Sebagai pelaku usaha yang ingin mengembangkan usaha, Anda sebaiknya bisa mencari langkah-langkah cerdas dalam mendapatkan tambahan dana yang mana nantinya bisa Anda kelola sebagai modal untuk pengembangan dan perluasan usaha tersebut. Anda mungkin menemukan beberapa alternatif untuk mendapatkan tambahan dana yang akan digunakan sebagai modal dalam mengembangkan usaha yang Anda miliki.

Anda pastinya menyadari bahwa nilai ekonomis serta kebutuhan hidup kita mengalami peningkatan tiap harinya. Dengan melihat kenyataan tersebut, sebagai pemilik usaha, Anda hendaknya bisa berlaku lebih giat dalam meningkatkan produktifitas kerja dengan menemukan beragam inovasi dan ide kreatif untuk membuat usaha Anda semakin maju serta mempertimbangkan untuk mengembangkan usaha tersebut dengan memperluas bidang usaha tersebut. Banyak orang seringkali merasa berpuas diri ketika melihat usaha yang mereka kelola telah menemukan titik keberhasilan. Ketika bisnis atau usaha yang dikelola bisa berhasil, Anda sebaiknya berpikir untuk membuat progress yang lebih lagi ke depannya yaitu dengan memikirkan tentang cara mengembangkan usaha Anda sedemikian rupa.

Tak sedikit pemilik usaha yang berencana untuk mengembangkan usahanya harus terhambat karena permasalahan modal. Ya, modal memang bukanlah satu-satunya hal yang menjadi pertimbangan dalam mengelola usaha namun modal pastinya juga memiliki andil yang sangat besar untuk kesuksesan usaha tersebut nantinya selain dibutuhkan kebulatan tekad, kesabaran, serta kerja keras dari pelaku usaha tersebut.

Pertama, Anda bisa mempertimbangkan untuk mendapatkan pinjaman dari teman ataupun keluarga Anda, Meminjam uang dari orang terdekat memang bisa menjadi solusi bagi kebutuhan dana Anda termasuk untuk modal usaha Anda. Anda bisa mendapatkan dana tanpa memerlukan jaminan, batas pembayaran pinjaman lebih fleksibel, serta tidak ada bunga pinjaman. Namun, hal ini seringkali menimbulkan konflik ketika Anda menemukan kendala dalam pelunasan pinjaman yang Anda ambil terutama ketika orang yang Anda pinjami sedang membutuhkan dana tambahan yang penting. Untuk modal dalam mengembangkan usaha, Anda bisa memikirkan cara yang lebih cerdas yaitu dengan mengajak orang yang memiliki dana lebih untuk berinvestasi di usaha yang Anda kembangkan. Anda bisa mengutarakan keuntungan dari usaha Anda yang sudah berjalan seperti apa termasuk penjelasan secara terperinci tentang usaha Anda tersebut. Dengan demikian, kedua belah pihak bisa mendapatkan keuntungan. Anda bisa mendapatkan tambahan modal untuk pengembangan usaha dan investor tersebut bisa mendapatkan keuntungan dari keberhasilan usaha Anda nantinya.

Selanjutnya adalah mendapatkan tambahan modal dengan memanfaatkan jasa pinjaman. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa saat ini, jasa pinjaman bisa menjadi solusi yang sangat praktis dan cerdas bagi siapa saja yang membutuhkan tambahan dana untuk berbagai kebutuhan termasuk bagi para pelaku bisnis yang ingin melakukan pengembangan usaha. Banyak orang lebih memilih untuk mendapatkan modal dari dana pinjaman yang diajukan ke jasa penyedia pinjaman dibandingkan meminjam secara personal ke orang-orang terdekatnya karena hal ini lebih bisa menjaga privasi mereka yang mana segala sesuatu yang terjadi hanya dia dan penyedia pinjaman yang mengetahui. Selain itu, proses pengajuan dan persetujuan pinjaman juga mudah dan cepat. Bahkan, dengan adanya fasilitas pinjaman tanpa agunan yang mana siapa saja yang sesuai syarat bisa mengajukan dan mendapatkan pinjaman tanpa harus menyerahkan suatu jaminan dari aset ataupun harta yang dimiliki. Tentu saja, dalam hal ini, Anda hendaknya juga cermat dalam memilih jasa penyedia pinjaman sehingga Anda bisa mendapatkan yang terbaik yang mana bisa membantu Anda mendapatkan dana pinjaman dengan proses yang cepat, memberikan lebih keleluasaan dalam pembayaran pinjaman, serta menawarkan suku bunga yang rendah.

Selain mengambil dana pinjaman dari jasa atau lembaga penyedia pinjaman, Anda pun bisa mempertimbangkan untuk mendapatkan tambahan modal dengan mengajukan kredit ke bank. Salah satu produk pinjaman yang disediakan bank bagi para pelaku usaha yang ingin mengembangkan usahanya adalah adanya Kredit Modal Kerja (KMK) yang tersedia di beberapa bank ternama baik bank yang dikelola oleh pemerintah ataupun bank-bank swasta. Pemilik usaha tentunya juga harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan dalam mendapatkan dana pinjaman KMK tersebut. Kredit ini merupakan suatu bentuk pinjaman yang dicairkan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja selama satu tahun dan ini bisa diperpanjang. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk mengambil KMK, Anda sebaiknya bisa memperhitungkan apakah jumlah pendapatan dari usaha yang Anda kembangkan mampu memenuhi kewajiban untuk membayar angsuran dari pinjaman bank tersebut.

Ketika Anda ingin mengembangkan usaha yang sedang Anda kelola dengan membuka cabang ataupun memperluas bidang usaha Anda, Anda sebaiknya bisa mempertimbangkan semuanya dengan baik dan matang termasuk juga dalam mendapatkan serta mengelola dana tambahan modal yang mungkin berasal dari pinjaman. Dengan demikian, Anda akan sangat mungkin untuk mencapai keberhasilan dalam bidang usaha Anda.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.