Home Bisnis Ingin Cari Pinjaman Uang? Coba Ajukan ke 5 Tempat...

Ingin Cari Pinjaman Uang? Coba Ajukan ke 5 Tempat Ini

Ingin Cari Pinjaman Uang? Coba ke 5 Tempat Ini – Semakin ke sini, tak dapat dipungkiri kalau kebutuhan yang harus kita penuhi makin meningkat.

Kehidupan perekonomian yang fluktuatif, tak jarang menimbulkan kenaikan harga kebutuhan yang signifikan.

Seringkali, terjadinya hal tersebut tidak disertai dengan peningkatan pendapatan yang sejalan. Maka dari itu, cari pinjaman uang untuk berbagai kebutuhan pribadi sehari-hari atau bisnis, menjadi jalan keluar.

Tapi sebenarnya, tempat apa saja yang bisa membantu kamu ketika sedang cari pinjaman uang?

Di bawah ini ada 5 alternatif tempat peminjaman uang yang bisa kamu pilih jika  sedang membutuhkan dana tunai untuk memenuhi kebutuhan.


Ingin Cari Pinjaman Uang? Coba Ajukan ke 5 Tempat Ini

1
Bank

Mulai Melakukan Pengajuan Pinjaman di Koperasi yang Dipilih

Jika kamu sedang ingin cari pinjaman uang, tempat pertama yang bisa kamu coba ajukan adalah di bank.

Lembaga perbankan merupakan sumber pinjaman uang yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Mengajukan pinjaman ke bank relatif lebih aman dan terjamin, tetapi sebelumnya kamu harus memenuhi persyaratan yang cukup banyak.

Tak jarang juga, kamu diminta untuk menjaminkan barang berharga supaya proses cari pinjaman uang yang kamu lakukan bisa diterima bank.

Tidak punya barang berharga sebagai jaminan? Sekarang bank sudah memiliki KTA atau Kredit Tanpa Agunan, yang memungkinkan kamu meminjam tanpa jaminan apapun.

Namun tanpa adanya jaminan, tentu risiko yang dihadapi oleh pihak bank akan semakin besar.

Nah, hal ini berpengaruh terhadap suku bunga pinjaman yang diterapkan pada pinjaman kamu nantinya.

Suku bunga pinjaman tanpa jaminan relatif lebih tinggi dibandingkan dengan pinjaman dengan jaminan. Suku bunga pinjaman tanpa jaminan bahkan bisa mencapai 20 % per tahunnya.

2
Lembaga Non-Bank

cari pinjaman uang-2

Salah satu lembaga non-bank yang bisa kamu jadikan alternatif untuk melakukan pinjaman uang adalah lembaga koperasi.

Jika ingin cari pinjaman uang ke lembaga koperasi, maka kamu harus terlebih dahulu menjadi anggota dari koperasi tersebut.

Dengan menjadi anggota sebuah koperasi, kamu bisa memperoleh dana pinjaman sesuai dengan barang yang dijaminkan.

Selain itu kamu juga bisa melakukan pinjaman pada LKM atau Lembaga Keuangan Mikro yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan.

Dengan mengajukan pinjaman pada lembaga non-bank ini, kamu pun bisa melakukan proses negosiasi mengenai jumlah pinjaman yang dibutuhkan.

3
Pinjaman Online

cari pinjaman uang

Dengan berkembangnya teknologi digital, sekarang banyak tersebar pinjaman online (Pinjol) yang menjadi solusi bagi kamu yang sedang cari pinjaman uang.

Biasanya pinjaman uang jenis ini, ditawarkan oleh beragam perusahaan financial technology atau FinTech yang sekarang mengalami pertumbuhan signifikan.

Di satu sisi, hal ini sangat memudahkan, karena biasanya kamu cukup diminta untuk upload dokumen secara online melalui smartphone dan sudah bisa mengajukan pinjaman.

Tapi sayangnya, banyak juga pinjaman-pinjaman online yang tidak memiliki dasar hukum.

Jadi, sebelum mengajukan pinjaman jenis ini, sebaiknya kamu melakukan pengecekan mandiri apakah FinTech pilihan kamu sudah terdaftar, berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bicara tentang pinjaman, bagi kamu yang ingin melakukan pinjaman bisnis online untuk modal tambahan usaha, KoinBisnis dari KoinWorks bisa menjadi solusi.

Kamu bisa mengajukan pinjaman bisnis untuk usaha dengan sistem peer-to-peer lending, hingga Rp2 Miliar dengan bunga rendah mulai dari 0,75% per bulannya.

Adapun sebagai penyedia produk pendanaan peer-to-peer lending, KoinWorks sudah berizin penuh dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi kamu tak perlu khawatir akan kredibelitasnya.

Jika kamu ingin segera mengajukan pinjaman bisnis ini, silakan untuk melihat info selengkapnya di sini.

4
Pegadaian

cari pinjaman uang-4

Lembaga keuangan berkekuatan hukum lain yang bisa menjadi alternatif mendapatkan pinjaman uang adalah Pegadaian.

Pegadaian merupakan perusahaan BUMN yang sudah lama dipercaya oleh masyarakat untuk mengatasi masalah pendanaan dengan risiko ringan dengan proses yang lebih cepat yaitu sekitar 15 menit.

Calon nasabah hanya perlu membawa barang berharga yang bisa dijadikan sebagai jaminan dengan jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan.

Jangka waktu pinjaman tersebut juga bisa diperpanjang dengan cara membayar sewa modal atau mengangsur sebagian uang pinjaman.

5
Kerabat atau Teman

cari pinjaman uang-1

Meminjam uang kepada kerabat atau teman merupakan solusi tercepat jika kamu membutuhkan pinjaman uang yang mendadak.

Dengan meminjam uang kepada kerabat atau teman kamu tidak diharuskan untuk memenuhi persyaratan yang rumit serta tidak harus membayar bunga seperti meminjam kepada pihak bank atau lembaga keuangan.

Selain itu dengan meminjam uang kepada teman atau kerabat kamu tak perlu dipusingkan dengan jangka waktu pengembalian uang karena jangka waktu yang diberikan oleh kerabat atau teman biasanya lebih fleksible.

Meski begitu kamu tetap harus bertanggung jawab untuk mengembalikan uang tersebut secara tepat waktu agar  tidak kehilangan kepercayaan dari teman atau kerabat kamu.

Tapi saat meminjam uang kepada kerabat atau teman biasanya kamu tidak bisa melakukan pinjaman dengan jumlah uang yang terlalu besar.


Nah, itulah beberapa tempat yang bisa kamu jadikan alternatif untuk melakukan peminjaman uang.

Pilihlah sumber pinjaman uang yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang kamu miliki. Semoga bermanfaat. 🙂


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.