Ingin Cari Pinjaman Uang? Coba Ajukan ke 5 Tempat Ini

cari pinjaman uang-3

Ingin Cari Pinjaman Uang? Coba ke 5 Tempat Ini – Semakin ke sini, tak dapat dipungkiri kalau kebutuhan yang harus kita penuhi makin meningkat.

Kehidupan perekonomian yang fluktuatif, tak jarang menimbulkan kenaikan harga kebutuhan yang signifikan.

Seringkali, terjadinya hal tersebut tidak disertai dengan peningkatan pendapatan yang sejalan. Maka dari itu, cari pinjaman uang untuk berbagai kebutuhan pribadi sehari-hari atau bisnis, menjadi jalan keluar.

Tapi sebenarnya, tempat apa saja yang bisa membantu kamu ketika sedang cari pinjaman uang?

Di bawah ini ada 5 alternatif tempat peminjaman uang yang bisa kamu pilih jika  sedang membutuhkan dana tunai untuk memenuhi kebutuhan.


Bank

Mulai Melakukan Pengajuan Pinjaman di Koperasi yang Dipilih

Jika kamu sedang ingin cari pinjaman uang, tempat pertama yang bisa kamu coba ajukan adalah di bank.

Lembaga perbankan merupakan sumber pinjaman uang yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Mengajukan pinjaman ke bank relatif lebih aman dan terjamin, tetapi sebelumnya kamu harus memenuhi persyaratan yang cukup banyak.

Tak jarang juga, kamu diminta untuk menjaminkan barang berharga supaya proses cari pinjaman uang yang kamu lakukan bisa diterima bank.

Tidak punya barang berharga sebagai jaminan? Sekarang bank sudah memiliki KTA atau Kredit Tanpa Agunan, yang memungkinkan kamu meminjam tanpa jaminan apapun.

Namun tanpa adanya jaminan, tentu risiko yang dihadapi oleh pihak bank akan semakin besar.

Nah, hal ini berpengaruh terhadap suku bunga pinjaman yang diterapkan pada pinjaman kamu nantinya.

Suku bunga pinjaman tanpa jaminan relatif lebih tinggi dibandingkan dengan pinjaman dengan jaminan. Suku bunga pinjaman tanpa jaminan bahkan bisa mencapai 20 % per tahunnya.


Lembaga Non-Bank

cari pinjaman uang-2

Salah satu lembaga non-bank yang bisa kamu jadikan alternatif untuk melakukan pinjaman uang adalah lembaga koperasi.

Jika ingin cari pinjaman uang ke lembaga koperasi, maka kamu harus terlebih dahulu menjadi anggota dari koperasi tersebut.

Dengan menjadi anggota sebuah koperasi, kamu bisa memperoleh dana pinjaman sesuai dengan barang yang dijaminkan.

Selain itu kamu juga bisa melakukan pinjaman pada LKM atau Lembaga Keuangan Mikro yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan.

Dengan mengajukan pinjaman pada lembaga non-bank ini, kamu pun bisa melakukan proses negosiasi mengenai jumlah pinjaman yang dibutuhkan.


Pinjaman Online

Dengan berkembangnya teknologi digital, sekarang banyak tersebar pinjaman online (Pinjol) yang menjadi solusi bagi kamu yang sedang cari pinjaman uang.

Biasanya pinjaman uang jenis ini, ditawarkan oleh beragam perusahaan financial technology atau FinTech yang sekarang mengalami pertumbuhan signifikan.

Di satu sisi, hal ini sangat memudahkan, karena biasanya kamu cukup diminta untuk upload dokumen secara online melalui smartphone dan sudah bisa mengajukan pinjaman.

Tapi sayangnya, banyak juga pinjaman-pinjaman online yang tidak memiliki dasar hukum.

Jadi, sebelum mengajukan pinjaman jenis ini, sebaiknya kamu melakukan pengecekan mandiri apakah FinTech pilihan kamu sudah terdaftar, berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bicara tentang pinjaman, bagi kamu yang ingin melakukan pinjaman bisnis online untuk modal tambahan usaha, KoinBisnis dari KoinWorks bisa menjadi solusi.

Kamu bisa mengajukan pinjaman bisnis untuk usaha dengan sistem peer-to-peer lending, hingga Rp2 Miliar dengan bunga rendah mulai dari 0,75% per bulannya.

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Adapun sebagai penyedia produk pendanaan peer-to-peer lending, KoinWorks sudah berizin penuh dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi kamu tak perlu khawatir akan kredibelitasnya.

Jika kamu ingin segera mengajukan pinjaman bisnis ini, silakan untuk melihat info selengkapnya di sini.


Pegadaian

cari pinjaman uang-4

Lembaga keuangan berkekuatan hukum lain yang bisa menjadi alternatif mendapatkan pinjaman uang adalah Pegadaian.

Pegadaian merupakan perusahaan BUMN yang sudah lama dipercaya oleh masyarakat untuk mengatasi masalah pendanaan dengan risiko ringan dengan proses yang lebih cepat yaitu sekitar 15 menit.

Calon nasabah hanya perlu membawa barang berharga yang bisa dijadikan sebagai jaminan dengan jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan.

Jangka waktu pinjaman tersebut juga bisa diperpanjang dengan cara membayar sewa modal atau mengangsur sebagian uang pinjaman.


Kerabat atau Teman

cari pinjaman uang-1

Meminjam uang kepada kerabat atau teman merupakan solusi tercepat jika kamu membutuhkan pinjaman uang yang mendadak.

Dengan meminjam uang kepada kerabat atau teman kamu tidak diharuskan untuk memenuhi persyaratan yang rumit serta tidak harus membayar bunga seperti meminjam kepada pihak bank atau lembaga keuangan.

Selain itu dengan meminjam uang kepada teman atau kerabat kamu tak perlu dipusingkan dengan jangka waktu pengembalian uang karena jangka waktu yang diberikan oleh kerabat atau teman biasanya lebih fleksible.

Meski begitu kamu tetap harus bertanggung jawab untuk mengembalikan uang tersebut secara tepat waktu agar  tidak kehilangan kepercayaan dari teman atau kerabat kamu.

Tapi saat meminjam uang kepada kerabat atau teman biasanya kamu tidak bisa melakukan pinjaman dengan jumlah uang yang terlalu besar.


Nah, itulah beberapa tempat yang bisa kamu jadikan alternatif untuk melakukan peminjaman uang.

Pilihlah sumber pinjaman uang yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang kamu miliki. Semoga bermanfaat. 🙂

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Firda Nur Asmita

Firda Nur Asmita

As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.