Mau Punya Startup Sendiri? Cari Inspirasi dari Kutipan Mark Zuckerberg Ini! – Siapa yang menyangka, Facebook yang didirikan Mark Zuckerberg pada 2004 lalu mampu mendunia seperti sekarang ini? Kerja keras yang dilakukan pria berusia 35 tahun ini sangat membuahkan hasil. Facebook sendiri menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan di dunia.

Hal ini pun menjadi motivasi bagi banyak orang untuk membangun bisnis atau memiliki startup sendiri. Mungkin Anda salah satunya.

Baca juga: 10 Orang Terkaya di Dunia dan Cara Menjadi Seperti Mereka

Ya, di Indonesia sendiri banyak sekali startup yang bermunculan. Bidangnya pun bermacam-macam. Ada fintech, F&B, retail, aplikasi kasir, dan sebagainya. Nah, jika Anda berniat untuk membangun bisnis sendiri, bidang apa yang akan Anda pilih?

Apapun bidang bisnis yang Anda pilih, tentu Anda perlu berjuang ekstra keras untuk membangun startup sendiri. Untuk itu, yuk temukan inspirasi dari kutipan Mark Zuckerberg berikut ini.

Mau Punya Startup Sendiri? Cari Inspirasi dari Kutipan Mark Zuckerberg Ini!

1“The question I ask myself like almost every day is, ‘Am I doing the most important thing I could be doing?'”

freelance - freelancer - kerja lepas - freelancing - bisnis tanpa karyawan - 5 Tips yang Perlu Diterapkan Agar Bekerja Remote dengan Efektif - 6 Tips Investasi untuk Freelancer

Time is money. Banyak orang percaya akan hal tersebut, termasuk Mark Zuckerberg. Pedoman itu pun nyatanya ia bawa ketika sedang membangun Facebook.

Ketika sedang bekerja atau berkegiatan sehari-hari, ia selalu berusaha untuk melakukan hal yang dirasa benar-benar penting dan bermanfaat.

Bisa jadi, hal inilah yang membuatnya tetap produktif dalam bekerja. Dengan demikian, akan ada lebih banyak target bisa tercapai.


2“The biggest risk is not taking any risk.”

Wajib Dihindari! 3 Kesalahan Pebisnis Ini Bisa Bikin Bisnis Stagnan (3) - kerja - meeting

Tidak jauh berbeda seperti apa yang pernah diungkapkan Jeff Bezos, nyatanya Mark Zuckerberg juga mengajak Anda para pebisnis untuk tidak takut dalam mengambil risiko.

Jika Anda merasa sudah nyaman dengan apa yang dimiliki saat ini, bagaimana Anda tahu batas kemampuan Anda?

Baca juga: 5 Cara Jitu Raup Untung Jutaan dari Bisnis Hijab

Mari ambil contoh, bisnis hijab yang Anda jalankan laku keras di Indonesia. Setiap bulan, permintaan meningkat. Namun, apakah Anda puas dengan omzet yang didapat?

Mengapa Anda tidak mengekspor produk Anda hingga mancanegara? Mengapa Anda tidak berkolaborasi dengan desainer Indonesia lain dan bekerja sama dengan para artis papan atas untuk mengenalkan produk Anda?

Apakah Anda takut dengan risiko yang ditimbulkan? Think again.


3“I think a simple rule of business is, if you do the things that are easier first, then you can actually make a lot of progress.”

womanpreneur - melakukan ekspansi bisnis - 7 Cara Mempelajari Keterampilan Baru Tanpa Menghabiskan Banyak Uang - Bagaimana Cara Meningkatkan Kreativitas dan Kekuatan Mental? - 9 Cara Mempertajam Keterampilan Sosial, Terapkan Segera!

Ketika membangun bisnis, ada banyak sekali PR yang mesti Anda tuntaskan. Saking banyaknya pekerjaan, mungkin Anda merasa bingung dan bertanya-tanya, “Dari mana saya harus memulai?”

Baca juga: 5 Makanan Khas Jawa yang Bisa Jadi Ladang Bisnis Kuliner!

Nah, kutipan Mark Zuckerberg berikut ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan tadi. Ya, mulailah dari hal yang mudah terlebih dahulu, baru yang sulit. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah membuat kemajuan dan perkembangan untuk bisnis.


4“Simply put: we don’t build services to make money; we make money to build better services.”

Luar Biasa! Ini 6 Cara Elon Musk Mendapatkan Uang Sebelum Kaya Raya Seperti Saat Ini - 8 Tips Menjalankan Bisnis Sampingan dan Mendapat Penghasilan Tambahan - berteman dengan kompetitor

Siapa sih, yang tidak kepengin dapat keuntungan lebih dan dapat uang banyak setiap bulannya? Namun, Mark Zuckerberg pun memberi pesan kepada para pebisnis supaya tidak menjadikan uang atau keuntungan sebagai alasan utama membuat bisnis.

Sebaliknya, buatlah bisnis yang bagus, hasilkan banyak uang, dan bangun pelayanan yang lebih baik lagi.


5“You are better off trying something and having it not work and learning from that than not doing anything at all.”

3 Hal Penting Sebelum Mengirim Barang Ke Luar Negeri (4) - 6 Alasan Perlu Memiliki Pekerjaan Atau Bisnis Sampingan, Bisa Sangat Menguntungkan! - Pengusaha Online Harus Belajar 5 Hal Ini Agar Usaha Makin Berkembang - Mengembangkan Bisnis Online - Strategi Mempertahankan Bisnis

Kutipan Mark Zuckerberg yang satu ini masih erat kaitannya dengan pengambilan riisko. Ketika berbisnis, ada baiknya Anda terus berinovasi supaya pelanggan tidak bosan dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Baca juga: Jangan Lengah! Ini 5 Strategi Mempertahankan Bisnis yang Makin Tumbuh

Nah, dalam melakukan inovasi produk, sering kali para pebisnis membutuhkan modal usaha tambahan. Jika Anda juga membutuhkannya untuk mengembangkan bisnis lebih jauh, jangan ragu untuk mengajukan pinjaman modal usaha melalui KoinWorks.

KoinWorks merupakan sebuah platform online Peer-to-Peer Lending, yang sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan.

Anda bisa mendapatkan modal usaha tambahan mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar dengan bunga terjangkau, yakni 0,75% hingga 1,67% flat per bulan. Modal usaha ini bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan produk, melakukan pemasaran di media sosial, dan masih banyak lagi.

Simak pengalaman Steven Teja, salah satu pebisnis yang sudah memanfaatkan modal dari KoinWorks untuk usahanya!

Bagaimana, tertarik untuk mendapatkan modal usaha untuk kemajuan bisnis Anda? Tenang, KoinWorks siap membuat Anda!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.