Manfaat SEO untuk Bisnis Online yang Wajib Anda Ketahui

SEO-pencarian-search-engine

Manfaat SEO untuk Bisnis Online yang Wajib Anda Ketahui – Setiap orang yang berbisnis, tentu saja ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal. Segala cara pasti sudah ditempuh untuk mencapainya, seperti promosi melalui lisan, tulisan, banner atau melalui sosial media.

Tapi, cara-cara di atas saja sebenarnya belum cukup untuk mengembangkan bisnis online Anda, masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan agar usaha Anda tersebut bisa maju dengan pesat, yaitu melalui SEO atau Search Engine Optimization.


Manfaat SEO untuk Bisnis Online yang Wajib Anda Ketahui

Pengertian SEO

SEO-pencarian-search-engine

Apa itu SEO? SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencarian, terutama Google.


Manfaat SEO

Membuat Situs Anda Tampil di Halaman Depan Mesin Pencari

SEO-pencarian-search-engine

Salah satu fungsi utama yang paling diinginkan oleh seseorang yang sudah menggunakan teknik SEO adalah menjadikan situsnya berada pada halaman paling depan Google.

Halaman website yang memiliki ranking bagus di Google tentu saja dapat memperbesar peluang Anda untuk lebih banyak mendapatkan pengunjung secara terus menerus dengan gratis.

Baca Juga: Mau Memulai Bisnis Online? Waspadai 5 Tantangan Ini!

Saat Anda mengetikkan sebuah kata kunci di halaman pencarian Google, Anda akan melihat list situs yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Halaman situs yang teroptimasi dengan baik tentunya akan berada pada urutan paling atas atau setidaknya pada halaman 1 Google secara organik, bukan karena memasang iklan.


Berpotensi Mendapatkan CTR (Click-Through Rate) Hingga 60%

Menurut Ignitevisibility, digital marketing agency yang berlokasi di San Diego, California, Amerika Serikat, pernah meriset pada 2017 lalu situs yang berada pada peringkat 1-5 di Google, berpotensi mendapatkan CTR hingga 60%.

  • Rank 1 – 20,5%
  • Rank 2 – 13,32%
  • Rank 3 – 13,14%
  • Rank 4 – 8,98%
  • Rank 5 – 9,21%

Misalnya, kata kunci A dicari sebanyak 10.000/bulan, kemudian Anda memutuskan untuk menjadikan kata kunci ini untuk dioptimasi melalui SEO.

Selanjutnya, jika situs Anda muncul minimal di peringkat 3 Google, maka sebanyak 13,14% dari 10.000 atau 1314 kunjungan berpotensi mengunjungi situs Anda, dan ini tentu saja menguntungkan bagi suatu bisnis.


Mendapatkan Pengunjung Tertarget

online shop-barang-kirim-paket - ide bisnis - cashless society

Pengguna internet yang mengetikkan satu kata kunci di situs pencarian berarti memang membutuhkan segala macam informasi yang ingin ia ketahui.

Jadi, besar kemungkinan bahwa pengunjung yang mengklik situs Anda adalah target market Anda. Dengan kata lain, pengunjung yang tertarget ini adalah pengunjung yang siap beli.

Baca Juga: Ingin Berbisnis Kaos Online? Ini Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui


Berpotensi Meningkatan Penjualan dan Repeat Order

strategi-penjualan-order-laku-jualan-online

Semakin banyak pengunjung tertarget yang datang ke situs Anda, maka akan semakin banyak juga peluang Anda untuk meningkatkan penjualan. Tapi dengan catatan bahwa produk yang Anda tawarkan benar-benar berkualitas dan siap bersaing di pasar.

Jika kualitas produk yang Anda jual tetap terjaga atau bahkan semakin baik ke depannya, Anda hanya tinggal menunggu repeat order saja.


Bisa Berkompetisi dengan Bisnis Berskala Besar

SEO-pencarian-search-engine-bisnis-kompetisi

Di era yang serba digital seperti ini, semuanya sudah serba mudah dan instan. Salah satunya dengan membuat produk Anda bisa dengan mudahnya berkompetisi dengan kompetitor sekelas bisnis berskala besar.

Bahkan saat ini, sudah banyak UKM yang bisa menjual produknya jauh hingga ke mancanegara, semua karena kemudahan dari sistem online.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Raup Untung Jutaan dari Bisnis Hijab

Untuk para pelaku UKM di Indonesia, ini bisa menjadi kesempatan untuk mengembangkan bisnis Anda. Tapi, bagaimana jika Anda terhalang oleh keterbatasan modal?

Tenang saja, Anda cukup ajukan pinjaman modal usaha ke KoinWorks, sebuah platform online P2P Lending yang sudah terdaftar dan diawasi secara resmi oleh OJK.

Anda bisa mendapatkan pinjaman mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar dengan bunga 0,75% hingga 1,67% flat per bulan. Pengajuan pinjaman ini tidak perlu menyertakan modal sehingga siapa pun bisa meminjam dan mengembangkan bisnisnya.


Meningkatkan Brand Awareness

memperkuat branding bisnis pada 2018

Jika Anda memaksimalkan SEO, itu artinya situs Anda akan sering muncul di internet khususnya pada mesin pencarian Google.

Ini artinya brand atau produk Anda akan semakin dikenal luas oleh banyak orang dan tentu saja akan berdampak kepada awareness produk tersebut.


SEO Bekerja 24 Jam

SEO-pencarian-search-engine

Berbeda dengan teknik promosi biasa, SEO akan terus menerus bekerja selama 24 jam setiap harinya non-stop. Tidak seperti iklan yang penayangannya akan diberhentikan jika budget atau kontrak Anda sudah habis.


Data Hasil SEO Bisa Dimanfaatkan Untuk Pengembangan Bisnis

SEO-pencarian-search-engine

Ketika menggunakan teknik SEO untuk bisnis, Anda akan bersinggungan langsung dengan tools milik Google bernama Google Analytics. Tools ini dapat memperlihatkan berbagai data seperti:

  • Jumlah pengunjung situs
  • Demografi pengunjung
  • Halaman situs mana yang sering dibuka dan diabaikan
  • Lama waktu membuka halaman pada situs
  • dan masih banyak yang lainnya.

Data-data tersebut di atas sangat bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda demi mendapatkan strategi terbaik.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Supplier untuk Bisnis Anda

Itu dia tadi beberapa manfaat SEO yang bisa Anda dapatkan ketika Anda sudah berani untuk memulai bisnis di ranah digital agar nantinya bisnis Anda bisa berkembang dengan pesat. Semoga bermanfaat!

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Ferry Irawan

Ferry Irawan

I believe that humans can not only be hypnotized through actions, but also through words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.