4 Cara Ampuh Menarik Perhatian Konsumen Baru Bisnis Kamu

4 cara cari perhatian konsumen baru dalam bisnis

Merintis sebuah bisnis tentu tidak dapat sukses dalam satu malam. Ada jatuh bangun dalam membangun sebuah bisnis yang sukses, salah satunya adalah masalah pelanggan terutama untuk usaha yang masih baru.

Konsumen tentu menjadi poin penting dalam sebuah bisnis atau usaha karena tanpa konsumen maka produkmu tidak dapat memiliki nilai jual. Oleh karena itu, memiliki pelanggan yang setia merupakan hal yang cukup menjadi tantangan.

Kamu ingin berbisnis atau memiliki bisnis yang baru saja kamu mulai? Apakah kamu sudah memiliki pelanggan yang setia?

Jika belum, cari perhatian konsumen baru kamu dengan cara-cara di bawah ini agar bisnismu semakin berkembang!


Cara Cari Perhatian Konsumen Baru

Ini adalah tips dan trik agar kamu bisa mendapatkan konsumen baru yang tertarik dengan bisnis atau usahamu sehingga usahamu semakin maju.

1. Digital Marketing

Di masa yang sudah maju seperti ini, cara mendapatkan pelanggan dalam usahamu adalah dengan memaksimalkan digital marketing. Kamu dapat melakukannya dengan cara menggunakan sosial media untuk mempromosikan bisnismu.

Saat ini pengguna sosial media di Indonesia sudah mencapai angka hingga 170 juta orang. Dengan mempertimbangkan hal ini, kamu bisa cari perhatian konsumen baru dengan menggunakan bantuan internet.

Buatlah konten-konten yang unik tentang bisnismu dan unggah konten tersebut ke berbagai sosial media seperti Instagram, Facebook, Tiktok, Twitter, dan lain sebagainya. Pastikan kontenmu menarik dan original sehingga dapat menarik perhatian pelanggan.

Tak hanya membuat konten saja, kamu juga bisa menggunakan jasa untuk mengoptimalkan pencarian melalui internet tentang bisnis yang kamu miliki. Jasa ini dapat kamu cari dengan mengontak digital agency.

Selain cara-cara tersebut, digital marketing juga bisa kamu lakukan dengan cara bekerja sama dengan influencer yang memiliki banyak pengikut. Pastikan kamu memilih influencer yang sesuai dengan bisnis yang kamu miliki.

2. Promo Diskon

Cara kedua yang bisa kamu lakukan agar memiliki banyak konsumen adalah dengan mengadakan promo diskon. Dengan memberikan diskon atau potongan harga, konsumen baru akan tertarik dengan produk yang kamu miliki karena harganya menjadi lebih murah. 

Kamu bisa memberikan potongan harga 50% atau promo Buy 1 Get 2 pada saat hari pertama launching.

Ide lain yang bisa kamu coba juga adalah memberikan diskon saat hari jumat atau jumat berkah, diskon untuk ibu hamil, diskon untuk yang sedang berulang tahun, atau diskon lain sesuai dengan target pasarmu.

3. Networking dan Kerja sama

Cara lain cari perhatian konsumen baru untuk membuat bisnismu menjadi terkenal adalah dengan memiliki networking yang luas.

Contohnya, kamu bisa memberi tahu bisnis ini kepada teman-teman dalam lingkunganmu sehingga mereka akan mendukung bisnis yang kamu jalankan.

Dengan cara ini, jika banyak temanmu yang mengetahui usahamu, maka mereka juga bisa memberikan informasi ini kepada teman mereka yang lain.

Cara inilah yang bisa membuat bisnismu berkembang. Oleh karena itu, perbanyak koneksimu dengan bertemu orang-orang baru.

Tak hanya koneksi atau kenalan saja, kamu juga bisa membangun kerja sama untuk bisa mendapatkan konsumen.

Caranya adalah dengan mengikuti kegiatan yang sedang digelar di kotamu. Dengan begitu, akan ada hubungan timbal balik yang bisa saling menguntungkan.

Jika kamu memiliki budget lebih, kamu bisa memberikan sponsorship untuk acara atau kegiatan tersebut sehingga pelaksana kegiatan juga bisa memberikan feedback dengan mempromosikan bisnis yang kamu miliki.

Untuk cara ini cukup sedikit tricky karena kamu harus memastikan jika acara yang kamu ikuti sesuai dengan target pasar bisnismu.

Misal, kamu memiliki bisnis kopi, maka kamu bisa berpartisipasi dalam lomba latte art yang masih sesuai dengan bidang usahamu.

4. Giveaway

Cara terakhir untuk cari perhatian konsumen baru adalah dengan mengadakan giveaway. Giveaway adalah event untuk memberikan hadiah kepada pelanggan seperti voucher gratis, promo diskon, atau hadiah-hadiah lain.

Kamu bisa mengadakan giveaway dengan mudah melalui akun media sosial kamu. Buatlah kuis yang menarik dan gampang agar semakin banyak yang mengikutinya.

Tak hanya itu, dengan cara ini kamu juga bisa meningkatkan jumlah pengikut akun media sosialmu dengan memberikan persyaratan untuk mengikuti akunmu.

Saat yang tepat untuk mengadakan giveaway ini adalah saat kamu baru melakukan pembukaan untuk usahamu, ulang tahun pertama, atau pada peringatan hari besar seperti kemerdekaan dan lain sebagainya.

Cukup mudah bukan?


Yuk, Terapkan Cara-cara Cari Perhatian Konsumen untuk Kembangkan Bisnis!

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk cari perhatian konsumen baru agar bisnismu berkembang yaitu seperti menggunakan media sosial, membuat promo diskon, melalui koneksi dan kerja sama, atau menyelenggarakan giveaway.

Setelah mengetahui cara untuk cari perhatian konsumen baru agar jualanmu laris dan kamu bisa mendapatkan banyak pelanggan, jangan lupa untuk menjaga kesetiaan pelangganmu.

Kamu bisa melakukannya dengan selalu memberikan pelayanan terbaik, meningkatkan standar produk, dan selalu mengapresiasi kedatangan mereka. Selamat berbisnis!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Friska

Friska

Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.