Bagaimana Melakukan Riset Pasar untuk Produk Anda?

mengembangkan bisnis online - riset pasar

Bagaimana Melakukan Riset Pasar untuk Produk Anda? – Setiap pebisnis pasti menginginkan agar usahanya berkembang dengan baik dan diterima di masyarakat.

Syukur-syukur bisnis tersebut bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama sehingga pengusaha tak perlu lagi bingung memutar otak untuk membuat bisnis baru lagi sebagai penggantinya. Salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis adalah faktor kepuasan konsumen.

Jika konsumen merasa puas dengan produk atau jasa yang Anda buat, maka keuntungan pun akan lebih berkembang dengan baik sekaligus keuntungan yang datang akan semakin besar.

Untuk itu, para pengusaha wajib melakukan riset pasar terlebih dahulu. Bagaimana melakukan riset pasar untuk produk Anda?

Ada berbagai macam cara yang dapat digunakan meski semua butuh perjuangan dan tidak mudah.

Riset pasar berarti adalah sebuah gambaran mengenai kondisi dari pasar terkait dengan produk atau jasa yang Anda miliki dan dinilai mampu memberikan keuntungan bagi pengusaha sekaligus memberikan manfaat bagi konsumen yang menjadi target pasar.

Dengan melakukan riset pasar, maka secara tidak langsung perusahaan akan mengetahui apakah produk yang telah dibuat berhasil memenuhi harapan sekaligus kebutuhan dari para konsumen.


Menurut William Bill dari perusahaan Design Group LLC di Houston, Amerika Serikat, beliau mengatakan jika tidak memiliki riset pasar atau gagal menjalankan riset diibaratkan seperti menyetir mobil dari Texas menuju New York tanpa adanya rambu lalu lintas ataupun peta sebagai penunjuk jalan.

Bisa diartikan jika riset pasar adalah navigasi Anda selama menjalankan bisnis tersebut. Bahkan beliau menambahkan jika riset pasar itu adalah bagian yang paling vital atau penting sebelum sebuah bisnis benar-benar dibangun.

Setidaknya ada berbagai macam cara untuk melakukan riset pasar dengan baik dan benar sebagai berikut:

Melakukan survey pasar

Melakukan survey terlebih dahulu sebelum mempromosikan usaha atau menjualnya secara luas adalah satu cara tepat yang sering dilakukan para pebisnis pemula maupun profesional. Disini Anda dituntut untuk mengetahui kondisi pasar yang akan menjadi target produk bisnis Anda.

Gunakan angket atau kuisioner yang harus diisi oleh masyarakat dan lakukan juga wawancara singkat kepada mereka.

Dari situlah Anda akan mengetahui kebutuhan dan juga minat dari konsumen itu sendiri yang telah diwakilkan dari perolehan survey yang sudah dibagikan sebelumnya.

Semakin banyak dan luas survey yang Anda lakukan, maka akan semakin valid dan meyakinkan hasil yang akan Anda peroleh nantinya.

Namun melakukan survey tidak mudah karena banyak masyarakat yang sering menolak mengisi angket maupun wawancara sebab tak memiliki banyak waktu.

Anda bisa mempersingkatnya dengan cara memberikan sedikit pertanyaan namun langsung menuju intinya agar Anda pun juga menghemat waktu dalam memeriksa jawaban masyarakat.


Mengamati perkembangan pasar

Selain melakukan survey, Anda juga perlu mengamati atau melakukan observasi terhadap perkembangan pasar yang terlihat saat ini.

Artinya adalah Anda harus mengetahui tren apa yang tengah berkembang di masyarakat dan menjadi incaran dimana-mana sembari mengamati produk-produk yang sudah ada di pasaran sebagai bahan perbandingan.

Hal ini akan membuat Anda mampu mempertimbangkan keputusan yang lebih bijak terkait dengan adanya produk yang akan Anda produksi sebelum akhirnya resmi mengeluarkan produk Anda menuju pasaran.

Tentunya hal ini akan mengurangi resiko kegagalan dan mengantisipasi kerugian yang mungkin terjadi ketika Anda resmi menajalankan bisnis tersebut.


Melakukan uji coba terlebih dahulu terhadap pasar

Sebelum resmi meluncurkan produk menuju pasar, sebaiknya Anda melakukan sedikit uji coba terlebih dahulu mengenai produk yang Anda miliki di beberapa titik lokasi usaha.

Hal ini bertujuan untuk memperoleh tanggapan dari masyarakat yang menjadi target pasar Anda.

Sebagai contoh Anda dapat menitipkan beberapa produk Anda pada sejumlah toko atau memberikan sampel gratis pada mereka agar Anda bisa mengetahui respon sekaligus semakin menyempurnakan produk sebelum disebarluaskan kembali dan dijual resmi agar tak mengecewakan pelanggan.

Perhatikan juga dengan adanya persaingan di sekitar lokasi usaha Anda.

Berikan inovasi ataupun pembaharuan yang tidak dimiliki produk lain sehingga Anda mampu mengembangkan usaha tersebut dengan baik.

Semoga jawaban atas pertanyaan mengenai bagaimana melakukan riset pasar untuk produk Anda dapat memberikan inspirasi sekaligus menjadi pembelajaran terbaik untuk Anda yang ingin memulai sebuah usaha agar terhindar dari resiko kegagalan.

Jika Anda membutuhkan modal tambahan untuk mengembangkan bisnis, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha online melalui KoinBisnis dari KoinWorks.

Jumlah pinjaman yang akan Anda dapat bisa mencapai Rp. 2 Miliar dan dengan bunga yang rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan.


Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang


Ajukan Pinjaman Sekarang!

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.