anda tidak diharuskan untuk memenuhi persyaratan yang rumit serta tidak harus membayar bunga seperti meminjam kepada pihak bank atau lembaga keuangan. Selain itu dengan meminjam uang kepada teman atau kerabat Anda tak perlu dipusingkan dengan jangka waktu pengembalian uang karena jangka waktu yang diberikan oleh kerabat atau teman biasanya lebih fleksible. Meski begitu Anda tetap harus bertanggung jawab untuk mengembalikan uang tersebut secara tepat waktu agar Anda tidak kehilangan kepercayaan dari teman atau kerabat Anda saat hendak kembali meminjam uang. Namun meminjam uang kepada kerabat atau teman juga memiliki kekurangan yaitu Anda tidak bisa melakukan pinjaman dengan jumlah uang yang terlalu besar.

  • Lembaga Perorangan

Tempat lain yang bisa memberikan bantuan pinjaman adalah lembaga perorangan. Lembaga perorangan ini biasanya menyediakan jasa pinjaman secara online dengan menggunakan situs web yang dipromosikan melalui internet. Lembaga perorangan ini biasanya tidak memiliki badan hukum sehingga Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih lembaga perorangan yang menawarkan jasa pinjaman uang secara online.

Itulah beberapa tempat yang bisa Anda jadikan alternatif untuk melakukan peminjaman uang. Pilihlah sumber pinjaman uang yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.