Contoh SOP Perusahaan, Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Contoh SOP Perusahaan, Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Sedang mencari informasi tentang contoh SOP perusahaan dan cara membuatnya? Kalau iya, cocok banget! KoinWorks telah merangkumkan informasi lengkapnya, nih

Standard Operating Procedure atau SOP adalah pedoman resmi yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk menjalankan operasional bisnis secara efektif dan konsisten sehingga visi dan misi perusahaan dapat tercapai. 

Karena SOP perusahaan memiliki peran penting bagi kemajuan perusahaan, simak informasi lengkap mengenai pengertian, manfaat, contoh, serta cara membuat SOP perusahaan di artikel ini, yuk!


Apa itu SOP Perusahaan?

SOP perusahaan merupakan dokumen tertulis yang berisi pedoman mengenai langkah-langkah yang dibuat suatu perusahaan untuk menjalankan suatu tugas sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab masing-masing individu dalam perusahaan. 

Adanya SOP perusahaan tentu akan membuat bisnis lebih terarah sehingga risiko kesalahan dapat diminimalisir serta kinerja perusahaan secara keseluruhan pun dapat meningkat. 

Selain itu, SOP perusahaan yang memuat target atau standar kerja yang harus dicapai oleh karyawan membuat dokumen ini bisa digunakan sebagai acuan untuk mengukur kinerja karyawan


Manfaat SOP Perusahaan

SOP perusahaan memiliki manfaat penting bagi perusahaan, di antaranya:

  1. Menjadi pedoman bagi karyawan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam menjalankan tugasnya secara produktif dan efisien. 
  2. Sebagai standarisasi langkah yang dapat digunakan karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan khusus, meminimalisir risiko kesalahan, serta terjadinya kelalaian.
  3. Memperbaiki kualitas produk dan layanan karena dalam SOP terdapat standar yang telah ditetapkan untuk memastikan kelayakan produk atau layanan yang dihasilkan.
  4. Membantu perusahaan untuk memperoleh hasil kerja paling efektif dari karyawan dengan biaya serendah-rendahnya. 
  5. Sebagai panduan pelatihan untuk karyawan yang baru ditempatkan pada tugas baru.
  6. Dapat meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar karyawan dan staf. 
  7. Meningkatkan kepatuhan terhadap regulasi dan persyaratan hukum yang berlaku di industri atau sektor tertentu. Hal tersebut tentu sangat membantu perusahaan untuk menjalankan operasi bisnis secara legal dan teratur. 
  8. Membantu karyawan untuk lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi manajemen sehingga dapat meminimalisir keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya sehari-hari. 
  9. Meningkatkan akuntabilitas dengan mendokumentasikan pelaksanaan tugas. 
  10. Menciptakan standar kinerja karyawan yang dapat digunakan untuk memperbaiki kinerja serta memberikan evaluasi terhadap usaha yang sudah dilakukan. 

Dengan memanfaatkan SOP perusahaan dengan baik, perusahaan dapat mengoptimalkan kinerja operasional bisnisnya dan meningkatkan keuntungan jangka panjang


Contoh SOP Perusahaan

Supaya lebih terbayang bagaimana bentuk SOP perusahaan, kamu bisa melihatnya melalui contoh berikut ini. 


1. SOP Perusahaan untuk Penanganan Keluhan Pelanggan

Melansir dari tambahpintar.com, berikut adalah contoh SOP perusahaan jasa dalam penanganan keluhan pelanggan.

contoh SOP Perusahaan - Penanganan Keluhan Pelanggan

 


2. SOP Perusahaan untuk Pemakaian Laptop Kantor

Terdapat beragam macam SOP perusahaan, salah satunya SOP perusahaan untuk pemakaian laptop kantor yang bersumber dari tambahpintar.com. Berikut contohnya:

Contoh SOP Perusahaan - Pemakaian Laptop Kantor


Cara Membuat SOP Perusahaan

Untuk merumuskan SOP perusahaan, pemilik perusahaan tentu membutuhkan bantuan orang-orang yang memahami sistem kerja dari sebuah perusahaan. Contohnya ketika perusahaan akan membuat SOP untuk divisi marketing maka pemilik perusahaan harus melibatkan manajer marketing dalam proses penyusunannya. 

Selain itu, pemilik perusahaan juga bisa membuat tim khusus yang dinilai kompeten dalam merancang SOP sesuai dengan keadaan nyata di perusahaan. 

Berikut adalah beberapa cara membuat SOP perusahaan yang bisa kamu jadikan acuan. 


1. Membentuk Tim Khusus Pembuatan SOP

Sebelum membuat SOP ada baiknya untuk membuat tim khusus perancangan SOP terlebih dahulu. 

Tim tersebut dapat terdiri dari tenaga kompeten dari setiap divisi atau departemen perusahaan, misalnya manager marketing, manager sales, dan lain sebagainya. 

Setelah itu, libatkan mereka untuk memetakan deskripsi pekerjaan dari masing-masing divisi untuk membuat SOP sesuai dengan keadaan yang sebenarnya di perusahaan. Pastikan, hal tersebut dicatat secara detail. 


2. Melibatkan Anggota Tim dalam Pembuatan SOP

Dalam pembuatan SOP, ada baiknya anggota tim juga ikut terlibat dalam memberikan pendapatnya. Sebab, biar bagaimanapun mereka lah yang mengerti secara detail apa saja tugas hingga masalah yang kerap dihadapi langsung. 

Selain meminta pendapat, kamu juga bisa melibatkan anggota tim untuk memberikan masukan serta saran ketika menemukan tindakan yang dirasa kurang. 


3. Menentukan Sasaran Pembuatan SOP

Setelah membentuk tim khusus, hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk membuat SOP adalah menentukan sasaran pembuatan SOP. 

Umumnya, SOP perusahaan dibuat sebagai pedoman karyawan yang dituntut untuk bekerja sesuai standar. Misalnya, karyawan restoran supaya memberikan kualitas pelayanan yang memuaskan. 


4. Menentukan Waktu dan Tempat Penerapan SOP

Selanjutnya, dalam pembuatan SOP kamu juga harus memikirkan waktu SOP tersebut mulai efektif berlaku. 

Biasanya, perkiraan waktu dan tempat penerapan SOP ini bisa ditentukan setelah mendapat persetujuan dari pemilik perusahaan


5. Melakukan Evaluasi dan Perbaikan Apabila Ada Rekonstruksi

Setelah SOP berhasil dibuat, ada baiknya untuk kamu melakukan uji coba terlebih dahulu. 

Tujuannya untuk mengetahui apakah poin-poin yang terdapat dalam SOP sesuai dengan visi dan misi perusahaan. 

Melalui evaluasi ini, pemilik perusahaan dapat melakukan evaluasi terhadap poin dalam SOP yang ternyata dirasa sudah tidak relevan lagi. 

Terlebih saat ini zaman menjadi lebih cepat berubah yang mana bisa saja mempengaruhi relevansi SOP perusahaan yang telah dibuat sebelumnya. 


6. Verifikasi dan Sosialisasikan SOP kepada Karyawan

Setelah proses uji coba selesai, hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah melakukan verifikasi dan persetujuan SOP yang telah dibuat. 

Kemudian, jangan lupa untuk sosialisasikan SOP melalui rapat yang melibatkan semua divisi untuk memastikan bahwa implementasi memang sudah sangat siap.

7. Pemantauan dan Analisis

Terakhir, setelah SOP telah diimplementasikan lakukan pemonitoran untuk mencari tahu kendala yang dihadapi.

Biasanya, hal ini bisa kamu lakukan beberapa bulan setelah penerapan SOP. 


Setelah mengetahui contoh SOP perusahaan beserta cara membuatnya, sekarang giliran kamu untuk buat SOP perusahaanmu sendiri.

Ngomongin tentang perusahaan, KoinWorks jadi pengin ngenalin kamu dengan produk KoinBisnis. 

KoinBisnis merupakan aplikasi pinjaman modal usaha yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), telah mengantongi sertifikat ISO 27001, serta memiliki beragam keunggulan lainnya. 

Cocok banget buat kamu yang ingin memulai usaha atau bahkan mengembangkan usaha tapi kekurangan modal usaha. 

Soal bunga pinjaman, KoinBisnis menawarkan bunga yang cukup rendah, lho. Cuma 0,75%-1,67% saja per tahun!

Info lengkap mengenai KoinBisnis bisa kamu cari tahu dengan klik button di bawah, ya!

Kunjungi KoinBisnis!

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.